Tips Visual Marketing 2021

By

'

Tips Visual Marketing 2021 — Visual Marketing adalah proses mempromosikan merek (branding) melalui media visual. Misalnya gambar, video interaktif, infografis, dan lain-lain. Visual Marketing dapat menarik lebih banyak minat pekanggan karena ditampilkan secara interaktif.

Fakta menunjukan bahwa sebagian besar manusia lebih tertarik melihat gambar atau video (visual) dibanding mendengarkan perkataan orang lain (verbal). Secara tidak sadar, manusia akan lebih tertarik membeli sesuatu yang memiliki branding visual.

Strategi Sebelum Memulai Visual Marketing

1. Desain Visual Brand

Banyak iklan yang ditampilkan di televisi maupun di internet memiliki desain menarik dan video yang interaktif. Kenapa demikian? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manusia cenderung lebih tertarik melihat gambar desain visual meskipun durasinya singkat.

Manusia cenderung lebih mudah menangkap informasi yang ditampilkan melalui gambar. Oleh karena itu kita harus membuat desain visual semenarik mungkin dalam mempromosikan suatu produk. Baik itu warna, gambar, durasi, dan poin utama produk yang dipromosikan.

2. Monitor Strategi Pemasaran.

Strategi pemasaran diperlukan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dijual. Strategi pemasaran juga berguna untuk meningkatkan tingkat keberhasilan ditengah persaingan dengan perusahaan-perusahaan lain.

Saat ini, branding sudah dapat dilakukan di media sosial. Contohnya adalah facebook ads dan google ads. Terdapat beberapa keuntungan melakukan branding di media sosial, salah satunya adalah kita dapat memantau iklan yang ditampilkan sudah berapa kali dilihat dan diklik oleh orang lain. Selain itu, branding akan menjadi lebih efisien karena dapat dilihat oleh banyak orang sekaligus.

3. Buat Strategi yang Fleksibel.

Ketika melakukan branding, terkadang apa yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Ketika hal itu itu terjadi, kita tidak perlu ragu untuk merubah rencana yang sudah ditentukan sebelumnya.

Namun bagaimana jika rencanamu tidak bisa diubah sama sekali? Apa yang harus dilakukan jika perubahan kecil saja dapat berdampak buruk bagi perusahaan? Itulah kenapa kita harus membuat rencana yang fleksibel. Ketika membuat rencana, buatlah 2 sampai 3 rencana cadangan (lebih banyak lebih baik). Sehingga ketika strategi pertama gagal, kita dapat menggunakan rencana kedua, ketiga, dan seterusnya.

Manfaat Penerapan Visual Marketing

1. Lebih Menarik Perhatian Pelanggan dan Mudah Diingat.

Manusia cenderung lebih cepat memproses data berupa gambar dibandingkan teks. Oleh karena itu, visual marketing akan memiliki dampak lebih besar kepada pelanggan atau audiens.

Jarang sekali terdapat orang yang suka membaca deskripsi panjang tentang suatu produk. Apalagi di era modern saat ini. Gunakan aturan 60% gambar, 40% teks untuk mengoptimalkan visual marketing.

2. Lebih Mudah Dimengerti.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia cenderung lebih sering berinteraksi menggunakan kata-kata (verbal) dibandingkan gambar. Namun tidak semua orang memiliki minat membaca yang tinggi, khususnya di Indonesia. Oleh sebab itu, konten berupa gambar ataupun video akan lebih mudah dimengerti oleh orang lain.

3. Lebih Mudah untuk Dipromosikan (iklan).

Karena Visual Marketing memiliki bentuk/penyampaian yang unik, maka produk/jasa kalian akan lebih mudah untuk diiklankan. Dapat kita lihat iklan-iklan di televisi. Iklan yang memiliki visual marketing menarik cenderung lebih dikenal masyarakat, dibandingkan dengan iklan yang kaku atau tua.   

4. Tingkat Keberhasilan tinggi.

Visual Marketing cenderung memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manusia lebih tertarik kepada visual dibandingkan verbal.

Untuk lebih meningkatkan keberhasilan, visual marketing harus dibuat secara kreatif, inovatif, menarik, dan sesingkat mungkin.

Tips Media Penerapan Visual Marketing

1. Gambar

Gambar merupakan media paling umum dalam menerapkan visual marketing. Kalian dapat menggunakan gambar berupa foto, maupun desain gambar. Jika gambar diambil dari internet, pastikan kalian mencantumkan sumber yang tertera. Salah satu website foto/gambar online gratis adalah unsplash.com

2. Video

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, video memilliki pengaruh yang sebanding dengan gambar. Video dapat menjadi lebih menarik dibanding gambar jika disajikan secara interaktif.

Televisi menjadi media penampil iklan (video) yang paling banyak dikenal masyarakat. Namun seiring berkembangnya teknologi, kini iklan dapat ditampilkan di media sosial. Tentu saja dengan biaya yang lebih murah dibandingkan iklan televisi.

3. Infografis dan Animasi Interaktif.

Infografis berguna untuk menampilkan atau mempresentasikan informasi tertentu secara singkat melalui desain yang menarik. Dengan infografis, kita tidak perlu menunjukan informasi-informasi yang mendetail. Cukup gambaran umumnya saja.

Selain itu, kalian dapat mengubah infografis menjadi animasi interaktif agar lebih menarik. Kombinasi ini akan menjadi sempurna jika animasi tersebut diberi sound effects.

Demikianlah uraian tentang Visual Marketing. Semoga membantu.