Tahapan Cara Bertani Padi yang Benar [Khusus Petani Pemula]

Tahapan Cara Bertani Padi yang Benar [Khusus Petani Pemula]

Padi adalah tumbuhan yang sangat penting bagi kita. Karena dari padilah yang akan menghasilkan beras. Beras itu sendiri adalah makanan pokok kita. Cara bertani padi yang benar perlu banget dipahami. Karena menanam padi haruslah dengan penanganan yang benar jika tidak semuanya akan gagal.

Nah, untuk Anda yang masih pemula dan ingin belajar bertani padi, artikel ini akan berikan referensi yang tepat. Bagaimana langkah cara menanam padi yang benar? Berikut ini adalah proses dan langkah-langkahnya:

A. Memilih Bibit yang Paling Unggul

Sebelum memulai menanam padi, hal pertama  yang harus dilakukan adalah mempersiapkan benih. Dalam mempersiapkan benih padi juga harus memperhatikan kualitas dari benih tersebut. Berikut langkah-langkah memilih bibit yang unggul.

B. Menyiapkan Lahan untuk Padi

Lahan sangat dibutuhkan dalam hal bercocok tanam. Lahan juga harus diperhatikan kondisi tanahnya. Berikut ini hal yang perlu kita lakukan untuk mengolah laham yang cocok untuk menanam padi.

C. Tahap Menanam Padi

 Tahap cara bertani padi yang benar selanjutnya adalah menanam padi. Menanam padi juga harus dilakukan dengan benar. Sebelum itu kita harus mempersiapkan bibit yang akan di tanam.

1. Merawat padi

Setelah melalui proses menanam.Tentu kita perlu merawat tanaman agar hasil yang diharapkan sesuai harapan. Ini merupakan bagian penting dari langkah cara bertani padi yang benar ini. Ini harus diperhatikan dengan baik.

2. Membasmi hama

Tumbuhan padi tidak akan lepas dari hama yang menganggu pertumbuhannya. Dari itu kita perlu membasmi hama.

F. Panen

Proses yang terakhir adalah memanen padi. Kita bisa mengetahui kapan panen padi bisa dilakukan. Dengan mengenali ciri-ciri Daunnya sudah menguning dan gabah mulai rontok.

Itulah cara bertani padi yang benar agar menghasilkan kualitas padi yang bagus. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Silahkan Anda coba gunakan tahapan dan langkah-langkah di atas.