Mengenal Apa Itu Premi Asuransi dan Polis Asuransi [Lengkap]

Mengenal Apa Itu Premi Asuransi dan Polis Asuransi [Lengkap]

Jika kamu menggunakan layanan asuransi, kamu pasti akan menemukan istilah premi asuransi dan polis asuransi. Kedua istilah ini saling berkaitan satu sama lainnya. Tapi, jika kamu belum pernah menggunakan layanannya, kamu tentu akan bingung apa itu premi asuransi dan polis asuransi.

Jika kamu baru pertama kali atau baru berencana akan menggunakan layanan asuransi, maka kamu harus paham terlebih dahulu istilah ini. Karena 2 istilah ini akan bersangkutan langsung dengan layanan asuransi yang kamu gunakan.

Apa Itu Premi Asuransi?

Premi asuransi menurut pengertiannya memiliki beberapa arti yang berbeda. Baik menurut para ahli ataupun istilahnya, premi asuransi diartikan dengan arti berbeda-beda. Kendati demikian, tujuannya tetap saja sama.

Pengertian Premi Asuransi Berdasarkan Istilah:

Menurut istilah, premi asuransi merupakan tanggungan biaya yang menjadi kewajiban pengguna layanan asuransi (kamu) yang harus dibayar sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Biasanya pembayaran premi asuransi ini harus dibayarkan setiap satu bulan sekali sesuai dengan kesepakatan saat pendaftaran. Sedangkan besarnya tergantung dari jenis layanan asuransi yang digunakan.

Pengertian Premi Asuransi Menurut Para Ahli:

Para ahli memiliki pengertian premi yang berbeda-beda, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Juli Irmayangto dan kawan-kawan, premi merupakan sesuatu yang diberikan sebagai hadiah atau sesuatu yang dibayarkan secara ekstra yang berfungsi sebagai pendorong atau perancang
  2. Subagyo, premi adalah uang yang di bayarkan oleh ter tanggung kepada pihak penanggung dalam hal ini adalah perusahaan asuransi yang telah di tentukan dengan cara-cara tertentu
  3. Soeisno Djojo Soedarso, premi adalah pembayaran dari pihak ter tanggung kepada penanggung sebagai imbalan jasa pengalihan risiko

Pengertian Premi Asuransi Menurut Wikipedia:

Menurut Wikipedia, premi asuransi merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan per setiap bulannya dari pihak ter tanggung kepada pihak penanggung atas ke ikut sertaannya sebagai anggota asuransi.

Pengertian Premi Asuransi Dalam Akuntansi:

Dalam ilmu akuntansi, premi disebut dengan jenis pembayaran dari pihak ter tanggung kepada pihak penanggung dengan sejumlah uang menurut manajemen yang telah di tentukan dan disepakati bersama. Menurut istilahnya, premi ini adalah uang yang diberikan dari orang yang menggunakan jasa asuransi kepada perusahaan asuransi.

Fungsi Premi Asuransi

Dalam dunia asuransi, premi ini termasuk salah satu bagian tak terpisahkan bahkan menjadi komponen penting dari asuransi itu sendiri. Keberadaan premi asuransi ini sangat penting sekali.

Bahkan boleh dikatakan sebagai nyawa dari kehidupan asuransi itu sendiri. Kamu bisa nyaman menggunakan asuransi dan bisa mendapatkan bantuan dari pihak asuransi, karena kamu membayar asuransi.

Adapun beberapa fungsi premi asuransi itu sendiri, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyetorkan dana untuk pertanggungan kita sebagai anggota
  2. Untuk mengganti kerugian yang diderita nasabah
  3. Mengembalikan kondisi nasabah yang alami kerugian
  4. Pergantian kerugian financial

Secara sederhananya, fungsi asuransi ini adalah untuk mengganti kerugian yang kita alami saat mengalami kerugian tak terduga. Karena dana yang kita setorkan ke pihak asuransi akan dikembalikan kepada kita untuk pergantian kerugian yang dimaksud.

Komponen Premi Asuransi

Premi asuransi dipengaruhi oleh beberapa komponen, di antaranya seperti:

  1. Mortalitas (Mortality): Usia anggota asuransi yang akan menentukan mahal atau murahnya biaya premi, biasanya semakin tua akan semakin mahal
  2. Biaya (Expense): Perhitungan biaya yang akan dikeluarkan pihak asuransi untuk tertanggung (kamu) atau perkiraan biaya kasar untuk pergantian kerugian yang akan dikeluarkan pihak asuransi
  3. Investasi (Investation): Sebagian biaya premi yang disetorkan ke pihak asuransi adalah berupa investasi
  4. Kemungkinan (Contingency): Perhitungan biaya-biaya tak terduga

Komponen premi asuransi ini akan mempengaruhi berapa nilai premi yang harus dibayarkan oleh seorang nasabah asuransi. Besar kecilnya, tergantung dari seberapa besar hasil perhitungan komponen asuransinya.

Apa Itu Polis Asuransi?

Jika kamu sudah mengenal apa itu premi asuransi, maka kamu juga pasti akan mengenal polis asuransi. Keduanya saling berkaitan antara satu dan lainnya. Lalu apa itu polis asuransi?

Pengertian Polis Asuransi Menurut Istilah:

Polis asuransi merupakan kontrak tertulis antara pihak perusahaan asuransi (penanggung) dengan nasabah atau pengguna asuransi (ter tanggung) sesuai dengan kontrak perjanjian.

Di mana dalam isi perjanjian tersebut adalah berupa peralihan segala bentuk risiko dari pihak ter tanggung ke pihak penanggung dalam waktu dan syarat-syarat tertentu.

Pengertian Polis Asuransi Menurut Para Ahli:

  1. Abdulkadir Muhammad, Polis asuransi berguna sebagai alat bukti tertulis tentang perjanjian kedua belah pihak, yaitu pihak tertanggung dan pihak penanggung
  2. Mustakim, Polis asuransi merupakan sertifikat atau dokumen perjanjian antara pihak asuransi dan nasabah atas kesepakatan penggunaan layanan asuransi dengan yang bertuliskan hak dan kewajiban baik dari pihak nasabah sebagai tertanggung maupun pihak asuransi sebagai penanggung

Pengertian Polis Asuransi Menurut Wikipedia:

Polis asuransi merupakan bukti kontrak perjanjian tertulis antara kedua belah pihak dalam asuransi yaitu pihak penanggung dengan pihak tertanggung, yang berisi hak dan kewajiban antara kedua belah pihak.

Fungsi Polis Asuransi

Jika kamu merupakan seorang pengguna atau calon pengguna layanan asuransi baik asuransi kesehatan, jiwa ataupun yang lainnya. Maka kamu bukan hanya harus tahu apa itu premi asuransi dan polis asuransi saja, melainkan juga fungsi dari polis asuransinya.

Fungsi Polis asuransi ini dibagi 2, yaitu fungsinya untuk pihak penanggung atau pihak asuransi dan pihak tertanggung atau pihak nasabah.

Fungsi Polis Asuransi Bagi Perusahaan Asuransi (pihak penanggung):

  1. Sebagai alat bukti atau tanda terima premi asuransi yang dibayarkan nasabah
  2. Bukti tertulis perjanjian yang diberikan dan disepakati bersama dengan pihak nasabah atas layanan dan pergantian kerugian
  3. Dapat menjadi bukti otentik untuk menolak tuntutan klaim atau ganti rugi yang diajukan nasabah jika tidak memenuhi syarat polis yang dimiliki

Fungsi Polis Asuransi Bagi Nasabah (pihak tertanggung):

  1. Sebagai alat bukti jaminan penanggungan dari berbagai risiko dan pergantian kerugian yang dialami nasabah, besar kecilnya pergantian kerugian tertulis di polis perjanjian
  2. Sebagai bukti pembayaran premi yang diberikan kepada pihak perusahaan asuransi sebagai penanggung
  3. Menjadi bukti otentik untuk melakukan klaim asuransi atau tuntutan bagi penanggung, jika lala atau tidak memberikan jaminan pergantian sebagaimana perjanjian yang tertuang dalam polis asuransi

Contoh Premi Asuransi

Premi asuransi adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh nasabah atau pengguna layanan asuransi. Setiap jenis asuransi memiliki besaran premi yang berbeda-beda, adapun contoh premi asuransi, di antaranya adalah:

  1. Premi asuransi demam berdarah yang harus dibayar sebesar Rp.50.000 setiap 1 tahun sekali di beberapa perusahaan asuransi
  2. Premi asuransi jiwa untuk usia 35 tahun yang harus dibayarkan sebesar Rp.87.500 setiap bulan, dan
  3. Lain-lain

Nah itulah sedikit penjelasan tentang apa itu premi asuransi dan polis asuransi, fungsi dan komponen serta contohnya. Sampai sini apa kamu sudah paham? Kamu bisa konsultasi langsung dengan pihak perusahaan asuransi jika ingin tahu lebih lanjut.