Tips Cara Membaca Oximeter Jari di Masa Pandemi Covid-19

By

Cara Membaca Oximeter — Oximeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur saturasi oksigen (Sp02). Oximeter juga bisa digunakan untuk mengukur denyut nadi per menit, dalam bahasa inggris biasa disebut pulse rate beats per minute (PRbpm).

Pada masa pandemi covid-19, Oximeter digunakan sebagai sebuah acuan. Apakah seseorang yang terpapar covid-19 harus dirawat di rumah sakit, atau bisa menjalankan isolasi mandiri di rumah.

Sudah banyak orang yang menjual Oximeter di toko online dengan harga mulai dari Rp. 80.000. Bagi yang belum mengetahuinya, kali ini Carapedi akan memberikan tutorial cara menggunakan Oximeter dan cara membaca Oximeter.

Cara Menggunakan Oximeter

Oximeter memiliki 2 keterangan, yaitu Sp02 dan PRbpm. Sp02 adalah saturasi oksigen, sedangkan PRbpm adalah denyut nadi. Hasil dari Oximeter bisa berbeda tergantung keadaan. Cara menggunakannya:

  • Sebelum mengunakan Oximeter, pastikan jari dan kuku sudah dalam keadaan bersih. Jangan gunakan cat kuku.
  • Bersihkan jari dan bagian dalam Oximeter menggunakan alkohol atau tisu basah agar tetap higienis.
  • Setelah itu, nyalakan Oximeter, lalu masukkan jari tengah atau jari telunjuk ke dalamnya. Pastikan kuku menghadap ke atas.
  • Tunggu sekitar 30 detik hingga hasilnya muncul di layar.

Pengukuran saturasi oksigen (Sp02) memiliki tingkat keakuratan sebesar 2%. Maksudnya, jika hasil yang kamu dapat adalah 96, maka kemungkinan tingkat saturasi oksigenmu sebesar 94 atau 98.

Cara Membaca Oximeter

Saturasi oksigen (Sp02) yang normal adalah 95-100. Jika kurang dari 95, kemungkinan kamu mengalami kekurangan oksigen (hipoksemia).

Sedangkan untuk denyut nadi (PRbpm) normal, perhitungannya berbeda-beda tergantung usia. Berikut adalah detailnya:

  • 0 – 2 tahun: 100 – 180 kali / menit.
  • 2 – 10 tahun: 60 – 140 kali / menit.
  • 10 – dewasa: 50 – 100 kali / menit.

Jika kamu teridentifikasi terkena covid-19, serta memiliki saturasi oksigen dan denyut nadi di bawah normal, segera hubungi rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Itulah langkah-langkah tentang cara menggunakan Oximeter dan cara membaca Oximeter. Semoga artikel ini bermanfaat.