3 TIPS CARA MEMULAI BISNIS DAN MENENTUKAN TUJUAN BISNIS

By

'

Bagimana Tujuan Dan Cara Memulai Bisnis – Di era saat ini, angka pengangguran di Indonesia semakin bertambah. Kurangnya lapangan pekerjaan membuat pengangguran semakin bertambah setiap tahunnya. Oleh karena itu, orang-orang mulai membuka bisnisnya sendiri untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru. Berikut tips cara memulai bisnis.

TENTUKAN TUJUAN BUSINESS PLAN

cara memulai bisnis
Photo by Alvaro Reyes on Unsplash

Bagi kamu yang ingin memulai sebuah bisnis, tentu harus merencanakannya terlebih dahulu agar tingkat kesuksesannya semakin tinggi. Berikut adalah tujuan perencanaan bisnis atau business plan:

  • Mengatur keuangan agar lebih transparan.
  • Mempermudah evaluasi dan penyusunan strategi.
  • Memiliki langkah-langkah yang pasti dan lebih terstruktur.
  • Mempermudah pengawasan bisnis.

ATURAN DALAM MEMBUAT BUSINESS PLAN

Membuat perencanaan atau cara memulai bisnis tidaklah mudah. Rencana yang dibuat harus terstruktur dan memiliki tujuan yang jelas agar perusahaan dapat berkembang. Berikut aturan dalam membuat business plan:

  1. Singkat dan Jelas

Buatlah business plan seringkas dan sejelas mungkin. Business plan yang terlalu panjang dan berbelit-belit justru akan menurunkan tingkat keberhasilan dan membuat pembaca bosan. Cukup buat intinya saja namun memiliki tujuan yang jelas. Kamudapat menggunakan metode SWOT (Strengths Weakness Opportunities Threats).

  • Visi dan Misi

Visi dan Misi bertujuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.  Tujuannya agar kamu memiliki target untuk mencapai sesuatu. Target sangat penting dalam suatu perencanaan. Ketika kamu tidak memiliki target, maka akan menimbulkan ketidak-konsistenan karena kamu tidak memiliki alasan memulai bisnis.

  • Tentukan Target Konsumen

Merupakan aturan yang paling penting dalam pembuatan bussiness plan. Misalnya jika kamu memiliki bisnis mobil sport, percuma saja jika kamu menjualnya di daerah pedesaan, kecuali jika kebetulan ada sultan yang tinggal di sana.

Dalam menentukan target konsumen, kamu dapat melakukannya dengan bertanya pada masyarakat sekitar, kerabat, dan teman. Atau kamu dapat membuat google form (survey) dan membagikannya di media sosial.

Dengan menerapkan aturan di atas, bisnis yang dibuat akan menjadi mudah dijalankan. Setelah kita berbincang tentang menentukan tujuan bisnis yang akan kalian capai, kali ini kita akan menjelaskan langsung ke bagaimana cara memulai bisnis.

CARA MEMULAI BISNIS DAN MENCAPAI TUJUAN BISNIS

neonbrand y 6rqStQBYQ unsplash
Photo by NeONBRAND on Unsplash
  1. Tentukan Tujuan Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tujuan yang jelas memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dibanding tujuan yang panjang dan berbelit-belit. Misalkan tujuan kamu memulai bisnis adalah untuk menciptakan lapangan pekerjaan, maka rekrutlah banyak karyawan. Tapi pikirkan juga upah yang akan diberikan. Jika dana perusahaannmu tidak mencukupi, maka jangan rekrut terlalu banyak karyawan.

  • Lakukan Riset Secara Mendalam

Setelah menentukan tujuan, lakukan riset tentang tujuan yang ingin dicapai. Apakah tujuanmu realistis atau tidak? Jika ya, maka cari tahu tentang apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Namun jika tidak, tidak perlu memaksakan, cari saja ide/tujuan yang lain.

  • Tentukan Target Pasar

Langkah selanjutnya, tentukan target pasar yang berhubungan dengan bisnismu. Misalnya jika kamu ingin membuka bisnis warnet, terdapat 2 opsi yang dapat diambil. Jika mayoritas masyarakat sekitar adalah pelajar, maka warnet biasa akan lebih diuntungkan. Namun jika masyarakat sebagian besar sudah lulus sekolah ataupun kuliah (bisa juga anak-anak), maka warnet game akan lebih diuntungkan.

  • Lakukan (Eksekusi)

Setelah semuanya siap, segera lakukan! Jangan terlalu banyak menunda jika tidak ingin bisnismu gagal. Lagipula kegagalan merupakan hal biasa dalam dunia bisnis. Jika kamu tidak ingin gagal atau takut gagal, lebih baik tidak usah membuka usaha. Oleh karenanya siapkan mental sejak awal. Sifat pantang menyerah akan sangat bermanfaat dalam berbisnis.

Perencanaan bisnis akan sangat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Hal ini juga akan membuat perusahaan terlihat lebih profesional karena memiliki tujuan struktur yang jelas. Selain itu, tujuan sangat diperlukan dalam berbisnis. Kebanyakan orang akan mulai jenuh melakukan sesuatu jika sudah tidak memiliki/kehilangan arah dan tujuan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin memulai bisnis. Tetap semangat dan jangan menyerah. dan jangan lupa tunggu konten-konten kita selanjutnya ya di Carapedi.id .

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.