Panduan Cara Membuat Formulir Online di Google Forms

Panduan Cara Membuat Formulir Online di Google Forms

Google forms merupakan salah satu jenis layanan formulir online yang disediakan oleh Google. Formulir Google ini bisa digunakan untuk membuat kuisioner, ataupun digunakan untuk membuat formulir online lainnya. Cara membuat formulir online di Google forms tidaklah sulit. Artikel ini akan memandu anda membuatnya dengan baik.

Banyak orang yang memanfaatkan layanan formulir online gratis dari Google ini untuk berbagai kebutuhan. Cara membuatnya yang mudah dan layanannya yang gratis menjadi salah satu alasan orang memilih layanan ini.

Dengan fitur interface yang diberikan Google membuat formulir online menjadi semakin mudah saja.

Manfaat Google forms

Google forms memiliki banyak manfaat, terutama untuk orang yang memiliki kepentingan untuk membuat formulir online, baik untuk kuisioner, form pendaftaran online ataupun yang lainnya. Nah berbagai manfaat Google forms tersebut diantaranya adalah:

  1. Membuat kuisioner dengan mudah
  2. Formulir pendaftaran online
  3. Formulir survey
  4. Formulir kontak blog
  5. Formulir komplen di blog
  6. Dan lain lain

Sejarah lahirnya Google forms


 

Baca juga: Cara menggunakan google drive

Panduan cara membuat formulir online

Jika anda ingin membuat formulir pendaftaran online, survey ataupun membuat kuisioner, anda bisa memanfaatkan layanan Google forms.

Dengan fitur interface yang dimiliki oleh Googe forms, anda bisa dengan mudah membuat formulir yang anda inginkan. Jika anda ingin tahu lebih dalam cara buat formulir Google forms silahkan ikuti panduan pemula berikut ini.

A. Buat formulir online


 

cara membuat formulir online

Halaman google forms

cara membuat formulir online

cara membuat formulir online

cara membuat formulir online

Baca juga: Cara Bikin Ymail di hp dengan mudah

B. Tambahkan gambar


 

Selain ada banyak template formulir yang bisa anda gunakan, google forms juga menyediakan fitur gambar. Dimana dengan fitur ini anda bisa menambahkan berbagai jenis gambar yang anda miliki pada formulir yang anda miliki. Cara memasukkan gambar pada formulir online seperti ini:

cara membuat formulir online

C. Tambahkan video pada formulir online


 

Selain bisa menambahkan foto atau gambar, di google forms 2019 anda juga bisa menambahkan video pada formulir tersebut. Cara memasukkan video pada formulir sangat mudah, begini caranya:

cara membuat formulir online

D. Per cantik formulir online


 

Selain bisa membuat tampilan formulir yang cantik dengan berbagai template yang di sediakan Google forms anda juga bisa mempercantik tampilan form tersebut dengan fitur penyesuaian tema. Fitur ini berada di pojok kanan atas formulir Google forms.

Cara mempercantik tampilan formulir Google forms sangat mudah, berikut adalah caranya:

E. Kirim formulir online

Jika anda sudah selesai membuat formulir online, maka langkah selanjutnya adalah tinggal anda kirim atau publikasikan formulir online yang sudah anda buat tersebut. Cara kirim formulir online seperti ini:

cara membuat formulir online

Nah sampai disini cara membuat formulir online sudah selesai. Anda tinggal pilih salah satu opsi formulir yang akan anda gunakan.