MUDAH!! 4 TIPS CARA MEMERIKSA IMEI HP DAN CARA MEMBLOKIR IMEI JIKA PONSELMU HILANG ATAU DICURI

By

'

CARA MEMERIKSA IMEI HP – IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah kode unik untuk mengidentifikasi perangkat seluler ataupun smartphone. IMEI bisa disebut sebagai nomor keamanan khusus perangkatmu. IMEI terdapat pada semua jenis ponsel GSM dan memiliki 15 digit angka.

IMEI akan sangat berguna ketika ponselmu hilang. Maksudnya, bukan berarti ponselmu akan ditemukan saat itu juga. Tapi dengan mengetahui IMEI, kamu dapat memblokir ponselmu sehingga tidak dapat digunakan oleh siapapun. Jika sudah diblokir, kamu juga tidak akan bisa menggunakan fitur panggilan, meski kartu SIM-nya diganti.

IMEI sangat mudah dipalsukan. IMEI palsu tidak akan terdeteksi oleh situs resmi produsen ponsel yang bersangkutan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui IMEI ponsel masing-masing. Berikut adalah 3 cara memeriksa IMEI hp:

Cara Memeriksa IMEI HP:

cara memeriksa imei
Photo by Hardik Sharma on Unsplash
  1. Cara Memeriksa IMEI Melalui Pengaturan
    1. IMEI HP Android
      1. Buka Pengaturan.
      1. Klik Tentang Ponsel.
      1. Klik Tentang Perangkat, lalu klik Status.
    1. IMEI HP IOS
      1. Buka Pengaturan.
      1. Klik Umum, lalu klik Tentang.
      1. Cari menu IMEI.
  2. Cara Memeriksa IMEI Melalui *#06#

Buka fitur Telepon, kemudian masukan nomor *#06#. Setelah itu, 2 nomor IMEI akan muncull. Satu untuk setiap slot kartu SIM.

Cara Memeriksa IMEI Melalui HP Bagian Belakang.

hamid roshaan Q7TEVokbCcM unsplash
Photo by Hamid Roshaan 🇵🇰 on Unsplash

Beberapa merk ponsel menempelkan IMEI nya di bagian dalam HP. Jika Ponselmu menggunakan baterai tanam, IMEI akan ditempel di bagian belakang HP.

Cara Memeriksa IMEI Melalui Kardus HP.

daniel romero wVG03LwM86s unsplash
Photo by Daniel Romero on Unsplash

Setiap produsen ponsel pasti memberikan nomor IMEI di dalam kardus HP. Kecuali jika kamu membeli HP second yang sudah tidak ada kardusnya.

Apabila  sudah ditemukan, kamu bisa mengecek keaslian IMEI tersebut melalui Situs Kemenperin. Kamu hanya tinggal memasukan IMEI kemudian klik tombol search. Kamu bisa melihat keterangan di bagian bawahnya yang menuntukan IMEI tersebut terdaftar di database Kemenkerin atau tidak.

Cara Memblokir IMEI Jika Ponsel Hilang atau Dicuri:

Sangat penting untuk megetahui dan menyimpan IMEI di tempat yang aman. Karena Jika kita kehilangan ponsel. Kita dapat memblokirnya menggunakan IMEI. Agar ponsel tidak dapat digunakan siapapun.

Untuk memblokir HP menggunakan IMEI, terlebih dahulu kamu harus meminta surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Hal ini untuk memastikan apakah itu benar-benar ponsel milikmu. Jika sudah, kalian dapat menghubungi call center perusahaan HP yang bersangkutan. Pihak customer service akan mengarahkanmu untuk tahap-tahap selanjutnya.

Itulah artikel tentang cara memeriksa IMEI HP dan cara memblokir IMEI jika ponselmu hilang atau dicuri. IMEI itu sangat penting. Oleh karena itu, simpanlah IMEI di tempat yang aman dan mudah dicari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa selalu cek konten-konten terbaru di carapedi.id.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.