Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2019 Terbaru

Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2019 Terbaru

Daftar BPJS kesehatan online merupakan cara registrasi menjadi anggota atau peserta BPJS dengan sistem online yaitu melalui situs resmi BPJS kesehatan. Hal ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin registrasi menjadi anggota, namun tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke kantor BPJS.

Sesuai dengan ketentuan pemerintah yang terkandung dalam undang-undang nomor 24 Tahun 2011. Tentang badan penyelenggara jaminan sosial. Disebutkan bahwa BPJS merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. Sehingga dalam mengemban tugasnya lembaga ini diharapkan mampu menjaga serta meningkatkan kesehatan  seluruh masyarakat Indonesia secara merata tanpa terkecuali. Maka dari itu cara daftar BPJS kesehatan secara online ini wajib diketahui oleh masyarakat umum, untuk menunjang pemerataan kesehatan.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online 2019

Pada dasarnya untuk mendaftar menjadi anggota BPJS kesehatan dapat dilakukan dengan 2 cara. Yaitu daftar secara offline dengan datang langsung ke kantor BPJS atau daftar secara online melalui situs resmi BPJS. Nah yang akan dibahas carapedi kali ini adalah opsi  kedua yaitu daftar secara online ke situs resmi BPJS.

Kenapa harus yang online? alasannya karena cara ini secara fungsi sama dengan datang langsung ke kantor BPJS, hanya saja caranya dilakukan secara online. Cara ini terasa lebih efektif karena tidak perlu repot - repot antri di loket pendaftaran BPJS.

Sebelum melakukan registrasi ada beberapa berkas yang mesti dipersiapkan terlebih dahulu. Diantaranya:

Jika semua berkas sudah dipersiapkan silahkan ikuti langkah - langkah pendaftarannya berikut ini.

Langkah - langkah daftar BPJS kesehatan online

Untuk daftar menjadi anggota BPJS kesehatan ada beberapa langkah dan prosedur yang mesti anda lakukan diantaranya:

1. Buka situs resmi BPJS kesehatan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs BPJS kesehatan. Nah, didalam situs tersebut anda akan menemukan berbagai menu dan sub menu informasi yang telah disediakan. Seperti contoh, lihat gambar

Daftar BPJS kesehatan online

Daftar halaman situs resmi BPJS kesehatan

2. Setelah itu anda klik pada menu layanan

3. Kemudian akan muncul daftar sub menu anda pilih dan klik "pendaftaran peserta". Lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar berikut:

Daftar BPJS kesehatan online

Klik menu pendaftaran peserta

4. Anda akan dibawa ke halaman pendaftaran. Sebelum anda lanjutkan mendaftar silahkan baca dulu syarat dan ketentuan penggunaan layanan BPJS kesehatan ini. Berikut syarat dan ketentuan penggunaannya:

Lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar berikut ini:

Daftar BPJS kesehatan online

Syarat dan ketentuan pendaftaran BPJS kesehatan

5. Jika semua syarat daftar BPJS sudah anda baca, klik setujui.

6. Kemudian klik pada tombol pendaftaran

7. Anda akan dibawa ke halaman pendaftaran peserta. Lebih jelasnya lihat gambar:

Daftar BPJS kesehatan online

Form Pendaftaran peserta BPJS Kesehatan

8. Untuk mengisi form pendaftaran peserta ikuti langkah berikut

Langkah -Langkah Pengisian Form Daftar BPJS kesehatan online

Bagaimana? cara daftar BPJS kesehatan online ini tidak sulit bukan?. Silahkan anda coba dan buktikan sendiri. Jangan lupa like, komen dan syare ke teman, keluarga atau sahabat jika menurut anda artikel ini bermanfaat.

Jika ada masukan atau pertanyaan anda bisa langsung menghubungi kontak kami.