5 Tips Mengatasi Foto Video Whatsapp Tidak Terdownload

By

Tips Mengatasi Foto Video Whatsapp Tidak Terdownload –

Pernahkan kalian mengalami Foto atau Video tidak terdownload ke Galeri smarthphone? Meskipun Whatsapp sudah banyak digunakan oleh banyak kalangan, tetap saja masih nemiliki kekurangan. Dan salah satunya adalah foto atau video yang lawan chat kirim tidak bisa terdownload.

Memungkinkan untuk bisa mengirim berbagai file meskipun jarak jauh, Whatsapp menjadi alternatif. Setelah sebelumnya Email jadi media untuk mengirim berbagai banyak file. WA di gadang-gadang lebih mudah dan ringan. Tidak hanya foto atau video, tapi juga bisa mengirim file dalam bentuk dokumen.

Tapi tidak selalu berjalan baik, tetap ada kekurangannya. Seperti yang akan menjadi topik utama pada pembahasan kali ini. Yakni foto atau video yang di terima tidak bisa terunduh. Dengan demikian, Carapedi akan memberikan 5 tips berikut untuk mengatasinya. Simak dan perhatikan baik baik ya!

1. Perbaiki Kestabilan Koneksi Internet

tips-mengatasi-foto-video-whatsapp-tidak-terdownload
Source : Unsplash

Berhubung Whatsapp adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan ketika online atau ke jaringan internet, maka sudah tidak heran jika koneksinya buruk maka fungsinya pun tidak akan berjalan lancar.

Dan contohnya adalah foto atau video yang di terima tidak langsung terunduh dan tersimpan ke galeri seperti pada umumnya. Untuk memeriksa kestabilan koneksi, kamu bisa coba buka aplikasi yang memerlukan akses internet seperti Google Chrome. Jika tidak berhasil masuk maka kemungkinan koneksinya jelek.

2. Aktifkan Izin Hak Akses

tips-mengatasi-foto-video-whatsapp-tidak-terdownload
Dok. Pribadi

Faktor tidak bisa terdownloadnya foto maupun video dari Whatsapp, juga bisa dikarenakan tidak diberinya izin hak akses. Pada dasarnya setiap aplikasi yang di pasang pada smarthphone akan meminta izin hak akses untuk bisa melakukan tindakan dengan ketentuan dari perizinan.

Tidak terkecuali dengan Whatsapp, ketika kita tidak memberikan izin maka sudah pasti tindakan yang dilakukan tidak akan bisa terhubung dengan smarthphone. Untuk mengaktifkan perizinan, caranya buka Pengaturan > Apps/Aplikasi > Pilih Whatsapp > Lalu aktifkan pada menu Perizinan.

3. Luangkan Penyimpanan Memori

tips-atasi-foto-video-whatsapp-tidak-terdownload
Source : Unsplash

Jika kedua cara sebelumnya sudah dilakukan, tapi file media yang terkirim di WA tidak juga terunduh. Maka bisa jadi ini diakibatkan oleh penyimpanan memori smarthphone-mu penuh.

Whatsapp sudah merancang jalan apabila file yang di terima maka akan langsung tersimpan di galeri atau folder penyimpanan. Jadi apabila penyimpanan tersebut penuh, sudah pasti file nya pun tidak akan bisa terunduh apalagi tersimpan karena memori yang penuh.

4. Lakukan Update Aplikasi

tips-atasi-foto-video-whatsapp-tidak-terdownload
Source : Google Play Store

Tips yang ke empat, lakukanlah update pada aplikasi Whatsapp. Ketika hadir versi terbaru, maka hadir juga fitur yang baru. Dan memang tujuan dari munculnya versi terbaru adalah untuk memperbaiki segala kekurangan yang banyak dikeluhkan sebelumnya.

Jadi, bisa saja masalah tidak terunduh ini karena aplikasi mengalami masalah dan belum di update. Kamu bisa perbarui melalui Google Play Store dan perhatikan terlebih dahulu terkait versi terbarunya.

5. Terjadi Masalah Perangkat

tips-atasi-foto-video-whatsapp-tidak-terdownload
Source : Unsplash

Faktor perangkat pun bisa jadi penyebab atas permasalahan ini. Tidak semata-mata di akibatkan oleh masalah pada aplikasinya, tapi faktor perangkat pun menjadi hambatan. Apabila banyak aplikasi yang kamu buka secara bersamaan sehingga membuat lemot, maka bisa saja fiturnya tidak bekerja dengan normal.

Usahakan untuk optimalkan terlebih dahulu perangkat. Lakukan pembersihan dari cache-cache aplikasi yang sering di pakai. Atau kamu juga bisa lakukan restart pada smarthphone-mu agar memaksimalkan lagi kinerjanya.

Berikut itulah beberapa tips yang bisa admin berikan untuk mengatasi foto dan video Whatsapp atau file lainnya tidak bisa terdownload. Semoga bermanfaat dan ikuti terus konten menarik lainnya dari Carapedi ya!