Panduan Cara Daftar Internet Banking BRI Mudah & Lengkap

Panduan Cara Daftar Internet Banking BRI Mudah & Lengkap

Sebagai salah satu penyedia layanan perbankan di Indonesia Bank BRI turut serta memberikan layanan ter baiknya yang berbasis teknologi. Internet banking merupakan salah satu bukti layanan tersebut. Sebagai nasabah bank BRI, kita wajib tahu cara daftar internet banking BRI tersebut, untuk menikmati kualitas layanan nya. Degan adanya layanan internet banking ini, masyarakat tidak perlu repot - repot pergi ke bank untuk melakukan transaksi perbankan. Cukup dengan koneksi internet maka nasabah sudah bisa mengakses layanan bank BRI dimanapun dan kapanpun. Bagi sebagian orang, internet banking BRI ini mungkin sudah tidak asing lagi, bahkan sudah terbiasa menggunakannya. Namun, sebagian orang lainnya menganggap internet banking ini adalah sesuatu yang asing. Mengingat tidak semua orang pandai menggunakan internet sebagai sarana transaksi.

Apa itu Internet banking BRI?

Internet banking BRI adalah sebuah layanan transaksi perbankan yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia ( BRI ), yang bisa diakses melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat lunak browser pada komputer, laptop ataupun handphone. Dengan menggunakan layanan ini, anda tidak perlu cape antri di bank untuk melakukan transaksi. Anda hanya membutuhkan koneksi internet untuk mengakses dan melakukan transaksi perbankan. Dan hal tersebut bisa anda lakukan kapanpun dan dimanapun. Dengan adanya layanan internet banking memudahkan anda untuk tetap berinteraksi dan terhubung dengan bank BRI meskipun dari jarak yang sangat jauh sekalipun. Info keren lainnya: Cara sakti Bikin Email Yahoo di Laptop kamu dengan mudah.

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Internet Banking BRI?

Menggunakan layanan internet banking BRI memang tidak diwajibkan untuk semua nasabah bank BRI. Namun, sangat disarankan bagi anda yang banyak melakukan transaksi perbankan. Karena fitur - fitur yang ada di dalam Ibanking BRI ini akan bisa mempermudah transaksi perbankan anda. Selain alasan diatas, berikut adalah alasan lain kenapa anda harus menggunakan layanan Ibanking dari BRI:

  1. Sangat Aman.
    • Internet banking BRI sangat aman untuk digunakan karena menggunakan standar keamanan Internasional serta dilengkapi dengan teknologi yang canggih.
  2. Mudah Digunakan.
    • Halaman yang ada di dalam internet banking BRI dirancang dengan fitur yang mudah digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
    • Terdapat tombol "bantuan" untuk meminta petunjuk jika anda merasa kebingungan dengan fitur yang di sajikan. Nantinya anda akan dipandu untuk setiap langkah demi  langkah dalam melakukan transaksi.
    • Fitur nya mudah di baca sehingga orang awam pun mudah mempelajari nya.
  3. Bisa Diakses Kapanpun Dan Dimanapun.
    • Salah satu alasan lain kenapa Ibanking BRI ini disarankan bagi yang sering bertransaksi perbankan adalah mudahnya diakses kapanpun dan dimanapun. Sekalipun anda berada diluar kota yang jauh dari kantor BRI, maka Ibanking BRI masih tetap bisa anda akses.
    • Selama masih ada jaringan internet, meski anda berada ditengah lautan sekalipun anda tetap bisa mengakses Ibanking BRI.
    • Selama 7 hari dan 24 jam non stop anda bisa melakukan transaksi cek saldo, transfer dan lain sebagainya kapanpun dan darimana pun.
  4. Lebih Hemat Biaya Dan waktu.
    • Dengan Menggunakan Internet Banking BRI anda tidak perlu mengunjungi kantor cabang BRI untuk bertransaksi.

Syarat dan Ketentuan Cara Daftar Internet Banking BRI

Sebelum anda mengetahui Cara daftar internet banking BRI, ada hal lain yang tak kalah penting yang harus anda ketahui sebelum anda mendaftar Ibanking BRI. Apakah itu?, yaitu syarat dan ketentuan Internet banking BRI. Berikut ini syarat dan ketentuan internet banking BRI:

  1. Anda merupakan nasabah bank BRI.
  2. Anda memiliki simpanan aktif di bank BRI baik itu tabungan BRITAMA, tabungan simpedes, tabungan giro atau tabungan BRI junior.
  3. Daftar internet banking BRI, baik melalui ATM ataupun datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat.
  4.  Setelah registrasi dilakukan maka selanjutnya anda harus:
    • Mengganti password Ibanking yang sebelumnya di daftarkan di mesin ATM dengan password lain yang terdiri dari 8-12 karakter.
    • Mendaftar menggunakan email yang aktif untuk  menerima laporan transaksi Ibanking ataupun transaksi lainnya.
    • Agar bisa melakukan transaksi finansial seperti transfer dan lain sebagainya, anda harus melakukan Aktivasi mtoken ke kantor cabang BRI terdekat.
  5. Terkait dengan transaksi:
    • Nasabah pengguna Ibanking BRI harus benar-benar memastikan keakuratan serta valid nya data yang di input. Bank BRI tidak bertanggung jawab atas kesalahan data yang di akibatkan oleh kelalaian pengguna internet banking BRI.
    • Sebelum transaksi dikirim, pengguna Ibanking BRI memiliki kesempatan untuk memeriksa kembali data yang di input dan memastikan kebenarannya sebelum melakukan persetujuan transaksi. Apabila didapati kesalahan data yang di input maka nasabah pengguna ibanking BRI bisa membatalkan transaksi dan mengulangi nya dari awal.
    • Setelah data transaksi yang di input dirasa sudah benar, maka nasabah bisa langsung mengkonfirmasi transaksi tersebut. Sebagai tanda persetujuan nasabah harus memasukan nomor mtoken dan pasword Ibanking BRI.
  6. Setelah transaksi di konfirmasi dan disetujui oleh nasabah maka tidak bisa dibatalkan.
  7.  Terkecuali untuk transaksi berkala nasabah masih bisa membatalkan transaksi dengan mengotoriasi pembatalan transaksi menggunakan mtoken. Namun hal ini hanya bisa dilakukan dalam tempo 1 hari sebelum tanggal efektif berlaku.
  8.  Nasabah wajib memastikan saldo dalam rekening mencukupi.

Langkah - Langkah Cara Daftar Internet Banking BRI

Cara daftar Internet banking BRI ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Namun, jika anda tidak mau antri di bank, anda bisa daftar melalui mesin ATM.

Cara Daftar Internet Banking BRI Melalui Kantor Cabang BRI

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendaftar internet banking BRI adalah dengan mengunjungi kantor cabang bank BRI terdekat. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Sebelum datang ke kantor cabang BRI anda harus membawa beberapa berkas yang dibutuhkan diantaranya:
    • Kartu tanda penduduk ( KTP ).
    • Kartu ATM.
    • Buku tabungan.
    • Nomor handphone yang aktif.
    • Email yang aktif.
  2. Setelah data diatas lengkap, silahkan anda datang ke kantor cabang BRI terdekat di kota anda.
  3. Ambil nomor antrean ke customer services ( CS ).
  4. Setelah menghadap Customer Services ( CS ) sebutkan maksud dan tujuan anda untuk mendaftar internet banking BRI.
  5. Anda akan diberikan formulir untuk di isi.
  6. Silahkan lengkapi formulir tersebut sesuai dengan data yang telah anda persiapkan sebelumnya.
  7. Jika formulir tersebut sudah selesai di isi serahkan kepada CS.
  8. Tunggu sampai proses registrasi di customer service selesai.

Tips keren: Cara Daftar dan bikin akun Gmail.

Cara Daftar Internet Banking BRI Melalui Mesin ATM

Cara daftar internet banking BRI yang kedua adalah dengan daftar melalui mesin ATM BRI. Caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan kartu ATM BRI anda.
  2. Datang ke ATM BRI terdekat, jangan lupa bawa kartu ATM BRI nya ya.
  3. Masukan kartu ATM anda ke mesin ATM.
  4. Masukan PIN ATM.
  5. Pilih menu registrasi.
  6. Pilih menu internet banking BRI.
  7. Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan 6 digit nomor PIN baru.
  8. Selanjutnya anda akan diminta kembali memasukkan 6 digit nomor PIN yang sama dengan yang barusan anda input.
  9. Jika proses pendaftarannya berhasil maka akan keluar struk dari mesin ATM berupa data Ibanking anda. Di dalam struk tersebut terdapat User id Ibanking anda.

Selanjutnya aktifkan Internet banking...................

Nah, sampai disini proses pendaftaran Ibanking sebenarnya telah selesai. Tinggal anda login ke Ibanking BRI, caranya sebagai berikut:

  1. Buka halaman login BRI.
  2. Setelah halaman login BRI terbuka, anda akan dihadapkan dengan beberapa menu di dalamnya. Yang harus anda lakukan adalah mengisi kolom login untuk masuk ke akun anda. Lihat disebelah kiri ada menu login dan 3 kolom kosong untuk login. Silahkan isi kolom tersebut dengan: [caption id="attachment_1442" align="aligncenter" width="315"]Cara Daftar Internet Banking BRI Gambar Login BRI | carapedi.id[/caption]
    1. User name : Di isi dengan user id yang anda dapatkan ketika registrasi di ATM.
    2. Password : Di isi dengan nomor PIN yang tadi anda input ketika pendaftaran di ATM.
    3. Validation : Di isi dengan nomor validasi yang tertera disamping kolom tersebut.
  3. Silahkan anda masukan user id dan password yang tadi anda dapatkan ketika mendaftar di mesin ATM. Contohnya bisa anda lihat seperti pada gambar berikut ini: [caption id="attachment_1444" align="aligncenter" width="323"]Cara Daftar Internet Banking BRI Gambar Login BRI | carapedi.id[/caption]
  4. Setelah semua kolom terisi, klik tombol masuk seperti pada gambar no. 4 di atas.
  5. Kemudian anda akan dihadapkan dengan halaman persetujuan. Baca persetujuan tersebut, jika anda setuju klik tombol "saya setuju".
  6. Pada halaman berikutnya anda akan disuruh untuk merubah password yang sebelumnya anda buat ketika pendaftaran di mesin ATM. Silahkan buat password baru dengan kombinasi angka dan huruf. Gunakan password yang mudah anda ingat namun, sulit untuk ditebak orang lain. Saran admin jangan gunakan password dengan tanggal lahir. Cari kata yang paling mudah anda ingat tapi sulit di tebak orang. Kemudian kombinasi kan dengan angka.
  7.  Selain diminta merubah password, pada bagian ini anda juga diminta untuk memasukkan alamat email. Alamat email ini, akan digunakan untuk laporan transaksi Internet banking anda.
  8. Setelah itu kemudian klik "simpan".
  9. Selamat Internet banking BRI anda sudah bisa di gunakan.

Cara Daftar Dan Aktivasi Token Internet Banking BRI

Untuk dapat melakukan transaksi finansial di internet banking BRI, maka anda membutuhkan mtoken.

Apa itu mtoken BRI?

Mtoken adalah sekumpulan angka yang berfungsi sebagai pengaman transaksi finansial internet banking BRI, seperti transfer uang, pembayaran tagihan dan pembelian. Mtoken ini harus anda input setiap kali anda akan melakukan transaksi finansial di internet banking BRI. Nomor kode mtoken akan dikirim ke nomor handphone anda yang terdaftar di internet banking BRI anda.

Bagaimana Cara Daftar  dan Aktivasi mtoken BRI?

Jika sebelumnya anda menggunakan cara daftar internet banking BRI dengan datang langsung ke kantor BRI.  Maka anda bisa langsung meminta customer services ( CS ) BRI untuk mengaktifkan mtoken BRI anda. Anda hanya perlu:

Daftar mtoken BRI:

  1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat.
  2. Bawa KTP dan buku tabungan untuk kelengkapan administrasi.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan menyertakan nomor handphone serta alamat email yang aktif.
  4. Serahkan formulir pendaftaran kepada customer services BRI.
  5. Tunggu proses pendaftaran sampai selesai.

Aktivasi mtoken BRI:

Setelah proses pendaftaran mtoken BRI selesai, sekarang tinggal anda Aktivasi. Caranya sebagai berikut:

  1. Login ke Ibanking BRI.
  2. Masukan user name dan password yang diberikan ketika pendaftaran.
  3. Pilih dan klik pada menu "aktivasi mtoken".
  4. Anda akan menerima SMS nomor Aktivasi mtoken, silahkan input nomor Aktivasi tersebut pada kolom yang telah disediakan.
  5. Klik tombol "kirim".

Setelah mtoken anda aktif, anda bisa melakukan berbagai transaksi finansial dengan Internet banking BRI.

Fitur - Fitur Internet Banking BRI

[caption id="attachment_1446" align="aligncenter" width="696"]Cara Daftar Internet Banking BRI Gambar Fitur - Fitur Internet Banking BRI | carapedi.id[/caption] Internet banking BRI mampu membantu penggunanya dalam mempermudah transaksi finansial perbankan kapanpun dan dimanapun. Berbagai jenis transaksi perbankan bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan menggunakan Ibanking BRI. Hal ini sangat dimungkinkan karena fitur - fitur yang disediakan didalam internet banking BRI sangat lengkap. Berikut adalah fitur - fitur yang ada dalam Ibanking BRI:

  1. Fitur Rekening

Pada menu "rekening" anda bisa melihat informasi seputar rekening anda, berupa:

  1. Fitur Transfer

Pada menu transfer anda bisa bisa melakukan berbagai transaksi finansial seperti:

  1. Fitur Pembayaran

Menu ini berisi informasi yang berkaitan dengan pembayaran. Disini anda bisa mengirim dan menerima pesan  ke/dari bank BRI.

  1. Fitur Pembelian

Pada menu ini anda bisa melakukan transaksi finansial berupa  pembelian:

  1. Fitur Layanan

Pada menu layanan anda bisa mengakses:

  1. Fitur Management

Pada menu ini anda bisa mengatur akun internet banking anda. Diantaranya seperti:

Berhenti Menggunakan Layanan Internet Banking BRI

Jika setelah beberapa bulan anda menggunakan internet banking BRI lalu anda ingin menonaktifkan nya. Maka anda bisa melakukan permohonan kepada bank BRI dengan cara:

  1. Datang langsung ke kantor cabang BRI.
    • Isi formulir permohonan penutupan internet banking BRI.
    • Tunggu prosesnya sampai selesai.
  2. Menelpon call center BRI di nomor 14017.

Internet banking BRI ini akan diberhentikan oleh bank BRI apabila:

  1. Nasabah pengguna layanan internet banking BRI melakukan permohonan secara tertulis kepada bank BRI.
  2. Bank BRI menerima laporan dari nasabah pengguna internet banking BRI berupa lisan ataupun tulisan dalam hal ini dilakukan melalui verifikasi data, yang di duga karena ada orang lain yang mengetahui user name dan password internet bankingn ya.

Anda tidak perlu khawatir, karena setelah internet banking BRI anda dinonaktif kan anda tetap bisa mengaktifkan nya kembali dengan cara daftar internet banking BRI ulang baik melalui ATM ataupun datang langsung ke kantor cabang BRI.