Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

By

Masalah hidung tersumbat tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun sering terjadi pada anak-anak. Apabila hal ini dialami oleh si kecil, maka akan sangat mengganggu aktivitasnya. Karena si kecil menjadi rewel dan kehilangan nafsu makan. Untuk itu harus diatasi dengan memberikan obat hidung tersumbat yang aman untuk anak dan tidak memiliki efek samping untuk kesehatannya.

Terkadang anak yang mengalami hidung tersumbat juga akan sulit tidur, karena merasa tidak nyaman dan kesulitan dalam bernapas. Sebelum memberikan obat dokter, maka Anda dapat mencoba cara alami untuk mengurangi hidung tersumbat pada anak.

Beberapa Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Obat hidung tersumbat sama seperti obat luka operasi bisa Anda dapatkan di apotek. Namun sebelum menggunakan obat kimia, tidak ada salahnya mencoba cara alami yang lebih aman. Berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada anak.

1. Meneteskan larutan salin pada hidung anak

Larutan salin dapat Anda buat sendiri di rumah dengan campuran garam atau bisa beli di apotek. Cara ini cukup aman dan tidak memiliki efek samping  bagi kesehatan si kecil. Cara ini dengan meneteskan larutan salin ke dalam lubang hidung si kecil.

Pertama, baringkan si kecil telentang kemudian dongak kan kepalanya sedikit ke belakang. Tetes kan larutan salin 2-3 tetes pada masing-masing lubang hidung. Biarkan selama 2 sampai 3 menit, kemudian hisap lendir nya menggunakan alat hisap lendir atau bulb syringe. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin dan maksimal 4 kali dalam sehari.

2. Jaga Kebersihan Hidung Si Kecil

Jika anak tersebut sudah cukup besar, maka Anda bisa mengingatkan dia untuk membuang ingus nya secara rutin. Sementara pada bayi atau anak yang masih kecil, maka Anda harus membantunya untuk mengeluarkan ingus tersebut. Anda dapat menggunakan alat penghisap lendir  yang dapat di beli di apotek. Selain itu, Anda juga harus membantu si kecil untuk selalu membersihkan ingus yang mengering di sekitarnya dengan menggunakan tisu atau kapas yang dibasahi.

3. Jaga Kebersihan Rumah

Untuk mempercepat kesembuhan si kecil dari flu dan hidung tersumbat. Penting bagi bunda untuk selalu menjaga kebersihan rumah khususnya dari debu. Dengan menjaga kualitas udara di rumah agar tetap bersih, maka dapat mendorong kesembuhan si kecil lebih cepat.

Jauhkan dari segala sumber polusi udara yang dapat mengganggu kesehatan si kecil, seperti asap rokok. Jika memungkinkan, Anda dapat memasang air purifier yang berfungsi untuk menjernihkan udara di dalam rumah.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.