Tutorial Cara Membuat Facebook Ads dan Biayanya

By

Bagi para pebisnis, Facebook Ads adalah salah satu cara yang tepat digunakan untuk meningkatkan sales atau penjualan produk atau jasanya. Facebook ads bisa dengan sangat tepat menentukan target pasar produk atau jasa yang di promosikan. Oleh karena itulah, banyak orang yang mempelajari bagaimana cara membuat Facebook ads.

Facebook ads dapat menjangkau market potensial dengan sangat mudah sekali. Bahkan margin klik nya juga sangat tinggi, sehingga apabila anda mengatur iklan anda di Facebook dengan tepat, maka penjualan anda akan jauh meningkat.

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads merupakan kepanjangan dari Facebook Advertising, yaitu merupakan media Periklanan milik Facebook. Para pengguna Facebook bisa mengiklankan produk atau jasa mereka dengan menggunakan Facebook Ads ini.

Iklan Facebook ini biasanya di tempatkan di sidebar atau beranda halaman Facebook. Format iklan Facebook disediakan dalam bentuk gambar dan video, namun tidak di sediakan dalam bentuk teks seperti Google Ads.

Kelebihan Facebook Ads

Di internet ada banyak sekali media Periklanan yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda. Namun Facebook Ads hadir dengan beragam kelebihan yang tidak dimiliki oleh media iklan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Facebook Ads ketimbang media iklan lainnya.

1. Memiliki Pengguna yang Banyak

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Facebook adalah memiliki jumlah pengguna aktif yang sangat banyak sekali. Di kutip dari situs CNB Indonesia, menyebutkan bahwa pengguna Facebook pada kuartal-I 2019 mencapai 2,38 Milyar pengguna.

Dari data tersebut India menjadi negara pengguna Facebook terbanyak dengan jumlah pengguna mencapai 260 juta pengguna. Sedangkan Indonesia, tercatat memiliki 130 juta pengguna Facebook dan berhasil menduduki posisi ke empat setelah Amerika Serikat dan Brasil.

Dari data di atas, akan sangat potensial sekali apabila Facebook digunakan untuk mengiklankan produk atau jasa yang kita miliki di pasar yang sangat bagus dan potensial.

2. Masa Aktif Pengguna Facebook yang Lama

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh Facebook adalah penggunanya yang sangat aktif. Bahkan pengguna Facebook di Indonesia merupakan pengguna paling aktif kedua setelah Youtube.

Rata-rata waktu yang digunakan orang-orang untuk menggunakan Facebook ini adalah 2 jam 38 menit setiap harinya.

3. Demografi Market yang Sangat Beragam

Selain memiliki banyak pengguna dengan masa aktif yang lama, Facebook juga memiliki demografi market yang beragam. Total pengguna Facebook pria saat ini mencapai 44% dari total keseluruhan penggunanya dan sisanya sebanyak 56% adalah wanita.

Selain itu, usia pengguna Facebook juga beraneka ragam mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan tidak hanya sampai disana, para pengguna Facebook juga bisa di bagi menjadi beragam jenis hobi mereka.

Demografi ini dapat mempermudah anda ketika akan membuat iklan di Facebook.

4. Target Market yang Lebih Spesifik

Dengan demografi pengguna yang beragam, memasang iklan di Facebook sangat tepat sekali. Karena pengiklan bisa memasang iklan dengan sangat spesifik sekali berdasarkan lokasi, usia, dan hobbi.

Dengan target market yang spesifik, maka anda bisa dengan tepat menawarkan produk anda kepada mereka.

5. Bisa Buat Halaman Facebook Gratis

Untuk mempermudah melakukan promosi Facebook menyediakan layanan halaman gratis. Anda bisa membuat fanspage Facebook secara gratis.

Dengan menggunakan halaman Facebook maka anda bisa mempromosikan produk atau jasa anda dengan lebih mudah. Dengan menggunakan fanspage ini anda bisa membangun jaringan dan pasar anda sendiri di Facebook dengan mudah dan gratis.

6. Biaya Iklan yang Murah

Jika dibandingkan dengan media iklan lainnya, maka Facebook Ads merupakan media iklan yang paling murah. Jadi anda bisa melakukan promosi dengan tepat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya iklan.

Bukan hanya itu, Facebook Ads juga memiliki fitur yang dapat mengoptimalkan biaya iklan dan menyesuaikan nya dengan jangkauan iklan. Dengan demikian anda bisa mengatur iklan anda sebaik mungkin dengan biaya yang lebih rendah.

Manfaat Facebook Ads

Sebelum anda tahu proses cara membuat Facebook Ads anda harus tahu terlebih dahulu manfaat memasang iklan di Facebook. Karena ternyata ada banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan jika anda memasang iklan di Facebook.

Nah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan jika memasang iklan di Facebook adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan penjualan

Keuntungan pertama yang akan anda dapatkan jika anda memasang iklan produk atau jasa anda di Facebook adalah dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa anda. Produk anda akan ditawarkan kepada beragam orang yang menyukai nya sesuai dengan pengaturan iklan anda.

2. Meningkatkan Brand Awarenes

Manfaat yang kedua yang akan anda dapatkan jika memasang iklan di Facebook adalah dapat meningkatkan branding produk atau jasa anda. Hal ini dikarenakan jangkauan Facebook yang sangat luas. Sehingga memungkinkan jutaan orang untuk mengenal brand dari produk atau jasa anda.

3. Hemat Biaya Iklan

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa Facebook dapat menjangkau pasar sesuai dengan perhitungan biayanya. Sehingga dengan perhitungan yang bagus maka anda bisa menghemat biaya iklan dengan target pasar yang tepat.

4. Target Iklan yang Tepat

Facebook memiliki database yang lengkap dan rinci, yang mana hal ini dapat anda atur untuk memasang iklan dengan tepat. Di Facebook anda bisa memasang produk anda sesuai dengan minat, hobi, usia, lokasi dan jenis kelamin. Anda bisa menyesuaikan produk dengan pasar yang ingin anda jangkau.

5. Keuntungan yang Tidak Terbatas

Facebook memiliki pasar yang sangat luas sekali, bahkan mencakup seluruh dunia. Jika anda bisa mengatur iklan dengan baik maka keuntungan anda bisa sangat besar sekali. Bayangkan saja, anda mempromosikan produk yang anda miliki ke seluruh pelosok dunia.

Bagaimana Cara Membuat Facebook Ads?

Cara membuat Facebook Ads sebenarnya sangat mudah sekali, anda bisa menggunakan jasa ataupun membuatnya sendiri. Jika anda ingin membuat iklan di FB Ads ini menggunakan jasa, maka anda tidak perlu baca artikel ini. Namun, jika anda ingin belajar membuatnya sendiri dan menghemat dana maka anda wajib baca artikel ini.

A. Buat Halaman di Facebook

Pada tahapan pertama anda harus membuat halaman (Fanspage) Facebook nya terlebih dahulu. Cara membuatnya sangat mudah sekali, berikut ini adalah tahapan dan langkah-langkahnya:

  • Buka situs Facebook
  • Kemudian login dengan menggunakan akun Facebook anda
  • Untuk mulai membuat halaman Facebook, klik pada menu buat
  • Pilih halaman
  • Pilih jenis halaman bisnis
  • Masukkan nama halaman anda
  • Lalu anda pilih kategori halaman bisnis
  • Masukkan dan lengkapi data lainnya
  • Klik buat
  • Tinggal masukkan foto profil dan background halamannya
  • Lengkapi data halamannya dengan lengkap
  • Selesai

B. Buka Facebook Ads Manager

Jika anda sudah memiliki halaman Fanspage Facebook, sekarang anda tinggal buka halaman Facebook Ads manager nya. Halaman Facebook Ads manager merupakan halaman tempat anda mengatur iklan Facebook yang akan anda pasang.

Pada halaman ini anda bisa mengelola iklan hingga melihat analisis iklan yang anda pasang. Apapun yang anda butuhkan dengan masalah iklan Facebook maka anda bisa mengaturnya dari halaman Facebook Ads manager ini.

  • Pastikan anda sudah login ke akun Facebook anda
  • Pastikan juga halaman Facebook anda sudah terbit
  • Setelah itu silahkan anda buka halaman Facebook Ads manager https://www.facebook.com/adsmanage

C. Mulai Buat Iklan

Setelah anda memasuki halaman Facebook Ads manager, maka silahkan anda mulai buat dan atur iklannya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Klik pada menu strip tiga di pojok kanan atas
  • Kemudian pilih dan klik ads manager
cara membuat facebook ads
Halaman facebook ads manager
  • Setelah itu, anda akan di bawa ke halaman ads manager
  • Silahkan klik create ad
cara membuat facebook ads
Halaman facebook ads manager

D. Tentukan Tujuan Iklan

Selanjutnya anda harus menentukan tujuan dari iklan Facebook yang akan anda buat. Pada langkah ini anda harus menentukan jenis iklan dan setting iklan lanjutan. Berikut ini adalah rincian nya.

  • Setelah anda klik create ad, maka anda akan di bawa ke halaman “how do you want to create ad campaigns?”
  • Pilih jenis iklan sesuai dengan tujuan iklan yang akan anda buat
cara membuat facebook ads
  • Silahkan anda pilih tujuan iklan yang akan anda buat
  • Di halaman tersebut ada 3 pilihan yaitu, awareness, consideration dan convension
  • Pilih sesuai dengan tujuan iklan yang akan anda buat
cara membuat facebook ads
Pilihan tujuan iklan Facebook

E. Klik Tujuan Iklan

Jika anda sudah menentukan tujuan iklannya, maka langkah berikutnya tinggal anda klik pada salah satu tujuan iklannya. Dalam halaman pilihan tujuan iklan ada 3 pilihan utama iklan dengan beberapa opsi pilihan iklan, seperti:

  • Awareness
    • Brand awareness
    • Reach
  • Consideration
    • Traffic
    • Engagement
    • App Install
    • Video view
    • Lead generation
    • Messages
  • Conversion
    • Conversions
    • Catalog sales
    • Store traffic

Silahkan klik pada salah satu tujuan iklan anda, saya sendiri akan mencontohkan nya dengan memilih Consideration>Traffic.

cara membuat facebook ads

F. Pilih Jenis Iklan Facebook

Pada pilihan jenis iklannya, Facebook memberikan 2 opsi iklan yaitu split test dan campaign budget optimization. Kedua jenis iklan ini tentu memiliki kelebihannya masing-masing.

  • Iklan split test, anda akan diminta untuk membuat 2 jenis iklan yang mirip, dan target pemirsa akan di bagi menjadi dua dan akan melihat 2 jenis iklan yang berbeda, dengan cara tersebut maka anda bisa melihat konten mana yang lebih bagus mendatangkan traffic. Namun jika anda memilih menggunakan iklan ini maka anda harus membayar lebih mahal hampir 2 kali lipatnya
  • Iklan campaign budget optimization, akan menayangkan iklan sesuai dengan dana yang anda miliki, jadi jangkauan iklan akan disesuaikan dengan budget yang anda berikan

Pada kesempatan kali ini saya akan memilih dan menggunakan iklan campaign budget optimization.

cara membuat facebook ads
Pilihan Jenis Iklan Facebook

G. Buat Nama Iklan & Masukkan Budget Iklan

Cara membuat Facebook Ads berikutnya silahkan anda masukkan nama iklan yang akan anda buat tersebut pada kolom yang sudah di sediakan. Tujuannya agar anda mudah cek Traffic yang masuk dari iklan yang anda buat tersebut.

Jangan lupa, anda juga harus memasukkan nilai budget iklan yang akan anda gunakan untuk promosi di Facebook.

  • Masukkan nama pada kolom yang sudah di sediakan
  • Masukkan nilai budget iklan
  • Klik setup add account
cara membuat facebook ads
Tentukan Budget Iklan Facebook

H. Setting Akun Penagihan

Selanjutnya Facebook akan meminta data penagihan terkait dengan pembayaran budget iklan yang akan anda gunakan.

  • Pilih account country> Indonesia
  • Pilih currency> Indonesian Rupiah
  • Pilih time zone> Asia/Jakarta
  • Klik continue
cara membuat facebook ads
Halaman Akun Pembayaran Iklan

I. Tentukan Nama dan Tujuan Traffic

Pada tahapan selanjutnya anda harus memasukkan nama iklan dan tujuan dari Traffic iklan yang anda buat.

  • Klik pada kolom add set name
  • Masukkan nama iklan
  • Pada menu Traffic pilih sesuai tujuan Traffic, saya memilih website
  • Aktifkan/tidak dinamic creative
  • Aktifkan/tidak offer
cara membuat facebook ads
Masukkan Nama dan Tentukan Tujuan Traffic

J. Tentukan Target Audience Iklan Facebook

Untuk membuat iklan anda tepat sasaran, maka anda harus menentukan target audience iklannya. Anda harus menentukan audience iklan anda berdasarkan:

  • Target pemirsa khusus sesuai keinginan
  • Target pemirsa sesuai lokasi
  • Target pemirsa sesuai umur
  • Target pemirsa sesuai gender
  • Target pemirsa secara terperinci
  • Tentukan target iklan Facebook anda
  • Klik save this audience jika sudah anda tentukan
cara membuat facebook ads
Target Audience

K. Tentukan Penempatan Iklan Facebook

Posisi penempatan iklan, Facebook menawarkan 2 opsi pilihan yaitu penempatan iklan otomatis dan anda custome sesuai keinginan. Namun saya sendiri memilih untuk menggunakan penempatan ikan secara otomatis agar lebih mudah.

  • Klik automatic placement (Iklan otomatis)
  • Klik edit placement (custome) lalu pilih jenis dan posisi iklannya
cara membuat facebook ads
Penempatan Iklan

L. Optimalkan Iklan

Anda harus mengatur iklan dengan baik, kapan ia akan tayang dan kapan dia akan berhenti. Atur Jadwalnya dengan baik, sesuaikan waktunya sesuai dengan jenis iklan dan target pemirsa target iklan.

  • Klik Optimization for ad Delivery, sesuaikan dengan kebutuhan
  • Klik Schedule, sesuaikan jadwal iklan sesuai dengan keinginan
  • Klik continue
cara membuat facebook ads
Jadwal Iklan Facebook

M. Masukkan Nama & Identitas Iklan

Pada halaman berikutnya anda harus memasukkan nama iklan dan juga memilih halaman Facebook yang akan anda iklankan.

  • Klik kolom ad name, masukkan nama iklannya
  • Pada kolom identity, pilih halaman Facebook dan juga akun Instagram yang terkait dengan halaman Facebook tersebut
cara membuat facebook ads
Nama dan Halaman Facebook yang Akan di Iklankan

N. Pilih dan Tentukan Format Iklan

Proses cara membuat Facebook Ads berikutnya adalah menentukan format iklan Faceboko. Facebook menawarkan 3 jenis format iklan diantaranya adalah:

  • Carousel
  • Single image or video
  • Collection

Silahkan pilih jenis format iklan yang anda inginkan. saya sendiri memilih format iklan single image or video.

cara membuat facebook ads
Halaman Format Iklan

O. Atur Tampilan & Konten Iklan

Pada tahapan ini anda harus mengatur tampilan dan konten iklan yang akan anda pasang. Ini merupakan salah satu bagian penting, karena anda akan mengatur bentuk iklan anda yang sesungguhnya. Beberapa hal yang harus anda lakukan pada tahapan ini adalah:

  • Memilih gambar atau slide show tampilan iklan
  • Masukkan headline iklan Facebook , buat se-menarik mungkin
  • Masukkan deskripsi iklan, buat dengan mengunakan bahasa yang menarik
  • Masukkan link website yang akan di iklankan
cara membuat facebook ads
Atur Konten Iklan Facebook

P. Pilih Cara Pembayaran

Tahapan terakhir setelah anda selesai mengatur tampilan dan konten iklannya, sekarang tinggal anda pilih metode pembayarannya. Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit ataupun dengan menggunakan kartu debit.

Jika anda sudah melakukan pembayaran, maka iklan Facebook anda akan segera tayang sesuai dengan jadwal dan target market yang sudah anda atur sebelumnya.

Berapa Biaya Bacebook Ads?

Jika anda sudah tahu proses dan langkah-langkah cara cara membuat Facebook Ads. Mungkin anda juga akan penasaran dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa memasang iklan Facebook Ads tersebut.

Pada dasarnya tidak ada biaya tetap yang di tentukan oleh Facebook untuk dapat memasang iklan. Artinya berapa-pun biaya yang anda miliki, anda bisa memasang iklan di Facebook.

Hanya saja, ada perhitungan tertentu yang mempengaruhi dari performa iklan yang anda pasang sesuai dengan budget yang anda miliki. Besar kecilnya budget iklan yang anda miliki akan berpengaruh kepada nilai klik dan jangkauan iklannya.

Metode perhitungan iklan Facebook, menggunakan 2 cara yaitu CPC (Cos Per Click) dan CPM. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

A. Hitung Biaya Iklan FB Dengan Metode CPC

Cara pertama yang dapat digunakan untuk mengetahui biaya iklan di Facebook adalah dengan menggunakan metode CPS atau Cos Per Click. Artinya, kita sebagai advertiser atau pemasang iklan akan dikenakan biaya iklan berdasarkan klik iklan.

Adapun biaya standar CPC yang di tentukan Facebook untuk setiap 1 klik iklan oleh pemirsa atau audience adalah sebesar Rp.650 hingga Rp.1.550 atau dalam dollar USD 0,05 – USD 0,12.

Ketika anda memilih metode CPC untuk iklan yang anda pasang, anda harus mempertimbangkannya dengan baik jenis produk, web ataupun halaman Fanspage Facbook yang di iklankan dengan kompetitornya.

Karena Facebook akan menentukan harga berdasarkan produk yang di iklankan dengan tingkat persaingan nya.

B. Hitung Biaya Iklan FB Dengan Metode CPM

Cara kedua yang dapat digunakan untuk mengetahui biaya iklan Facebook Ads adalah dengan menggunakan metode CPM atau Cos Per Mille. Dengan menggunakan metode ini, anda hanya akan membayar biaya iklan jika iklan tampil di halaman Facebook.

Jadi, iklan ini tidak terpengaruh dengan nilai klik. Anda mendapat berapapun nilai klik nya tidak akan masuk kedalam tagihan atau tidak terkena biaya. Anda hanya akan membayar setiap kali iklan anda tayang di Facebook.

Harga iklan ini juga sama seperti metode CPC, hanya metode perhitungan biayanya saja yang berbeda. Jika anda menggunakan metode CPM maka biaya iklan per satu kali tayang iklan adalah Rp.650 hingga Rp.1.550 atau setara dengan USD 0,05 – USD 0,12.

Penutup

Ternyata setelah kita pelajari dari uraian di atas cara membuat Facebook Ads itu sangat mudah sekali. Anda hanya perlu akun Facebook dan halamannya Fanspage saja kemudian setting iklan di halaman Facebook Ads manager. Biaya iklannya juga sangat murah, hanya Rp.650 per satu klik atau satu kali tayang iklannya.

Anda bisa mendapatkan 100 klik hanya dengan menggunakan modal iklan sebesar Rp.65.000 saja. Anda hanya perlu mengkonversinya menjadi sales. Silahkan coba dan gunakan langkah-langkah di atas, dan buktikan kedahsyatan Facebook Ads.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.