Tidak Bisa Terbaca? Inilah 5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak

Tidak Bisa Terbaca? Inilah 5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak

5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak -

Seiring dengan hadirnya banyak smarthphone canggih sekarang ini, dengan di lengkapi fitur-fitur menarik seperti salah satunya kesediaan memori internal yang besar, tetap saja masih banyak orang yang menggunakan kartu SD sebagai alternatif penambah ruang penyimpanan.

Hal tersebut juga di perkuat dengan keunggulannya. Kartu SD di nilai lebih fleksibel untuk menyimpan berbagai macam file. Berbeda dengan memori internal yang dimana ketika smarthphone kita rusak dan tidak bisa menyala lagi maka di pastikan file-file yang tersimpan tidak bisa di selamatkan.

Sedangkan Kartu SD, di saat smarthphone kita rusak maka semua file yang di dalamnya tetap bisa di dapatkan. Kita hanya perlu mencopotnya dari HP dan isinya pun tetap akan utuh. Namun berkaitan dengan kelebihannya, ada pula kekurangannya. Sering terjadi kerusakan Kartu SD sehingga tidak bisa terbaca dan file di dalamnya juga tidak bisa terbuka.

Dari pada bingung, kali ini Carapedi akan memberikan beberapa tips untuk memperbaiki kartu SD yang tidak bisa terbaca atau rusak. Perhatikan ulasannya baik-baik ya!

5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak

1. Pasang Kartu SD di HP Atau Perangkat Lain

Untuk cara yang pertama ini sangat mudah. Kamu cukup pasang memory card yang tidak bisa terbaca tadi di smarthphone atau perangkat lain. Entah HP, komputer atau laptop terserah kalian.

Ini bertujuan untuk mendeteksi apakah kartu SD-nya yang rusak atau bisa jadi slot memori nya yang rusak. Jadi, jika pada smarthphone ke satu kartu SD nya tidak bisa terbaca, tetapi ketika di pasang di smartphone dua tiba-tiba bisa terbaca dan berfungsi normal maka bisa di simpulkan bahwa memang slot memori pada smarthphone ke satu mengalami kerusakan.

2. Cek Error Melalui PC/Laptop

Kartu SD yang rusak juga bisa di sebabkan oleh terjadinya error lho! Hal tersebut bisa terjadi karena mungkin sebelumnya ada virus atau ada file yang berbahaya.  Maka untuk mengatasinya kita memerlukan PC atau laptop sebagai alat bantu untuk pengecekan error tadi. Dan untuk mengatasinya, ikuti tahapan – tahapan berikut :

Apabila cara ini berhasil maka di sarankan agar tetap waspada dengan masuknya file-file yang berbahaya. Ada baiknya untuk mencegah dengan cara mem-backup file di dalamnya. Karena sering terjadi file rusak setelah di pindahkan ke kartu SD secara tiba-tiba.

3. Bersihkan Kartu Memori

Sebelum menuju cara lebih serius, lebih baik kita coba cara mudah dulu, meskipun terkesan simple, tapi siapa tau kartu SD nya bisa kembali normal dan berfungsi.

Setelah dua cara di atas tidak ampuh untuk memperbaiki memori eksternal, cobalah untuk membersihkan kartu SD. Kerusakan ini kemungkinan bisa terjadi karena kartu SD memang kotor. Untuk membersihkannya tidak boleh sembarangan. Ikuti cara – cara berikut ini :

Jika kartu memori belum juga terbaca, ada kemungkinan memang terjadi kerusakan total yang membuat file-file tersebut tidak bisa terselamatkan. Adapun dari pada kamu kesal lalu membuangnya dan harus beli lagi yang baru, Ada baiknya ikuti cara selanjutnya agar kartu SD kembali bisa digunakan tanpa harus beli yang baru.

4. Format Kartu SD Menggunakan Android

Ketika kartu memori memang sudah mengalami kerusakan total, lebih baik untuk mem-formatnya dan relakan saja file-file di dalamnya. Berikut cara untuk melakukan format kartu SD di android.

5. Format Kartu SD Melalui PC/Laptop

Jika di rasa menggunakan perangkat android tidak begitu mudah menurutmu, bisa juga coba untuk memformatnya di PC/Laptop. Berikut cara-carannya :

Nah, itu 5 cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak atau tidak bisa terbaca di android maupun PC/Laptop. Untuk menghindari kerusakan, baiknya kamu lindungi kartu memori dari file-file yang berbahaya atau transfer illegal. Juga lakukan pencegahan dengan mem-backup file penting di dalamnya. Sekian dari admin, semoga bermanfaat ya!