Panduan Cara Membuat RPP, Guru Wajib Tahu!

By

Bagi seorang guru, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan dokumen penting yang harus di dibuat saat akan mengajar. RPP mengandung penjelasan lengkap mengenai rencana kelangsungan proses belajar mengajar. Seorang guru tentu harus paham dengan baik bagaimana cara membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

RPP dibuat oleh seorang guru agar hasil pembelajaran sesuai dengan standar kompetisi (SK) dan kompetisi dasar (KD) sesuai dengan yang tertera pada silabus.

Selain itu, RPP juga akan menjelaskan langkah demi langkah proses belajar mengajar di dalam kelas. Jika seorang guru tidak membuat RPP maka dia akan bingung mengatur proses pembelajaran nya. Kalaupun proses pembelajaran berlangsung namun tidak akan jelas tolak ukur pembelajaran nya.

Namun meski demikian, ternyata masih di jumpai banyak diantaranya guru yang masih belum paham bagaimana cara bikin RPP dengan benar. Nah maka dari itu, kali ini akan saya coba jelaskan proses cara membuat Rpp dengan baik dan benar.

A. Komponen RPP

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) di susun dari berbagai komponen. Berdasarkan permendiknas no 41 tahun 2007, beberapa komponen dalam RPP adalah sebagai berikut:

1. Identitas Mata Pelajaran

Beberapa komponen yang menjadi identitas mata pelajaran adalah:

  • Satuan pendidikan
  • Kelas
  • Semester
  • Program studi
  • Mata pelajaran
  • Jumlah pertemuan pembelajaran

2. Standar Kompetisi (SK)

Merupakan standar kemampuan peserta didik yang diharapkan setelah menjalani proses pembelajaran pada satu SK (Standar Kompetisi) di mata pelajaran tertentu pada semester tertentu. Standar kompetisi ini berupa:

  • Poin-poin standar acuan keinginan pencapaian pembelajaran
  • Sikap peserta didik saat berlangsungnya pembelajaran
  • Capaian kognitif siswa pada saat proses pembelejaran berlangsung

3. Kompetisi Dasar (KD)

Merupakan sejumlah kemampuan tingkat lanjut yang harus di kuasai peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran. Berdasarkan Standar Kompetisi di mata pelajaran tertentu. Isi dari KD (Kompetisi Dasar) biasanya adalah:

  • Poin penjabaran materi ajar
  • Poin penguasaan materi secara gamblang
  • Penguasaan materi secara deskriptif

4. Indikator Pencapaian Kompetensi

Merupakan implikasi dari hasil proses pembelajaran. Ini merupakan pengukuran kemampuan siswa di lihat dari pencapaian hasil pembelajaran dalam dunia sesungguhnya.

  • Berisi poin-poin yang harus dipahami dalam setelah proses pembelajaran selesai
  • Poin penggunaan hasil pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari
  • Terbiasa melakukan hasil proses pembelajaran di kehidupan nyata

5. Tujuan Pembelajaran

Tujuan akhir dari hasil pembelajaran yang di sampaikan dalam satu mata pelajaran tertentu. Tujuan pembelajaran merupakan tujuan akhir dalam semua aspek hasil pembelajaran.

  • Pokok-pokok tujuan pembelajaran berdasarkan SK dan KD pembelajaran
  • Dibuat secara rinci dan detail setiap tujuannya

6. Materi Ajar

Materi ajar memuat beragam fakta, konsep prinsip dan prosedur proses belajar mengajar sesuai dengan indikator pencapaian kompetisi pembelajaran. Biasanya materi ajar di tulis dengan beragam poin penting dalam pembelajaran sesuai dengan yang akan di ajarkan.

7. Alokasi Waktu

Alokasi waktu di tentukan sesuai dengan kebutuhan kebutuhan materi ajar yang tertera pada silabus pembelajaran. Setiap tingkatan pendidikan, SD, SMP, SMA memiliki waktu belajar yang berbeda-beda sesuai dengan standar nya.

8. Metode Pembelajaran

Merupakan cara yang digunakan guru untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang menarik dan bisa membuat peserta didik mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang sudah di tentukan.

Pemilihan metode pembelajaran harus di sesuaikan dengan karakteristik peserta didik serta isi dari materi kompetensi yang harus di capai. Semuanya harus relevan, guna mencapai kompetensi yang di inginkan.

9. Kegiatan Pembelajaran

Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, kegiatan pembelajaran di bagi menjadi 3 bagian yaitu:

  • Pendahuluan
    • Memberikan informasi kepada peserta didik terkait materi ajar yang akan di sampaikan
    • Memberikan informasi kepada peserta didik terkait capaian kompetensi yang harus di kuasai
    • Memberikan motivasi belajar
    • Membangkitkan semangat atau motivasi peserta didik agar siap menerima materi pembelajaran
  • Inti
    • Berlangsungnya proses pembelajaran
    • Dilaksanakan melalui komunikasi 2 arah antara pendidik dan peserta didik serta antar peserta didik dan temannya (diskusi)
    • Proses belajar berlangsung secara menyenangkan
  • Penutup
    • Mengakhiri proses pembelajaran dengan kesimpulan
    • Mengakhiri proses pembelajaran dengan motivasi
    • Mengakhiri pembelajaran dengan evaluasi
    • Melihat tindak lanjut siswa dalam menangkap materi selama proses pembelajaran

10. Penilaian

Adalah kegiatan penilaian capaian akhir dari proses pembelajaran yang sudah berlangsung. Penilaian ini dilakukan berdasarkan standar penilaian yang berlaku pada kurikulum bersangkutan.

  • Disebutkan proses penilaian nya
  • Disebutkan indikator penilaian nya
  • Disebutkan jumlah soal yang di uji kan

11. Sumber Belajar

Penggunaan sumber belajar yang di dasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan di capai. Sumber belajar ini bisa beragam jenis dan bentuknya. Beberapa yang sering kali digunakan diantaranya:

  • Buku LKS
  • Buku umum yang relevan
  • Internet
  • Ataupun yang lainnya sesuai dengan SK dan KD capaian yang di harapkan

B. Cara Membuat RPP yang Benar

Proses pembuatan RPP tidak bisa di lakukan secara sembarangan. Dalam proses pembuatannya, RPP ini menggunakan cara khusus yang di lakukan berdasarkan aturan penyusunan nya.

Salah satu aturan yang memberikan prosedur jelas dan lengkap terkait langkah cara membuat RPP adalah permendikbud RI Nomor 81A tahun 2013. Dalam aturan ini dijelaskan bahwa penyusunan RPP itu meliputi:

  • Mengkaji silabus pembelajaran
  • Mengidentifikasi materi pembelajaran
  • Menentukan tujuan pembelajaran
  • Mengembangkan kegiatan pembelajaran
  • Penjabaran teknis penilaian
  • Menentukan alokasi waktu
  • Menentukan sumber belajar

Nah berikut ini adalah prosedur ddan langkah cara penyusunan RPP yang benar pada materi ajar tertentu sesuai dengan mata pelajaran bersangkutan.

1. Buat Identitas Sekolah

Pada tahapan pertama anda harus membuat identitas mata pelajaran dengan jelas sesuai dengan beberapa komponen mata pelajari di poin A di atas. Silakan lengkapi mulai dari:

  • Nama sekolah
  • Nama mata pelajaran
  • Kelas
  • Semester
  • Standar kompetisi
  • Kompetisi dasar
  • Indikator
  • Alokasi waktu

Saat membuat identitas sekolah yang perlu anda perhatikan adalah beberapa hal berikut ini:

  • RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) boleh dibuat untuk 1 KD (Kompetisi Dasar) saja
  • SK (Standar Kompetisi), KD (Kompetisi Dasar) dan Indikator pembelajaran bisa anda copy paste saja dari silabus, disana biasanya sudah tersedia
  • Alokasi waktu yang digunakan adalah sesuai dengan aturan pelaksanaan pembelajaran di silabus sesuai dengan SK dan KD di silabus, biasanya alokasi waktu yang digunakan adalah 2×40 menit atau sesuai dengan tingkatan pendidikannya

2. Tulis Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran adalah hasil yang diharapkan setelah peserta didik mempelajari mata pelajaran terkait. Buat tujuan pembelajaran sesuai dengan SK dan KD nya.

  • Setiap pertemuan tujuan pembelajaran harus berbeda dari pertemuan sebelumnya
  • Tujuan pembelajaran di sesuaikan dengan SK yang akan di ajarkan pada setiap pertemuan
  • Tujuan pembelajaran meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik

3. Menulis Materi Ajar

Tuliskan sedikit uraian materi ajar yang akan disampaikan. Tuliskan secara singkat, baik materi dari buku, web ataupun media lainnya.

  • Tuliskan daftar materi yang akan di pelajari
  • Tulis berdasarkan indikator yang akan di pelajari peserta didik
  • Buat poin-poin materi supaya lebih mudah menjabarkan materi nya

4. Menentukan Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk menyampaikan materi ajar agar bisa mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan. Metode pembelajaran yang digunakan ini meliputi strategi dan pendekatan yang digunakan.

  • Metode pembelajaran harus di sesuaikan dengan karakteristik peserta didik
  • Menggunakan metode pembelajaran 2 arah
  • Metode yang digunakan sudah teruji dengan baik

Beberapa jenis pendekatan dan metode pembelajaran yang bisa digunakan diataranya adalah sebagai berikut:

  • Metode yang paling umum digunakan guru diantaranya seperti metode ceramah, metode inkuiri, metode discovery, metode diskusi, metode observasi, metode e-learning ataupun beragam metode lainnya
  • Pendekatan pembelajaran yang sering kali digunakan adalah seperti pendekatan proses, pendekatan kontekstual, pendekatan langsung, pemecahan masalah, pendekatan saintifik dan lain-lain

5. Uraikan Kegiatan Pembelajaran

Uraian kegiatan adalah rencana berlangsungnya proses pembelajaran mulai dari pembukaan hingga penutup dan penilaian. Kegiatan pembelajaran biasanya di bagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1) Pendahuluan

Kegiatan pendahuluan pembelajaran adalah kegiatan pembuka sebelum masuk ke proses pembelajaran. Biasanya dalam tahapan ini di isi dengan beberapa kegiatan seperti:

  • Ungkapan salam dan tanya kabar
  • Motivasi siswa
  • Absensi siswa

2) Kegiatan Inti Pembelajaran

Kegiatan inti dari pembelajaran, adalah proses inti belajar mengajar dalam kelas yang membahas suatu materi pembelajaran sesuai dengan SK dan KD yang akan di sampaikan. Uraikan kegiatan ini secara sistematis.

  • Sampaikan materi sesuai dengan metode belajar
  • Bagi siswa menjadi beberapa kelompok
  • Bagikan materi kepada siswa
  • Minta siswa analisa materi
  • Minta siswa untuk persentase hasil pembahasan materi ajar bersama dengan teman kelompoknya
  • Minta siswa lain untuk menanggapi
  • Guru memberikan penjelasan detail terkait materi yang di persentase kan

3) Kegiatan Penutup

Merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri proses pembelajaran. Dalam kegiatan penutup pembelajaran biasanya akan di bagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:

  • Membuat rangkuman hasil persentase
  • Melakukan penilaian
  • Melakukan refleksi

Dalam menguraikan kegiatan inti, anda dapat menguraikannya dengan kegiatan yang berbeda tidak harus sama seperti diatas. Semua kegiatan inti di atas hanya bentuk baku dari kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran.

6. Pilih Sumber Pembelajaran

Pemilihan sumber ajar harus di sesuaikan dengan SK dan KD dalam silabus. Sumber ajar ini biasanya meliputi beberapa hal seperti berikut:

  • Sumber rujukan
  • Lingkungan
  • Media belajar
  • Narasumber
  • Alat pembelajaran
  • Bahan yang digunakan

7. Tentukan Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah alat atau media yang relevan dengan materi ajar yang akan di sampaikan. Ada beragam jenis media yang dapat digunakan untuk membantu guru mempermudah menyampaikan materi ajar, diantaranya adalah seperti:

  • Media digital
  • Media visual
  • Media audio
  • Media audio visual

8. Menentukan penilaian

Setelah proses pembelajaran selesai, seorang pendidik atau guru harus melakukan penilaian. Penilaian ini merupakan indikator pencapaian hasil belajar siswa yang dilakukan pada setiap pertemuan. Dalam membuat penilaian akan di dasarkan pada beberapa hal seperti:

  • Teknik penilaian yang digunakan
  • Bentuk instrumen penilaian
  • Serta instrumen yang digunakan

Lakukan penilaian sesuai dengan teknik dan instrumen yang akan digunakan dalam proses penilaian yang digunakan. Tuliskan soal atau bentuk test yang akan digunakan dalam penilaian.

Nah itulah proses cara membuat RPP yang baik dan benar berdasarkan aturan permendiknas yang berlaku. Silahkan anda coba buat RPP sesuai dengan panduan diatas.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.