7 Manfaat Daun Kelor dari Hal Gaib, Kanker Hingga Ibu Hamil

By

Di kampung halaman saya, daun kelor banyak di manfaatkan untuk mengatasi hal-hal gaib. Namun siapa sangka, ternyata hasil penelitian medis menyatakan bahwa ada banyak manfaat lain yang terkandung dalam daun kelor ini.

Orang desa mengenal daun kelor sebagai tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengatasi hal-hal gaib seperti mengusir jin, menghilangkan ilmu hitam, guna-guna dan lain sebagainya.

Selain itu, daun kelor juga biasa di konsumsi sebagai sayuran atau lalapan yang nikmat bersama dengan nasi dan sambal. Hanya saja tidak semua orang menyukai nya.

Namun siapa sangka, ternyata dari beberapa studi dan hasil riset menunjukkan bahwa ternyata ada banyak sekali manfaat daun kelor baik untuk kesehatan, kecantikan ataupun yang lainnya.

Daun kelor memiliki berbagai vitamin dan nutrisi yang lengkap dan tinggi bahkan lebih tinggi dari berbagai buah dan tumbuhan lainnya. Sehingga banyak sekali ahli kesehatan dan kecantikan yang menganjurkan untuk mengkonsumsinya.

Dalam dunia medis daun kelor banyak di gunakan dan di manfaatkan untuk wanita hamil, menjaga kesehatan rahim, untuk anak, atasi diabetes, kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Sedangkan dalam dunia kecantikan daun kelor banyak dimanfaatkan untuk perawatan wajah agar tetap fresh, terhindar dari jerawat serta menghilangkan flek hitam dan membuat wajah tetap cerah dan halus.

Nah buat kamu yang ingin tahu lebih banyak khasiat dari daun kelor, berikut ini sudah saya rangkum beberapa manfaatnya. Biar gak makin penasaran yuk simak ulasannya.

1. Manfaat Daun Kelor untuk Rahim

manfaat daun kelor
Ilustrasi wanita hamil

Nah buat wanita hamil, daun kelor ternyata memiliki khasiat yang luar biasa loh. Jika kamu sedang atau punya saudara yang tengah hamil, wajib banget di rekomendasi’in untuk mengkonsumsi daun kelor.

Daun kelor termasuk kedalam golongan super food atau makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Daun kelor memiliki nutrisi yang tinggi sehingga sangat bagus untuk kesehatan rahim ibu yang sedang hamil.

Beberapa khasiat daun kelor untuk ibu hamil atau untuk kesehatan rahim diantaranya adalah sebagai berikut:

– Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Daun kelor memiliki nutrisi yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam daun kelor adalah protein, vitamin B6, vitamin C, zat besi, riboflavin, vitamin A dan magnesium serta asam amino dan antioksidan.

Beragam nutrisi yang terkandung dalam daun kelor ini tentu sangat bagus sekali untuk ibu hamil. Dengan mengkonsumsi daun kelor maka rahim ibu hamil akan jauh lebih sehat.

– Menghindari Cacat Bayi Dalam Kandungan

Dalam daun kelor terkandung asam askorbat, flavonoid dan polifenol. Zat ini dapat mencegah terjadinya kerusakan DNA pada janin. Sehingga janin akan tetap terlindungi dengan baik.

Maka dari itu, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi daun kelor ini secara rutin dengan takaran yang pas sesuai dengan kebutuhan nutrisi nya.

– Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seorang wanita yang tengah hamil biasanya akan mudah merasa lelah. Hal ini dimungkinkan karena beban tubuhnya yang meningkat. Maka dari itu, penting sekali menjaga stamina dan daya tahan ibu hamil.

Untuk menjaga stamina dan kebugaran ibu hamil, daun kelor bisa menjadi alternatif yang tepat. Antioksidan dalam daun kelor dapat menjaga dan membuat tubuh ibu hamil supaya tetap sehat dan bugar.

– Mencegah Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional adalah sebuah masalah kesehatan yang terjadi pada saat hamil. Jenis diabetes ini dapat mengganggu kinerja sel yang dapat meningkatkan gula darah. Hal ini akan mengganggu kondisi ibu hamil dan janin nya.

Daun kelor memiliki antioksidan dan berbagai vitamin yang tinggi yang dapat mengatasi diabetes gestasional dengan baik.

– Mencegah Sel Kanker

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa daun kelor memiliki antioksidan tinggi. Bahkan menurut penelitian, kandungan antioksidan dalam daun kelor ini lebih tinggi dari pada antioksidan dalam bawang putih, anggur merah dan teh hijau.

Zat antioksidan ini dapat menjadi obat untuk mencegah sel kanker dengan efektif. Disamping itu, daun kelor juga dapat mempercepat regenerasi sel DNA serta mencegah kerusakan sel tubuh dan janin ibu hamil. Sehingga sel kanker pada ibu hamil diatasi dengan baik.

– Menjaga Kualitas Tidur Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dari pada orang biasa. Ditambah lagi kondisi ibu hamil memang mengharuskannya lebih banyak istirahat ketimbang bergerak untuk menjaga kandungannya.

Daun kelor dapat membantu ibu hamil untuk mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik. Asam amino yang terkandung dalam daun kelor dapat membuat syarat ibu hamil lebih rileks dan lebih nyaman.

– Mengatasi Peradangan

Peradangan dapat menjadi masalah serius, apalagi jika hal tersebut dialami oleh ibu hamil. Maka dari itu, penyakit yang satu ini jangan sampai di anggap remeh.

Bagi ibu hamil, peradangan dapat berisiko kelainan jantung pada bayi dalam rahim. Salah satu cara sederhana yang dapat digunakan untuk mengatasinya adalah dengan daun kelor.

Catatan: Untuk mendapatkan manfaat daun kelor untuk wanita hamil guna menjaga rahimnya tetap sehat, bisa di konsumsi dengan 2 cara, yaitu:

  1. Merebus daun kelor dan meminum air rebusan nya
  2. Mengkonsumsi nya dalam bentuk sayur ataupun lalapan

2. Manfaat Daun Kelor untuk Anak

manfaat daun kelor

Daun kelor ternyata bukan hanya bagus untuk ibu hamil saja. Bagi anak-anak juga sangat bagus loh. Bahkan WHO menyarankan anak untuk mengkonsumsi daun kelor.

Daun kelor memiliki gizi lengkap yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Selain itu, daun kelor juga bermanfaat bagi kesehatan anak. Nah berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

– Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Rasanya memang aneh sekali jika seorang anak mengkonsumsi daun kelor. Wajar saja karena daun kelor merupakan salah satu daun yang jarang sekali orang konsumsi. Bahkan sedikit sekali orang yang menyukai nya.

Namun meski demikian, daun kelor memiliki nutrisi yang lengkap. Kandungan nutrisi dalam daun kelor lebih tinggi dari vitamin C dalam jeruk dan kalsium dalam susu.

Bahkan vitamin A dalam daun kelor 4 kali lebih banyak dari vitamin A dalam wortel. Selain itu, daun kelor juga kaya akan serat, mineral dan juga zat besi.

Baca Juga:

Cara atasi Hidung tersumbat anak

– Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anak

Metabolisme merupakan proses penyerapan nutrisi dari dalam tubuh untuk menghasilkan energi yang akan digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Pada masa pertumbuhan, metabolisme anak akan sangat tinggi sekali. Sehingga jika anak jatuh sakit, metabolisme dalam tubuhnya akan terganggu. Daun kelor memiliki serat dan nutrisi yang tinggi, secara otomatis bisa menjaga metabolisme anak tetap terjaga.

Baca juga:

Cara obati batuk anak dan bayi

– Melancarkan Pencernaan Anak

Kandungan nutrisi yang lengkap serta memiliki banyak serat, membuat daun kelor sangat bagus di konsumsi oleh anak. Zat-zat tersebut sangat dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan pada anak.

Disamping itu, berbagai vitamin lain yang terkandung dalam daun kelor juga sangat bagus untuk melancarkan pencernaan.

Baca juga:

Cara mengolah buah naga untuk anak

– Menjaga Kesehatan Mata Anak

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Bahkan menurut penelitian, vitamin A dalam daun kelor 4 kali lebih tinggi dari pada wortel. Hal ini tentu sangat bagus sekali untuk kesehatan mata anak.

Jika anak mengkonsumsi daun kelor secara teratur maka akan terhindar dari masalah dan gangguan kesehatan mata seperti mata minus, silinder ataupun masalah mata lainnya.

– Sebagai Detoksifikasi Anak

Daun kelor memiliki anti inflamasi yang sangat tinggi sekali. Dimana anti inflamasi ini dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh anak dengan baik dan efektif.

Ketika anak mengalami gangguan kesehatan, maka anti inflamasi ini akan mendetoksifikasi anak dan membuang racun dari dalam tubuhnya, sehingga anak akan lebih cepat pulih.

Baca Juga:

Cara atasi flu pada anak

– Membantu Pertumbuhan Tulang Anak

Daun kelor memiliki zat besi yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari pada zat besi dalam bayam. Hal ini tentu akan sangat bagus sekali untuk pertumbuhan tulang anak.

Selain itu, daun kelor juga memiliki kalsium dan fosfor yang tinggi, sehingga sangat bagus sekali untuk pertumbuhan tulang.

– Meningkatkan Masa Otot Anak

Daun kelor memiliki asam amino essensial yang sangat tinggi. Dimana zat ini akan membentuk masa otot dengan mudah. Jika anak mengkonsumsi daun kelor secara rutin, maka masa otot nya akan terbentuk dengan mudah.

Maksud dari meningkatnya masa otot disini bukan tumbuhnya otot seperti olahragawan, melainkan membantu anak ketika ia merasa kelelahan setelah beraktivitas.

Mengkonsumsi daun kelor dapat membuat anak cepat pulih dari kelelahan setelah aktivitas yang di lalui dan membuatnya lebih tangguh.

Catatan: Untuk mendapatkan manfaat daun kelor untuk anak, bisa di olah dan diberikan dalam bentuk sayur, bubur ataupun yang lainnya yang mudah di cerna dan di sukai anak .

Baca juga:

Aplikasi untuk konsultasi kesehatan

3. Manfaat Daun Kelor untuk Gaib

manfaat daun kelor

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa daun kelor lebih dikenal orang untuk mengatasi hal gaib ketimbang paham manfaatnya secara medis dan ilmu kedokteran.

Hal tersebut juga di yakini oleh beberapa orang di kampung halaman saya. Orang-orang disana meyakini bahwa daun kelor memiliki khasiat dan manfaat luar biasa dalam hal gaib.

Adapun beberapa manfaat daun kelor untuk hal gaib diantaranya adalah sebagai berikut:

– Untuk Mengusir Setan

Salah satu kepercayaan masyarakat desa terhadap daun kelor adalah dapat mengusir setan. Biasanya sih saat ada orang yang kerasukan atau kesurupan daun kelor digunakan untuk mengusirnya.

Caranya sangat sederhana, daun kelor cukup di celupkan ke air kemudian di pukul-pukul pelan pada orang yang kerasukan atau kesurupan. Hal ini cukup ampuh membuat si setan kabur.

– Penangkal Ilmu Kebal

Pernah melihat orang kebal? Kuat di pukul, kuat di bacok atau kuat di tembak, salah satu hal yang di takuti oleh mereka adalah daun kelor.Daun kelor dapat menghilangkan ilmu kebal yang mereka miliki.

Hal ini dimungkinkan karena jin yang ada dalam orang tersebut kabur, lari tunggang langgang karena takut dengan daun kelor.

– Penangkal Ilmu Santet

Ilmu santet yang di kirim seseorang untuk mencelakakan orang lain akan hilang jika di atasi dengan daun kelor. Hal ini juga dikarenakan ilmu santet yang dikirim menggunakan jin atau setan.

Jika atau setan takut dengan daun kelor, sehingga ketika orang mengatasinya dengan daun kelor maka santet itu akan hilang. Namun hal ini tidak berguna pada beberapa jenis ilmu santet.

– Penangkal Ilmu Pelet

Siapa saja yang terkena ilmu pelet maka dapat diatasi dengan menggunakan daun kelor. Ilmu pelet adalah adalah jenis ilmu hitam yang di kirim menggunakan perantara setan atau jin.

Mengatasi orang yang kena ilmu pelet juga bisa menggunakan daun kelor. Caranya sama seperti mengusir setan dari orang yang kerasukan jin.

– Menghilangkan Ilmu Hitam

Ilmu hitam sangat lemah terhadap daun kelor. Bahkan menurut kepercayaan orang Jawa, siapa saja yang ingin membuang ilmu hitamnya, maka dapat di atasi dengan daun kelor.

Di beberapa wilayah Jawa kadang ada yang memandikan mayit (orang meninggal) menggunakan air daun kelor. Hal ini dipercaya agar semua ilmu hitamnya hilang.

Catatan: Cara menggunakan daun kelor untuk atasi ilmu hitam atau hal gaib lain adalah dengan memukulkannya ataupun di celupkan kedalam air dan dipukulkan ke badan orang yang akan di hilangkan pengaruh ilmu gaib nya.

4. Manfaat Daun Kelor untuk Mata

manfaat daun kelor

Daun kelor memiliki vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi bahkan di bandingkan dengan sayur dan buah lain, daun kelor memiliki kandungan vitamin 4 kali lebih banyak.

Kedua vitamin ini tentu sangat dibutuhkan oleh mata agar lebih sehat. Nah berikut ini adalah beberapa khasiat daun kelor untuk mata.

– Menjaga Mata Tetap Jernih

Kandungan vitamin A yang tinggi dapat memberikan nutrisi yang bagus untuk kesehatan mata. Mata yang sehat tentu akan membuat pandangan tetap bagus.

Vitamin dalam daun kelor akan memberikan nutrisi yang cukup untuk mata sehingga mata akan tetap sehat dan pandangan mata pun tidak akan terganggu.

– Menyembuhkan Sakit Mata

Sakit mata bukan hanya mengganggu aktivitas sehari-hari saja, melainkan juga akan mengganggu penampilan. Karena biasanya orang yang menderita sakit mata akan belekan pada bagian matanya dan mengurangi penampilannya.

Mengobati nya ternyata cukup mudah. Kamu tidak perlu pergi ke dokter ataupun ke klinik atau apotek membeli obat mata. Kamu bisa atasi sakit mata menggunakan daun kelor.

Vitamin A dalam daun kelor 4 kali lebih banyak dari pada yang terkandung dalam wortel. Hal ini sangat bagus sekali untuk mengobati sakit mata. Caranya bisa dengan di makan langsung, di rebut dan di diminum airnya ataupun di jadikan sebagai obat tetes mata.

– Menyembuhkan Mata Minus

Salah satu manfaat yang terkandung dalam daun kelor adalah dapat mempertajam penglihatan. Hal ini tentu sangat bagus sekali untuk orang yang menderita mata minus.

Kandungan vitamin C dan A dalam daun kelor yang tinggi akan membantu meningkatkan kesehatan mata. Apalagi vitamin C dalam daun kelor ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada mata.

Jika penderita mata minus mengkonsumsi daun kelor secara rutin, maka secara berangsur mata minus tersebut akan turun. Penderita mata minus bisa mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk makanan ataupun minuman.

– Mengobati Katarak

Katarak merupakan salah satu jenis penyakit mata yang cukup di takuti oleh kebanyakan orang. Karena akan sangat mengganggu penglihatan.

Ada banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya termasuk salah satunya adalah dengan menggunakan daun kelor. Daun kelor adalah obat alami katarak.

Kandungan vitamin C dan D dalam daun kelor lebih dari cukup untuk mengobati katarak. Cara mengobati nya cukup dengan mengkonsumsinya dalam bentuk minuman ataupun memakannya secara langsung.

– Mengobati Mata Pedih atau Merah

Jika kamu mengalami mata pedih atau kemerahan, kamu tidak usah risau, kamu bisa atasi dengan daun kelor. Daun kelor bisa menjadi obat mata pedih atau kemerahan secara alami dan gratis.

Bahkan daun kelor bisa atasi mata pedih atau kemerahan tanpa menimbulkan efek samping sama sekali. Cara mengatasinya bisa dijadikan sebagai obat tetes mata atau di makan secara langsung.

Catatan: Untuk membuat mata menjadi sehat, maka kamu bisa mengkonsumsi daun kelor secara langsung sebagai lalapan, sayur, di rebus, di blender ataupun di gunakan sebagai obat tetes mata.

5. Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

manfaat daun kelor dan cara mengolahnya

Para penderita diabetes bisa tertolong dengan mengkonsumsi daun kelor. Vitamin C pada daun kelor dapat memperbaiki sel yang rusak karena gula darah yang tinggi.

– Mencegah Kerusakan Pembuluh Darah

Diabetes dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah. Sehingga saat terkena luka akan sulit menutup.

Daun kelor dapat mencegah kerusakan pembuluh darah dengan baik. Sehingga para penderita diabetes berangsur-angsur akan pulih dari penyakitnya.

– Memperbaiki Sel yang Rusak

Diabetes juga akan merusak sel tubuh sehingga mengakibatkan kerusakan pada banyak organ. Vitamin C dan A serta beragam jenis vitamin lainnya akan mencegah kerusakan sel tersebut.

Sehingga sel-sel tubuh yang rusak akan kembali normal dan berfungsi dengan baik.

– Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Orang yang memiliki penyakit diabetes biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, DNA dan lemahnya daya tahan tubuh. Sehingga diabetes akan mudah menyerang orang tersebut.

Nah jika orang tersebut mengkonsumsi daun kelor secara rutin, maka kekebalan tubuhnya akan meningkat. Dalam daun kelor terdapat banyak vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk regenerasi sel dan mengurangi gula darah.

6. Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Bukan hanya untuk kesehatan saja, daun kelor juga bagus digunakan untuk perawatan kulit dan kecantikan.

Daun kelor memiliki beragam vitamin dan nutrisi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh kulit wajah. Bahkan beberapa produk kecantikan ada yang menggunakan daun kelor sebagai bahan bakunya.

Nah beberapa khasiat daun kelor dalam dunia kecantikan diantaranya adalah sebagai berikut:

– Menghilangkan Jerawat

Jerawat di wajah tentu akan sangat mengganggu penampilan. Apalagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan dan kemolekan wajahnya.

Ternyata, daun kelor ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah dengan mudah. Daun kelor memiliki vitamin dan protase yang tinggi, sehingga dapat membunuh bakteri dalam jerawat dengan cepat.

– Menghilangkan Flek Hitam

Selain jerawat, flek hitam juga sangat mengganggu sekali di wajah. Selain menutupi cahaya kulit, juga membuatnya nampak tua dan usang. Sehingga dapat mengurangi penampilan.

Daun kelor dapat mengatasi hal tersebut dengan mudah. Berbagai vitamin, serat dan mineral serta antioksidan yang tinggi dalam daun kelor dapat menyingkirkan flek hitam di wajah.

– Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Dari beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa ternyata, wajah berminyak dapat diatasi dengan menggunakan vitamin A, C dan vitamin E. Nah secara kebetulan daun kelor memiliki komposisi bahan yang lengkap.

Dari hasil riset dan penelitian para ahli kesehatan dan kecantikan mengutarakan bahwa dalam daun kelor terdapat vitamin A, C, E dan beragam vitamin lainnya yang jauh lebih tinggi. Bahkan 4 kali lebih tinggi dari jenis vitamin dalam tumbuhan lain.

Dengan demikian wajah berminyak dapat di atasi dengan baik oleh daun kelor. Cukup menggunakannya sebagai masker maka minyak di wajah akan hilang.

– Mengangkat Sel Kulit Mati

Mendapatkan wajah glowing tentu bukan perkara yang mudah. Namun dengan daun kelor kamu bisa mendapatkannya dengan lebih mudah. Pasalnya daun kelor memiliki kombinasi vitamin yang lengkap.

Dari hasil riset membuktikan bahwa kombinasi vitamin yang lengkap yang terdapat pada daun kelor dapat mengangkat sel kulit mati dengan mudah sehingga akan membuat wajah kamu lebih bersih dan glowing.

– Mencerahkan Kulit Wajah

Buat kamu yang memiliki kulit wajah kusam, kamu gak perlu melakukan perawatan yang mahal. Kamu bisa atasi degan menggunakan daun kelor.

Daun kelor dapat membuat wajah kusam menjadi lebih fresh dan bersih. Berbagi noda yang ada pada kulit wajah akan terangkat sempurna sehingga kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah.

Baca juga:

Cek nomor BPOM pemutih wajah

– Mengecilkan Pori Kulit

Pori kulit wajah yang besar bukan hanya memperburuk penampilan, melainkan juga bisa membuat jerawat lebih mudah muncul karena bisa menyimpan kotoran di dalamnya.

Daun kelor ternyata bisa membuat pori-pori kulit wajah mengecil dan membuatnya lebih cerah dan halus. Gunakan secara rutin pada kulihat wajah dengan membuatnya sebagai masker.

Catatan: Untuk mendapatkan manfaat dari daun kelor untuk wajah, kamu bisa menggunakannya dalam bentuk masker ataupun di konsumsi secara langsung. Namun yang paling bagus adalah diaplikasikan dalam bentuk masker dan digunakan secara berkala.

7. Manfaat Daun Kelor untuk Kanker

manfaat daun kelor untuk kanker

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Setiap tahunnya ada ratusan hingga ribuan orang mati karena penyakit ini. Nah ajaib nya, daun kelor termasuk kedalam salah satu tumbuhan yang dapat mencegah kanker secara efektif.

Cara kerja daun kelor dalam mengatasi kanker sangat sederhana sekali namun lebih efektif dari pada obat lainnya.

– Sebagai Anti Inflamasi

Berdasarkan hasil riset dan penelitian mendalam, disebutkan bahwa dalam daun kelor setidaknya terdapat 36 antioksidan yang dapat bekerja sebagai anti inflamasi. Hal ini membuat daun kelor sangat kuat sekali sebagai anti inflamasi.

Inflamasi merupakan salah satu penyebab kanker yang dapat menyebabkan kerusakan pada DNA.

Kerusakan pada jaringan akibat inflamasi ini tidak dapat di imbangi dengan regenerasi sel normal. Akibatnya, sel akan mengacu pada proses regenerasi sel abnormal yang mengarah pada tumor atau kanker.

– Memerangi Oksidasi

Salah satu faktor terjadinya sel kanker adalah karena proses oksidasi sel yang berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama. Proses ini dapat di akibatkan oleh paparan unsur radikal bebas dan unsur karsinogenik yang mengakibatkan kerusakan pada sel atau DNA.

Daun kelor memiliki 36 antioksidan tinggi yang dapat memerangi terjadinya oksidasi pada sel. Sehingga proses oksidasi ini dapat di batalkan dan diatasi dengan baik oleh zat antioksidan yang terkandung dalam daun kelor.

– Anti Poliferasi

Foliferasi merupakan karakter dari sel kanker yang sangat masif sekali untuk tumbuh. Faktor penyebabnya karena reseptor sel yang aktif sehingga menyebabkan proses pembelahan sel yang lebih cepat.

Daun kelor memiliki kemampuan anti poliferasi yang efektif. Hal ini karena daun kelor memiliki antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat mengatasi pertumbuhan sel kanker dengan baik. Pada akhirnya sel kanker akan mati dan tidak akan tumbuh dan berkembang.

Itulah 7 manfaat daun kelor yang bisa saya uraikan di artikel kali ini. Masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Namun akan saya uraikan di artikel berikutnya serta akan saya jelaskan cara pengolahan nya. So tunggu saja ya.