Panduan Cara Daftar dan Membuat Akun Google Scholar

Panduan Cara Daftar dan Membuat Akun Google Scholar

Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir, kamu tentu harus tahu bagaimana cara membuat akun google scholar untuk jurnal Indonesia. Hal ini berkaitan dengan tugas akhir masa perkuliahan yaitu skripsi.

Google scholar merupakan sebuah website jurnal internasional yang memiliki banyak sekali penulis yang menerbitkan karya ilmiahnya disana. Jika kamu memang sedang mencari referensi untuk karya ilmiah yang sedang kamu kerjakan, maka carilah di Google scholar.

Kamu bisa mencari referensi yang paling relevan dengan karya ilmiah yang sedang kamu kerjakan.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan

Sebelum kamu daftar membuat akun Google scholar, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelumnya.

Syarat utama yang harus kamu persiapkan adalah sebuah email edu yang sudah terverifikasi dengan ekstensi domain .ac.id, .or.id atau .org.

Alamat email ini harus kamu masukkan pada saat kamu mengisi formulir profil akun Google Scholar. Jika kamu tidak memiliki email ini maka akun kamu akan di tolak dan tidak bias di verifikasi.

Selain email edu, kamu juga harus memiliki sebuah akun Gmail. Akun Gmail ini digunakan untuk pertama kali login ke Google scholar. Jika kamu belum memiliki akun Gmail, silahkan buat dulu. Cara membuatnya bisa baca panduan buat email disini.

Cara membuat akun google scholar

Nah kali ini tim carapedi.id akan memberikan panduan cara daftar Google Scholar dengan mudah. Untuk kamu yang saat ini memang sedang mencari panduan nya silahkan baca selengkapnya di artikel ini.

cara membuat akun google scholar

Halaman depan situs Google Searhcolar

cara membuat akun google scholar

Halaman formulir profil Google Searholar

cara membuat akun google scholar

Halaman artikel di Google scholar

cara membuat akun google scholar

Halaman setelan Google Scholar

cara membuat akun google scholar

Halaman profil akun Google scholar

Cara menggunakan google scholar

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa Google Scholar berisi tentang karya ilmiah yang di terbitkan oleh para penulis karya tersebut ke Google Scholar.

Jika kamu ingin menemukan berbagai karya ilmiah para penulis karya ilmiah tersebut maka cara menggunakannya sangat mudah.

Fungsi profil Google Scholar

Mungkin diantara kamu yang membaca artikel ini ada yang bertanya, apa sih sebenarnya fungsi dari profil akun Google scholar?. Pada dasarnya akun Google Scholar adalah profil dari penulis yang menerbitkan karya ilmiah di Google Scholar. Tentu ada banyak fungsinya:

Nah sampai disini panduan cara membuat akun google scholar sudah selesai. Kamu hanya tinggal menerbitkan karya ilmiah yang sudah kamu buat.

Jika karya ilmiah kamu tersebut terindeks oleh Google Scholar dan dijadikan sebagai sumber referensi karya ilmiahnya maka kamu pasti akan merasa bangga.