Tips Cara membersihkan CPU Komputer Dengan Aman

By

Cara membersihkan CPU – Terkadang membersihkan CPU merupakan hal yang cukup malas dilakukan oleh orang-orang,  padahal hal ini cukup penting untuk dilakukan agar CPU kita tidak berdebu. Membersihkan CPU merupakan suatu hal wajib yang harus dilakukan secara rutin, karena CPU yang kotor dan berdebu akan menyebabkan komputer tidak berfungsi dengan baik.

Jika kamu belum mengetahui cara membersihkan CPU mari simak caranya dibawah ini.

Berikut cara membersihkan CPU

nathan anderson KHSPGJ3zP0M unsplash 1
Photo by Nathan Anderson on Unsplash

1. Hal Pertama yang harus dilakukan adalah mencabut semua kabel yang terhubung dengan CPU, seperti kabel power, kabel device seperti mouse, keyboard, monitor dll.

2. Kemudian buka casing CPU .

3. Lanjut ke tahap berikutnya, ditahap ini kamu bisa membersihkan komponen menggunakan kuas kecil dan blower.

4. Power Supply, lepaskan terlebih dahulu kabel psu yang tehubung pada motherboard kemudian lepaskan baut yang tepasang pada casing menggunakan obeng. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kuas kecil dan blower. Power Supply harus dibersihkan karena jika power supply berdebu dan tidak dibersihkan dapat membuat suhu  didalam power supply meningkat.

5. RAM, Hardisk Dan VGA card, pertama lepaskan komponen-komponen ini dari dudukannya. Kemudian bersihkan debu yang menempel.

6. Heatsink Processor, Lepaskan baut yang terpasang dengan motherboard lalu angkat secara perlahan heatsink karena biasanya thermal paste yang menempel pada permukaan processor dan heatsink akan membuatnya susah untuk dilepaskan. Setelah berhasil dilepas bersihkan debu pada kipas heatsink dan jangan lupa untuk membersihkan sisa dari thermal paste pada bagian permukaan heatsink.Processor, lepaskan dari dudukannya kemudian bersihkan dengan kuas lalu bersihkan juga thermal pasta yang masih tersisa pada processor.

7. Motherboard, pertama lepaskan baut-baut dari motherboard yang terpasang pada casing CPU. Lakukan secara hati-hati dalam melepaskan baut-bautnya agar motherboard tidak rusak oleh ujung obeng. Kemudian bersihkan motherboard dari debu yang menempel, lakukan pembersihan secara hati-hati.

8. Casing, bagian terakhir yang perlu dibersihkan tentunya casing. Bersihkan setiap bagian casing dari debu yang menempel

9. Setelah semua komponen sudah dibersihkan, kemudian rakit kembali semua komponen tadi.Pasang kembali motherboard pada casing, jangan lupa untuk memasang baut-bautnya juga.

10. Pasang processor di motherboard kemudian kunci pada slotnya, kemudian jangan lupa untuk mengoleskan thermal paste secara tipis dan merata pada permukaan processor yang akan bersentuhan dengan heatsink.

11. Gabungkan kembali besi heatsink dan kipasnya.

12. Pasang RAM pada slotnya

13. Pasangkan kembali Power Supply jangan lupa untuk memasang baut-bautnya pada casing.

14. Pasang VGA card di slotnya. Pastikan kabel yang diperlukan terpasang pada motherboard

15. Pasang hardisk jangan lupa sambungkan kabel-kabel nya.

16. Tutup kembali casing CPU dan pasang semua kabel yang pada awalnya terhubung ke CPU, seperti kabel power,  keyboard , mouse , monitor.

17. Lalu nyalakan CPU dan lakukan pengetesan, pastikan seluruh komponen berfungsi dengan baik

Apa yang terjadi jika CPU tidak dibersihkan?

Apabila CPU jarang atau sama sekali tidak dibersihkan dapat membuat CPU sangat kotor dan berdebu. Menumpuknya debu pada komponen-komponen didalam CPU seperti power supply dan heatsink dapat mengurangi performa kinerja dari setiap komponen yang ada sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal.

Nah itulah cara membersihkan CPU yang bisa kamu lakukan. Membersihkan CPU dari debu merupakan hal yang harus secara rutin dilakukan agar tetap menjaga perfoma dari komputernya itu sendiri. Dan jangan lupa selalu kunjungi kami di Carapedi.id agar tidak ketinggalan update terbaru.