7 Tips Agar Audio Sound System Mobil Lebih Enak

By

7 Tips Agar Audio Sound System Mobil Lebih Enak | Carapedi. Salah satu hal yang paling digemari penggemar musik ketika menyetir pastilah mendengarkan lagu-lagu lewat radio mobil. Baik itu lagu pop, jazz, atau dangdut, yang terpenting ada yang menghibur selama perjalanan berlangsung.

Sayangnya pada saat mengendarai mobil, audio sound system pada kendaraan yang dinaiki belum pasti memuaskan. Ada saja masalah yang terjadi, terkadang suaranya menjadi keras atau justru sebaliknya.

Paling menyebalkan saat musik yang mestinya bening jadi terganggu oleh bunyi gemerisik dari speaker. Kalau begitu, rasanya ingin saja buru-buru menggantinya dengan yang lebih bagus.

Jika sound system pada mobil tidak cukup memuaskan, cobalah sejumlah strategi jitu untuk memaksimalkan sound system mobil Anda berikut:

1. Riset Harga Sebelum Membeli

audio sound system
Daftar Harga Amplifier di bliaudio.com

Jangan terjebak dengan pakem ‘mahal tentu bagus’. Yang terpenting ialah riset dulu sebelum membeli. Cek dulu kualitas dari spesifikasi audio set untuk mobil, seperti: kapasitor bank, speaker split, speaker coaxial, dan masih banyak lagi.

Boleh tanya-tanya ke penjualnya untuk konsultasi, sebelum menyimpulkan untuk membeli. Begitu tahu yang diinginkan, barulah saatnya memperkirakan biaya.

Pastikan audio sound system mobil yang kita incar cocok dengan budget. Kalau belum cukup, Anda dapat membelinya per komponen, alias secara bertahap. Tentu saja, ini memerlukan kesabaran sebelum seluruh komponen kesudahannya terkumpul menjadi satu set.

2. Perhatikan Kualitas Head Unit

audio sound system
Gambar audio sound system

Head unit yang berbobot baik seringkali mempunyai front, rear, dan sub di belakang tape dengan enam lubang untuk RCA, baiksingle atau double din yang banyak.

3. Ganti Audio Sound System Mobil dengan yang Baru

audio sound system
Gambar dari Bliaudio.com

Suara musik terdengar sayup-sayup sebab speaker terlampau standar? Ganti saja dengan yang baru. Jangan lupa untuk menambahkan power amplifier sebagai komponen pendukung.

Hanya saja, tidak boleh menyetel volume terlampau keras ketika menyetir. Selain bisa mengganggu gendang telinga, fokus Anda dapat terpecah ketika di jalan raya.

4. Sesuaikan Dengan Selera

audio sound system

Percaya atau tidak, hal ini ternyata dominan besar dalam menilai audio system mobil Anda.

Berkonsultasi lah dengan instalator audio, maka Anda dapat menemukan perlengkapan yang sesuai dengan selera musik Anda. Menyetir sambil mendengarkan musik bakal terasa lebih nyaman bila pilihannya tepat.

5. Pasang Peredam Audio Sound System Mobil

Mayoritas mobil buatan tahun 2000-an ke atas telah mempunyai kualitas audio yang lebih baik. Bila suara masih terlalu keras, walau tanpa menaikkan volume audio, Anda dapat memasang peredam sebagai solusinya.

6. Sesuaikan Audio Sound System dengan Jenis Mobil

audio sound system

Ada perbedaan yang lumayan spesifik antara sound system mobil sedan dengan mobil-mobil yang lebih besar, layaknya MPV dan SUV.

Dari luas kabin, Anda dapat memperkirakan sekeras apa suara yang dibutuhkan. Karena atap mobil sedan sangat rendah, maka audio mobil tidak perlu terlampau keras.

7. Jangan Berimprovisasi Sendiri

Demi mengirit biaya, kita memilih  merakit atau mengubah sendiri perlengkapan audio mobil Anda.

Kalau memang memahami dan telah berpengalaman, tidak masalah. Namun, salah memasang justru dapat mengakibatkan kerusakan pada audio mobil Anda.

Itulah informasi mengenai cara membuat audio sound system menjadi lebih optimal. Jika Anda ingin membeli sound system yang berkualitas, Anda dapat mengunjungi website https://www.bliaudio.com/ untuk mendapatkannya dengan maksimal. Semoga bermanfaat