Panduan Lengkap Cara Membuat Bisnis Plan Makanan dan Minuman

By

Untuk kamu yang saat ini berencana membuat bisnis, baik itu bisnis makanan ataupun minuman. Saya sarankan untuk membuat bisnis plan nya terlebih dahulu. Karena tanpa planning yang bagus akan sulit sekali mengembangkan bisnisnya. Maka dari itu, pelajari cara membuat bisnis plan dengan baik.

Rencana itu seperti sebuah peta, sebelum kita berangkat maka kita harus membacanya terlebih dahulu. Peta yang akan menunjukkan kemana kita akan pergi, seberapa jauh kita melangkah. Peta pula yang akan membimbing kita menentukan arah kemana kita akan pergi.

Tidak jauh berbeda dengan bisnis, planning adalah peta dalam berbisnis. Dengan adanya planning maka bisnis kamu akan jauh lebih efektif dan jauh lebih efisien.

Kenapa Harus Membuat Bisnis Plan?

Ketika kamu menjalankan sebuah bisnis, maka kamu butuh planing yang baik. Dalam planning terdapat tindakan dan wujud nyata dari langkah-langkah yang harus kamu ambil ketika menjalankan bisnis.

Beberapa alasan kuat kenapa kamu harus membuat bisnis plan ini adalah karena alasan berikut:

  • Sebagai acuan dasar dalam menjalankan bisnis
  • Sebagai alarm bisnis
  • Sebagai tolak ukur capaian bisnis
  • Membuat bisnis lebih terukur dengan baik
  • Menjadikan bisnis yang profesional
  • Mempermudah mengambil tindakan

Komponen Dalam Bisnis Plan

Bisnis plan terdiri dari beberapa komponen yang membuatnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Adapun beragam komponen yang terdapat di dalam sebuah bisnis plan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ringkasan eksekutif, merupakan rangkuman krusial dalam bisnis plan yang meliputi overview keseluruhan perusahaan secara garis besar biasanya hanya terdiri dari 1-2 halaman saja
  • Bab pendahuluan, merupakan bab paling awal biasanya berisi tentang latar belakang, visi dan misi serta sasaran bisnis yang akan dijalankan
  • Peluang bisnis, merupakan penjelasan dari masalah atau hambatan, solusi serta keunggulan bisnis yang kamu tawarkan serta segmen pasar yang akan kamu jalankan
  • Eksekusi bisnis, merupakan strategi yang digunakan untuk menjalankan bisnis yang akan dijalankan
  • Komposisi tim, merupakan penjelasan mengenai tim kerja kamu kamu serta berbagai keahlian yang dimiliki setiap divisi
  • Proyeksi keuangan, penjelasan terkait keuangan perusahaan sampai bisa menghasilkan keuntungan

Bagaimana Cara Membuat Bisnis Plan?

Membuat bisnis plan harus dipahami oleh setiap orang yang akan menjalankan bisnis. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas serta mempermudah pengembangan bisnis.

Nah, berikut ini saya jelaskan cara bikin bisnis plan untuk jenis bisnis minuman dan juga planning bisnis makanan. Jika kamu merupakan pebisnis kedua jenis hal tersebut, maka kamu harus membaca artikel ini.

A. Cara Membuat Bisnis Plan Makanan

Bisnis makanan memang sangat menggiurkan. Dalam bisnis ini ada istilah, selama ada manusia maka makanan akan tetap laku dan ada pembelinya. Namun meski demikian, fakta nya tidaklah mudah seperti kedengaran nya.

Maka dari itu, sebelum memulai usaha makanan dibutuhkan planning yang bagus. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat rencana bisnis makanan yang bagus.

1. Identifikasi Kebutuhan Pasar

Dalam membuat planning bisnis maka hal utama yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi pasar yang akan kamu gunakan untuk berbisnis.

Dalam mengidentifikasi pasar, kamu harus tahu apa yang dibutuhkan oleh pasar kamu tersebut. cari tahu makanan apa yang paling banyak di cari oleh orang-orang dan bisa kamu buat produknya.

2. Tentukan Tujuan Bisnis

Ketika kamu menjalani sebuah bisnis, maka kamu harus memiliki tujuan yang jelas. Maka dari itu, buatlah tujuan bisnis kamu yang sesungguhnya, tuliskan dan uraikan.

Tujuan bisnis ini akan menjadi motor ketika kamu menjalankan bisnis. Saat berada di tengah-tengah kejenuhan menjalankan bisnis tersebut, maka kamu bisa ingat dengan tujuan awal bisnis kamu yang bisa buat kamu bersemangat kembali.

3. Buat Profil Perusahaan

Dalam membuat bisnis plan hal yang harus dan penting sekali kamu buat adalah company profil. Profil perusahaan ini akan menjelaskan secara detail seperti apa perusahaan kamu secara keseluruhannya.

Dengan membuat profil perusahaan, maka setidaknya bisnis kamu sedikit lebih maju. Bisnis kamu akan terlihat lebih profesional ketimbang bisnis yang asal jalan.

4. Buat Analisa Produksi

Ini adalah bagian penting dalam bisnis makanan. Sebelum mulai menjalankan bisnis, kamu harus sudah punya analisa produksi. Hal ini berguna untuk menunjang kelancaran dalam melaksanakan proses produksi makanan.

Dalam analisa produksi ini haru sudah mencakup proses penerimaan pesanan, penyediaan stok bahan baku, proses pengolahan hingga proses pendistribusian.

5. Analisa SDM

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis, termasuk bisnis makanan. Analisa SDM ini meliputi tenaga kerja keseluruhan yang akan membantu kamu dalam menjalankan bisnis.

Analisa SDM ini meliputi untuk banyak sektor, mulai dari SDM untuk administrasi, perencanaan, produksi, hingga pengiriman dan lain sebagainya haru dibuatkan planningnya dengan baik dan rinci.

6. Analisa Keuangan

Jika kita bicara bisnis maka kita bicara masalah uang. Bisnis bisa berjalan dengan baik jika keuangannya bagus, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, keuangan harus dibuatkan perencanaan nya secara detail dan terperinci.

Dalam analisa keuangan bisnis ini harus mencakup penghasilan, pengeluaran, pengembalian modal dan juga pengembalian dana investasi. Semua itu, harus dibuatkan perencanaan laporannya secara berkala perperiode.

7. Rencana Pengembangan Usaha Makanan

Rencana pengembangan usaha ini harus ditulis dan baik dan rinci. Dalam rencana pengembangan ini harus dijelaskan periode dan langkah yang akan di ambil untuk mengembangkan bisnis dengan baik.

Rencana pengembangan bisnis ini harus dibuat dengan menarik agar bisa menarik minat investasi yang tinggi.

B. Cara Membuat Bisnis Plan Minuman

Selain makanan, minuman adalah jenis bisnis yang juga cukup menjanjikan. Dikatakan demikian karena proses produksi bisnis minuman ini lebih mudah ketimbang menjalankan bisnis lainnya.

Membuat bisnis plan minuman tentu sedikit berbeda dengan membuat bisnis plan makanan ataupun yang lainnya. Nah berikut ini adalah langkah cara bikin bisnis plan minuman.

1. Pelajari Trend Pasar Miuman

Menjalankan bisnis minuman terkadang harus mempelajari terlebih dahulu trend pasar nya. Karena ada jenis minuman yang hanya ada dan ramai di waktu-waktu tertentu.

Kamu harus paham hal ini dengan baik. Memilih pasar yang mengikuti trend mungkin bisa mendatangkan keuntungan besar namun hanya berlaku di musim tertentu saja. baca pasar trend pasar dengan baik, tentukan jenis minuman yang tidak memandang trend.

2. Tentukan Target Pasar

Setelah kamu memahami trend pasar nya kamu juga harus menentukan target pasar kamu. Hal ini untuk menentukan spesifikasi pasar agar kamu lebih mudah menjual minumannya.

Menentukan target pasar dengan baik dapat membantu mempermudah kamu dalam memasarkan produk minuman. Dari hal ini kamu juga bisa tahu kemana kamu harus memasarkan produk minuman tersebut.

3. Buat Ringkasan Eksekutif

Pada bagian ini kamu jelaskan buat penjelasan secara detail dan lengkap terkait bisnis yang kamu jalankan. Dalam bagian ini kamu harus menjelaskan secara garis bisnis kamu.

Namun jangan terlalu panjang, uraikan saja secara ringkas dan padat. Maksimal penguraian nya adalah 2 hingga 3 halaman saja.

4. Buat Latar Belakang Perusahaan

Latar belakang perusahaan harus ada dan dimasukkan kedalam bisnis plan. Hal ini untuk memperjelas bisnis dan histori nya dari mana dan seperti apa. Ini akan lebih menarik minat para investor.

Kamu bisa membuat latar belakang perusahaan ini mulai dari para pendiri perusahaan, orang-orang yang ada di dalamnya, histori perusahaan, produk serta hal-hal lain yang terlibat.

5. Pemasaran Produk Minuman

Kamu juga harus membuat planning bagaimana cara da strategi pemasaran yang akan kamu lakukan terhadap produk minuman yang kamu produksi.

Tentukan dengan baik jenis-jenis strategi dan langkah-langkahnya. Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menarik para investor untuk melakukan investasi di bisnis kamu.

6. Analisa Produk Minuman yang Akan Dijual

Analisa produk juga penting sekali di buat, selain berguna untuk meyakinkan para investor juga untuk mempermudah kamu memasarkan produk tersebut.

Buat definisi produk dengan baik dan jelas, lengkapi dengan keunggulan yang dimilikinya serta komparasi dengan produk lainnya.

7. Analisa SDM

Dalam membuat planning bisnis minuman juga dibutuhkan analisa SDM yang detail. Analisa SDM yang detail dan bagus dapat membuat para investor yakin dengan bisnis yang akan kamu jalankan.

Buat analisa Management yang akan digunakan dalam menjalankan bisnis tersebut. Hingga orang-orang yang akan mengelola bisnis minuman tersebut secara rinci dan detail.

8. Analisa Keuangan

Dalam bagian ini kamua harus menjelaskan kondisi keuangan bisnis minuman yang kamu jalankan serta proyeksi dana di masa yang akan datang.

Uraikan semuanya secara rinci dan detail mulai dari modal yang dimiliki saat ini, analisa keuangan perusahaan, perkiraan pendapatan, besaran dana yang dibutuhkan serta detail operasional harian-hingga tahunan.

Nah itulah prosedur dan langkah cara membuat bisnis plan makanan dan minuman yang harus kamu buat. Jika kemu memiliki jenis bisnis lain, sebenarnya cara bikin bisnis plan nya sama saja hanya pada letak analisa nya yang beda.