Tips Mengatasi Kecanduan Gadget, Internet dan Game Online

By

'

Sekarang ini benda yang tidak bisa jauh dari tangan masyarakat adalah ponsel atau gadget. Kecanggihan dan kelengkapan fitur yang dibekalkan membuat orang-orang mulai kecanduan. Padahal kegiatan ini dapat memberikan dampak yang kurang baik, maka dari itu muncul tips mengatasi kecanduan gadget.

Selain gadget sebenarnya tips tersebut juga bisa digunakan untuk mengatasi kecanduan game online dan internet. Seperti apakah solusi tersebut?, Anda dapat membaca di bawah ini.

Memperbanyak sosialisasi

Bagi Anda yang saat ini tengah kecanduan gadget, internet, dan game online tips pertama untuk mengatasinya ialah dengan memperbanyak sosialisasi. Sosialisasi tidak hanya bisa Anda lakukan di lingkungan sekolah, kantor, atau kampus saja melainkan juga tempat-tempat lain.

Cobalah untuk mengajak kumpul atau travelling teman-teman Anda. Usahakan buang egois dan rasa senang menyendiri, karena ujung-ujungnya pasti akan menggunakan ponsel lagi. Di saat sudah kumpul, jangan coba-coba untuk fokus ke gadget hingga melupakan kehadiran mereka.

Memberikan batas waktu penggunaan gadget

Tips mengatasi kecanduan gadget yang kedua adalah memberikan batas waktu penggunaan ponsel. Cara ini terbilang lebih ekstream karena Anda harus komitmen dengan diri sendiri supaya sukses melakukannya. Misalnya saja Anda bekerja menggunakan smartphone.

Jadi berjanjilah setelah menyelesaikan pekerjaan tidak akan memainkan gadget lagi baik untuk keperluan game online, maupun selencar internet. Selain itu Anda pun bisa membatasi waktu untuk tidak main ponsel pada saat-saat tertentu seperti makan bersama, kencan, dan lain sebagainya.

Mencoba kegiatan lain yang lebih menyenangkan

Kebanyakan orang yang selalu bermain ponsel ialah mereka yang tidak memiliki kegiatan lain. Jadi untuk mengatasi kecanduan ini Anda dapat mencoba kegiatan yang lebih menyenangkan. Misalnya menuangkan hobi menggambar, bermain gitar, memasak, ataupun hobi lainnya.

Tips mengatasi kecanduan gadget di atas akan sangat membantu Anda untuk terhindar dari hal-hal negatif seperti kerusakan pada indera penglihatan. Disamping itu Anda akan menjadi orang yang lebih produktif dengan melakukan beberapa kegiatan sekaligus di keseharian.

Nah, bagaimana? Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kita. Sampai jumpa lagi di artikel Carapedi berikutnya.