Panduan Cara Membuat Kartu Nama Keren di Word & Canva

Panduan Cara Membuat Kartu Nama Keren di Word & Canva

Kartu nama merupakan selembaran kertas yang berisi informasi nama, alamat, nomor telepon, nama perusahaan, website dan logo perusahaan yang menunjukkan identitas seseorang. Kartu nama merupakan identitas sederhana yang digunakan seseorang didalam sebuah instansi sebagai tanda pengenal. Cara membuat kartu nama ini tidaklah sulit, bisa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word (offline) ataupun dengan menggunakan situs Canva (online).

Fungsi kartu nama ini memang sebagai identitas seseorang saja, umumnya digunakan di sebuah instansi pemerintahan, kantor ataupun perusahaan tertentu. Kartu nama memungkinkan orang lain untuk mengenali dirinya tanpa harus bertanya terlebih dahulu.

Komponen Kartu Nama

Dilihat dari komponennya, kartu nama ini disusun atas beberapa komponen yang menjadikannya sebagai identitas yang dapat dengan mudah dikenali orang lain. Beberapa jenis komponen yang ada dalam kartu nama ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Nama

Nama adalah bagian penting pada sebuah kartu nama. Nama yang dimasukkan kedalam kartu nama ini berupa nama pemilik kartu nama itu sendiri, baik nama orang ataupun nama perusahaan yang memang akan menggunakan kartu nama tersebut.

Ketika orang melihat sebuah kartu nama, maka informasi pertama yang akan dicari dan dibutuhkannya adalah nama dari orang yang menggunakan kartu tersebut. Maka nama adalah unsur paling penting yang harus ada dalam sebuah kartu nama.

Dalam desain kartu nama, nama selalu dibuat dengan desain yang lebih menonjol agar mudah orang melihat dan mudah membaca. Sehingga pesan dan tujuan pembuatan kartu nama itu bisa tepat sasaran.

2. Kontak

Komponen penting kedua yang harus ada dalam sebuah kartu nama adalah kontak. Salah satu fungsi kartu nama adalah agar orang lain yang mendapatkan kartu nama tersebut bisa menghubungi pemilik kartu nama tersebut, maka kontak adalah komponen penting kedua yang harus ada dalam kartu nama.

Kontak yang harus dimasukkan kedalam kartu nama ini bisa bermacam-macam yang penting mudah dihubungi dan kamu selalu menggunakannya untuk komunikasi. Kontak yang sering di pasang pada kartu nama adalah nomor telepon, email dan kontak media sosial.

Tapi, kamu bisa memilih jenis kontak lain yang mungkin kamu miliki dan mudah orang lain hubungi saat mereka mendapatkan kartu nama kamu.

3. Alamat

Alamat juga termasuk jenis komponen penting yang harus ada pada sebuah kartu nama yang dibuat. Alamat akan menjadi identitas resmi sebuah kartu nama. Sebuah kartu nama harus dapat menunjukkan alamat pemilik kartu nama tersebut.

Alamat yang di cantumkan dalam kartu nama ini boleh menggunakan alamat kantor, ataupun menggunakan alamat rumah pemilik kartu nama. Namun yang paling umum digunakan adalah alamat kantor agar lebih resmi.

Alamat pada kartu nama akan mempermudah orang untuk menemukan kantor atau tempat pemilik kartu nama tersebut.

4. Logo da Web Perusahaan

Bagian terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah logo dan nama perusahaan. Pada dasarnya kedua komponen ini tidak memberikan informasi penting bagi orang yang membaca kartu nama. Namun kredibilitas perusahaan tergantung kepada kedua komponen ini.

Logo dan website akan menunjukan bahwa perusahaan tersebut memang merupakan perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi.

Ukuran Kartu Nama

Sebelum mulai belajar cara membuat kartu nama, alangkah baiknya kamu pahami dulu beberapa jenis ukuran kartu nama. Karena ternyata setiap negara di dunia memiliki ukuran kartu nama yang berbeda-beda loh. Mereka memiliki standar ukuran kartu nama tersendiri, begitu juga Indonesia.

Adapun beberapa jenis ukuran kartu nama yang digunakan di beberapa negara di dunia, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ukuran Standar Umum

Ukuran umum kartu nama yang digunakan mayoritas negara di dunia adalah 88 mm x 53 mm dan juga ukuran 90 mm x 55 mm.

2. Ukuran Nasional

Standar ukuran kartu nama Indonesia adalah 90 mm x 55 mm. Namun standar ini bukan hanya digunakan di Indonesia saja. Melainkan juga digunakan di beberapa negara lain seperti Australia, Selandia Baru, Vietnam, India, Colombia, Taiwan, Swedia, Norwegia, dan Demark.

3. Ukuran 89 mm x 51 mm

Amerika dan Belanda menggunakan ukuran kartu nama yang sama yaitu 89 mm x 51 mm.

4. Ukuran 85 mm x 55 mm

Negara Inggris, Spanyol dan negara Italia juga memiliki ukuran kartu nama yang sama yaitu 85 mm x 55 mm.

5. Ukuran 91 mm x 55 mm

Negeri sakura Jepang menggunakan ukuran kartu nama yang paling berbeda dari negara lainnya dan tidak ada satupun yang menyamai nya. Jepang menggunakan kartu nama dengan ukuran 91 mm x 55 mm.

6. Ukuran 90 mm x 54 mm

Ukuran ini digunakan di beberapa negara Asia diantaranya yaitu Cina, Hongkong, Singapura, dan Malaysia.

7. Ukuran 90 mm x 50 mm

Ukuran kartu nama ini hanya digunakan di 2 negara yaitu Hungaria dan juga Republik Ceko.

Jenis Kertas kartu nama

Setiap kartu nama tentunya dibuat dengan menggunakan jenis kertas yang berbeda. Jenis kertas yang berbeda akan menghasilkan kualitas kartu nama yang berbeda pula. Adapun beragam jenis kertas yang digunakan untuk membuat kartu nama diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kertas art paper

Art paper adalah salah satu jenis kertas yang paling banyak digunakan untuk pembuatan kartu nama. Kertas art paper ini memiliki permukaan yang halus, licin dan juga mengkilap. Kertas art paper memiliki beragam tingkat ketebalan, mulai dari yang 150 gram, 120 gram, 115 gram, 100 gram dan 85 gram.

2. Kertas art karton

Art karton adalah jenis kertas yang juga banyak digunakan dalam pembuatan kartu nama. Kertas art paper merupakan jenis kertas paling banyak digunakan karena akan memberikan kesan glosi pada kartu nama yang dibuat.

Art karton memiliki ketebalan 190 gram dan 400 gram. Tingkat ketebalan ini menjadikan kartu nama yang dibuatnya terlihat lebih bagus.

3. Kertas Blues White

Kertas yang satu ini memiliki permukaan yang halus dan memiliki lapisan serta bertekstur kaku. Namun sayangnya, kertas ini hanya bisa digunakan atau diberi tulisan pada satu bagian atau satu sisi saja. Bagian sebaliknya adalah bagian belakang yang tidak dapat digunakan untuk di cetak tulisan ataupun gambar.

4. Kertas Mohawk

Kertas mohawk adalah salah satu jenis kertas yang terbuat dari kertas daur ulang. Kertas ini sering digunakan juga untuk membuat kartu nama. Kertas mohawk memiliki ketebalan sekitar 104 gram hingga 234 gram. Kertas ini memiliki daya serap yang cukup bagus.

5. Kertas Linen Jepang

Walau namanya pakai nama Jepang, namun kertas ini adalah jenis kertas buatan lokal. Kertas ini sering sekali digunakan dalam pembuatan kartu nama. Kertas ini memiliki serat dan garis-garis khusus yang membuatnya cocok digunakan sebagai kertas untuk kartu nama.

6. Kertas Splendorgel

Kertas ini adalah salah satu jenis kertas yang sangat halus, putih dan teksturnya kaku. Permukaan halus pada kertas ini sangat cocok digunakan sebagai kertas kartu nama. Jika kamu ingin membuat blok warna pada kartu nama, gunakan kertas splendorgel adalah keputusan tepat.

Cara Membuat Kartu Nama yang Keren

Membuat kartu nama tidaklah sulit, kamu bisa membuatnya secara offline dengan menggunakan Microsoft Word ataupun membuatnya secara online dengan menggunakan situs Canva. Nah buat kamu yang belum pernah belajar membuat kartu nama, berikut adalah 2 cara yang bisa kamu gunakan:

1. Cara Membuat Kartu Nama di Word

Microsoft Word adalah perangkat pengolah kata, namun didalamnya terdapat beragam jenis fitur keren yang bisa digunakan untuk membuat kartu nama dengan mudah. Microsoft Word memiliki beberapa jenis template kartu nama yang bisa kamu unduh untuk membuatnya.

cara membuat kartu nama
Halaman Microsoft Word 2010 | Carapedi.id
cara membuat kartu nama
Halaman Microsoft Word | Carapedi.id
cara membuat kartu nama
Halaman Microsoft Word 2010 | Carapedi.id
cara membuat kartu nama
cara membuat kartu nama

Setelah kamu selesai mengedit semua data dalam template kartu nama tersebut, selanjutnya kamu tinggal simpan ke komputer. Klik file, pilih dan klik save as atau tekan tombol CTRL+S, pilih tempat penyimpanan lalu klik simpan.

2. Cara Membuat Kartu Nama Online di Canva

Canva merupakan situs desain grafis online terbaik yang ada di internet. Canva menawarkan beragam jenis desain grafis salah satunya adalah kartu nama. Kamu bisa buat kartu nama dengan beragam jenis layout dan desain sesuka hati kamu. Kamu bisa buat kartu nama untuk perusahaan, kampus, sekolah ataupun yang lainnya.

Berikut ini adalah tahapan dan langkah cara bikin kartu nama secara online dengan menggunakan situs canva, silahkan simak dengan baik:

cara membuat kartu nama
Halaman situs Canva | Carapedi.id
cara membuat kartu nama
Halaman Situs Canva | Carapedi.id
cara membuat kartu nama
Halaman Desain Kartu Nama di Canva | Carapedi.id
cara membuat kartu nama
Edit Teks Kartu Nama di Canva | Carapedi.id
cara membuat kartu nama
Fitur-Fitur yang Disediakan Canva untuk Desain Kartu Nama | Carapedi.id
cara membuat kartu nama
Halaman Unduh di Situs Canva | Carapedi.id

Setelah kamu selesai mengunduh kartu nama yang dibuat di canva, cara membuat kartu nama selanjutnya tinggal kamu cetak dengan menggunakan kertas yang kamu inginkan. Kamu bisa mencetak kartu nama ini dengan jenis kertas yang kamu inginkan. sangat mudah bukan? Cobain deh!

FAQ

Apakah membuat kartu nama di Canva Gratis?

Opsional, kamu bisa pilih desain template kartu nama yang gratis atau berbayar. Canva punya desain template kartu nama gratis dan berbayar.

Saya tidak bisa desain grafis, apa bisa buat kartu nama ini?

Bisa sekali, program Microsoft Word sangat mudah dipakai apalagi pakai Canva. Kamu hanya tinggal drag and drop saja.

Jenis kartu nama apa saja yang bisa dibuat?

Semua jenis kartu nama bisa kamu buat dengan 2 metode diatas. Kamu bisa buat kartu nama perusahaan untuk karyawan, kartu nama pribadi ataupun jenis kartu nama lainnya.