10 Tips Cara Membuat Iklan yang Tepat Sasaran

By

Memasang iklan memang tidak bisa dilakukan secara serampangan ataupun asal-asalan. Selain mengeluarkan dana yang cukup juga membutuhkan waktu yang banyak. Maka dari itu, kamu harus mempelajari teknik cara membuat iklan yang tepat.

Beruntungnya, kali ini tim carapedi sudah mengumpulkan banyak materi yang bisa di pelejari untuk membuat iklan yang bagus, menarik dan bisa meningkatkan penjualan.

Jika kamu memang sedang mencarinya, maka silahkan simak dengan baik 10 tips bikin iklan yang tepat sasaran ala carapedi.id berikut ini.

1. Ikuti Kelas Seminar Iklan

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa membuat sebuah iklan yang bagus dan tepat sasaran adalah dengan mengikuti seminar iklan. Kamu mungkin akan bertanya, lalu apa gunanya artikel ini?.

Artikel ini berfungsi sebagai satu referensi, jika kamu ingin membuat iklan yang bagus dan bisa menjual dengan tepat sasaran, maka kamu butuh banyak referensi.

Jika kamu kenal sosok mas Yoyok Rubiantono, maka kamu harus belajar sama dia. Dia adalah orang yang dikenal sebagai internet marketer yang sangat jago sekali. Bahkan dia bisa memasang iklan 1 milyar lebih dalam 1 hari.

Namun hebatnya, dia selalu datang ke berbagai acara seminar. Untuk apa? Untuk menambah wawasan nya dan untuk analisa persaingan dengan tepat. Karena internet marketing itu beda orangnya, beda juga ilmu yang dimilikinya.

Berbagai kelas seminar yang di sarankan untuk digunakan adalah seperti berikut ini:

-Seminar FB Ads

Facebook Ads merupakan salah satu metode beriklan yang harus kamu pelajari dengan baik. Agar bisa belajar dengan baik dan tepat serta tidak membuang banyak waktu maka ikutilah seminar nya.

-Seminar IG Ads

Selain Facebook Ads, kamu juga sangat di sarankan untuk mengikuti seminar IG Ads. Ini berguna untuk mempelajari teknik beriklan dengan menggunakan flatform Instagram.

-Seminar Google Ads

Googles Ads adalah jenis iklan yang di pasang dengan di Google. Ini adalah salah satu jenis iklan yang sangat rekomended untuk digunakan. Agar kamu bisa membuat iklan yang tepat, maka ikutilah beberapa jenis seminar yang membahasnya.

-Seminar SEO

SEO adalah jenis beriklan dengan memanfaatkan mesin telusur. Jika kamu paham SEO maka kamu bisa memangkas biaya iklan yang mahal. Karena iklan dengan SEO gratis.

2. Tentukan Target Iklan

Kamu tidak akan bisa membuat sebuah iklan yang tepat jika kamu memang tidak mengenali target pasar kamu dengan baik. Maka dari itu, kamu harus mengetahui target iklan kamu dengan baik.

Target iklan yang akan kamu bidik harus dibuat klasifikasi nya secara jelas dan rinci. Dengan demikian maka kamu akan lebih mudah membuat iklan yang tepat.

-Demografis Target Iklan

Hal pertama yang harus kamu pahami dengan baik ketika akan membuat iklan adalah mengetahui demografi dari target iklan yang akan dibuat. Target iklan ini meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  • Usia
  • Gender
  • Pendapatan
  • Status pernikahan
  • Ras

-Geografis Target Iklan

Selain menentukan target iklan berdasarkan demografi nya, kamu juga harus menentukan target iklan secara geografi. Hal ini penting sekali untuk menilai tingkat kebutuhan dan relevansi iklan yang akan dibuat.

  • Lokal
  • Regional
  • Nasional
  • Internasional

-Psikologi Target Iklan

Kamu juga harus paham psikologi target iklan kamu dengan baik. Hal ini agar kamu bisa menentukan jenis iklan dan cara pengemasan iklan dengan baik agar tepat sasaran.

  • Activities
  • Personality
  • Attitudes

-Perilaku Target Iklan

Perilaku target iklan juga penting kamu pelajari dengan baik. Hal ini untuk menemukan target pasar yang relevan dengan produk yang akan di iklankan serta cara pengemasan iklannya.

  • Benefit
  • Usage Rate
  • Patterns

3. Lihat Komptitor

Kompetitor adalah orang yang memiliki produk yang sama dengan yang kamu miliki. Untuk membuat iklan yang kompetitif maka kamu harus mempelajari seluk beluk tentang kompetitor kamu tersebut.

Banyak hal yang harus kamu pelajari dari kompetitor kamu. Beragam hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

-Kelebihan Kompetitor

Pertama kamu harus tahu apa saja kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor kamu tersebut. Analisa dengan baik apa saja yang menjadi nilai plus oleh kompetitor kamu. Catat semua yang kamu temukan.

-Analisa Kekurangannya

Setiap produk tentu memiliki kelemahan dan kekurangannya masing-masing. Nah kamu harus cari tahu apa yang tidak kompetitor kamu miliki. Cari kekurangannya, kekurangannya ini bisa kamu tawarkan dengan iklan kamu nanti.

-Bagaimana Kompetitor Beriklan

Kamu harus tahu, bagaimana cara kompetitor kamu beriklan. Berapa lama waktu dia beriklan, berapa nilai iklan yang dimilikinya, serta di platform mana saja dia beriklan.

4. Baca Pasar dengan Baik

Salah satu cara membuat iklan yang penting dan harus kamu lakukan adalah membaca pasar dengan baik. Karena bagaimanapun, produk yang akan kamu iklankan memiliki segmen pasar khusus. Maka dari itu, kamu pelajari dengan baik segmen pasar kamu.

Berbagai hal yang harus kamu pahami dari segmen pasar yang akan kamu gunakan beriklan diantaranya adalah:

-Seberapa Banyak Orang yang Butuh

Hal pertama yang harus dipahami adalah banyaknya orang yang membutuhkan produk kamu. Semakin banyak orang yang membutuhkannya maka semakin detail data analisa yang harus dibuat.

-Bagaimana Peluangnya

Dari jumlah banyaknya orang yang membutuhkan produk kamu tersebut, kamu juga harus memahami peluang untuk masuk ke pasar tersebut. Hal ini juga berdampak pada gaya iklan yang akan dibuat nantinya.

5. Pilih Tempat Beriklan yang Bagus

Ada banyak sekali tempat beriklan yang bisa kamu gunakan. Namun tidak semuanya bagus untuk digunakan. Setiap produk memiliki pasar nya masing-masing. Maka dari itu, kau harus mempelajari pasar mana yang cocok digunakan.

-Dimana Calon Pelanggan Banyak Mencari Produk

Salah satu cara membuat iklan yang paling penting adalah menemukan tempat yang tepat dimana calon pelanggan kamu mencari produk kamu. Jika kamu memiliki sebuah website, maka kamu bisa melihat data ini data Google Analitics.

-Cari Tahu Platform yang Bagus

Agar bisa membuat iklan yang relevan dan tepat sasaran, maka kamu harus menemukan platform yang tepat untuk kamu gunakan. Cari informasi platform mana yang bagus apakah media sosial, mesin telusur atau media off line.

6. Gunakan Metode Iklan yang Tepat

Metode beriklan itu ada banyak sekali. Kamu harus memilih 1 jenis metode iklan yang paling relevan dengan produk yang akan dijual. Metode ini harus benar-benar sesuai dengan produk yang akan di iklankan.

-Metode Iklan Online Media Sosial

Jika dari hasil riset kamu menunjukkan bahwa calon pelanggan kamu bayak dari media sosial, maka pasanglah iklan di media sosial. media sosial yang bisa kamu gunakan untuk memasang iklan adalah seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest ataupun yang lainnya.

-Metode Iklan Offline

Iklan Offline merupakan salah satu iklan yang bagus untuk digunakan. Namun kamu harus memiliki dana besar, karena biayanya jauh lebih mahal dari iklan online. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jenis calon pelanggan kamu.

7. Lakukan Test Iklan

Kamu tentu tidak akan tahu apakah iklan yang kamu buat bagus atau tidak tanpa melakukan test iklan. Sebelum kamu mulai memasang iklan kamu harus lakukan test iklan terlebih dahulu.

-Test Iklan di Beberapa Platform

Melakukan test iklan harus kamu lakukan di beberapa jenis platform. Hal ini berguna untuk mengetahui, platform mana yang paling bagus untuk memasang iklan. Pasang iklan dengan biaya kecil terlebih dahulu saat test.

-Test Metode Beberapa Metode Iklan

Untuk mengetahui metode iklan yang tepat, maka kamu juga harus melakukan test terhadap metode iklan yang akan digunakan. Gunakan metode iklan video, gambar dan sales letter.

8. Pasang Iklan di Beberapa Platform

Cara membuat iklan yang bagus dan bisa mendatangkan banyak sales, pasanglah iklan di beberapa platorm. Hal ini dapat meningkatkan jangkauan iklan yang lebih luas. Buat iklan berdasarkan nilai hasil test, platform yang bagus, pasang degan nominal iklan besar.

-Pasang Iklan di Facebook

Facebook adalah media sosial terbesar saat ini. Banyak orang yang sukses menjalankan bisnisnya karena pasang iklan di Facebook. Maka pasanglah iklan di Facebook dengan tepat.

– Pasang Iklan di Instagram

Selain Facebook, Instagram adalah patform kedua yang saya rekomendasikan. Pengguna Instagram sekarang ini sangat banyak sekali, dan banyak orang yang menggunakan Instagram hanya untuk mencari produk yang mereka inginkan.

-Pasang Iklan di Google

Google adalah tempat beriklan yang paling besar. Jangkauannya sangat luas sekali. Google merupakan platform dengan pengguna terbanyak di dunia saat ini. Tepat sekali jika kamu pasang iklan disana.

9. Evaluasi Iklan

Setelah kamu memasang iklan maka kamu harus melakukan evaluasi iklan yang sudah kamu buat. Ini merupakan bagian penting yang harus kamu lakukan. Tanpa adanya evaluasi, maka kamu tidak akan tahu efektivitas iklan yang kamu buat.

-Evaluasi Konversi Penjualan

Hal yang harus di lakukan saat kamu melakukan evaluasi iklan adalah melihat konversi iklan. Lihat berapa banyak orang yang melihat iklan kamu dan berapa nilai sales yang terjadi.

-Evaluasi Klik Iklan

Menilai efektivitas cara membuat iklan adalah dengan melihat nilai klik nya. Jika klik nya besar artinya banyak orang yang suka dengan iklannya. Namun jika penjualannya kecil maka ada yang salah dengan branding produknya.

10. Kembangkan Strategi

Setelahnya kamu melakukan evaluasi, maka kamu akan mendapatkan data penting dari iklan yang sudah dibuat. Analisa apa saja kekurangannya, jika ada metode yang perlu di ganti maka gantilah. Jika ada yang kurang maka tambahkan, tingkatkan metode iklan dengan baik.

Nah itulah 10 tips cara membuat iklan yang bagus dan tepat sasaran. Masih banyak hal lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat iklan yang bagus dan tepat sasaran. Namun 10 tips tersebut adalah yang saya gunakan selama menjalankan blog ini.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.