Mudah! Begini Cara Membuat Struktur Organisasi di Word

Mudah! Begini Cara Membuat Struktur Organisasi di Word

Anda ingin membuat struktur organisasi? Kini tidak perlu khawatir, karena microsoft Word sudah menyediakan fitur SmartArt. Dengan fitur SmartArt ini maka cara membuat struktur organisasi menjadi lebih mudah di kerjakan, anda cukup dengan drag and drop saja.

Fitur ini sengaja dibuat oleh microsoft untuk membantu mempermudah pengguna microsoft Word untuk membuat struktur organisasi. Baik untuk organisasi di sekolah maupun yang lainnya.

Pengertian struktur organisasi

Secara definisi struktur organisasi bisa di artikan sebagai susunan unit kerja pada organisasi tertentu baik organisasi dalam masyarakat, instansi, lembaga pendidikan, sekolah, ataupun organisasi lainnya.

Dengan menggunakan struktur organisasi, maka setiap anggota dapat melihat dengan jelas kepada siapa dia bertanggung jawab dan kepada siapa dia berhak memberi komando.

Dalam struktur organisasi di jelaskan secara singkat apa fungsi, tugas dan jabatan masing-masing orang dalam organisasi tersebut. Sehingga dapat dengan mudah bekerjasama antara satu pihak dengan pihak lainnya.

Fungsi dan manfaat struktur organisasi

Struktur organisasi sudah sejak lama di gunakan di berbagai organisasi di Indonesia. Bicara soal fungsi dan manfaat dari struktur organisasi jelas memiliki banyak sekali manfaat terutama dalam kelangsungan kehidupan organisasi.

Nah, beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Langkah-langkah cara membuat struktur organisasi

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk membuat struktur organisasi, seperti dengan menggunakan power point atau microsoft excel. Namun cara membuat struktur organisasi di power point dan excel lebih rumit ketimbang menggunakan microsoft Word.

Karena seperti yang kita tahu, membuat struktur organisasi adalah bagian dari pengelolaan kata, yang sudah pasti aplikasi yang paling tepat digunakan adalah microsoft Word.

Nah, jika anda belum tahu bagaimana cara membuat struktur organisasi kelas yang menarik ataupun struktur organisasi lainnya silahkan anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

A. Buat dan pilih tampilan struktur organisasi

cara membuat struktur organisasi

Perhatikan pada kumpulan menu ilustrations

cara membuat struktur organisasi

Ini adalah halaman "chose a SmartArt Graphic"

cara membuat struktur organisasi

Tampilan awal struktur organisasi "hierarchy"

B. Desain struktur organisasi

Setelah bentuk struktur organisasi anda pilih, maka langkah selanjutnya adalah memodifikasi struktur organisasi tersebut. Caranya saya uraikan di bawah:

cara membuat struktur organisasi

Tampilan struktur organisasi setelah di masukkan nama setiap jabatannya

cara membuat struktur organisasi

Perhatikan pada titik 3 di sisi atas, bawah dan kanan, tempatkan kursor pada titik tersebut dan tarik untuk merubah ukurannya

cara membuat struktur organisasi

klik segitiga samping kanan smartart style

cara membuat struktur organisasi

Pilih SmartArt yang di inginkan

C. Menambahkan kotak struktur organisasi

Secara default, microsoft Word hanya akan menampilkan 5 kotak saja saja pada struktur organisasi nya. Nah jika kotak tersebut kurang maka silahkan anda tambah dengan cara seperti ini:

D. Simpan struktur organisasi

Nah jika cara membuat struktur organisasi perusahaan atau sekolah ini sudah selesai, maka langkah selanjutnya tinggal anda simpan dan print. Simpan file tersebut dengan cara: