7 Manfaat dan Fungsi Asuransi Dalam Menunjang Bisnis

By

Dalam dunia bisnis pengendalian resiko tentu sangat dibutuhkan sekali untuk menunjang kelangsungan bisnis anda agar berjalan dengan baik dan lancar. Nah salah satu yang dibutuhkan untuk mengendalikan segala resiko yang mungkin bisa terjadi adalah dengan mengandalkan asuransi. Peran asuransi dalam bisnis sangat penting bahkan sangat banyak manfaat nya.

Asuransi merupakan media pengendalian segala macam kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi pada bisnis. Asuransi memiliki sistem proteksi yang dapat mengendalikan segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi pada bisnis anda.

Itulah alasannya kenapa para pelaku usaha atau pebisnis harus memiliki dan menggunakan asuransi untuk mendukung kegiatan usahanya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan fungsi asuransi dalam dunia usaha.

A. Manfaat asuransi Sebagai pondasi bisnis yang kokoh

Pentingnya sebuah usaha memiliki asuransi adalah sebagai pondasi bisnis yang kuat. Dimana semua jaminan terdaftar dalam asuransi. Apapun resiko yang akan di hadapi maka anda tidak akan berjuang sendirian melainkan ada pihak ketiga dalam hal ini perusahaan asuransi yang akan membantu anda.

Asuransi akan memberikan berbagai fasilitas kepada pemilik usaha jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Sehingga perusahaan anda akan tetap berdiri dan kokoh.

B. Asuransi memberikan perlindungan resiko kerugian

Dalam bisnis properti, asuransi memiliki peranan yang sangat penting sekali bahkan keduanya tidak bisa dipisahkan. Dengan adanya asuransi maka bisnis properti dapat ter-selamatkan dari berbagai hal yang tidak di inginkan.

Sebagai contoh, jika terjadi perampokan, kebakaran, gempa bumi dan lain sebagainya yang mengakibatkan semua bangunan properti hancur. Dengan adanya perlindungan asuransi maka bisnis anda dapat ter-selamatkan dengan baik.

Anda hanya perlu melakukan klaim kepada pihak asuransi yang anda gunakan. Kemudian dari pihak asuransi akan melakukan survey dan memberikan pergantian kerugian yang anda alami.

C. Asuransi bisnis memberikan penggantian kerugian

Semua bidang usaha pasti memiliki resiko kerugian, baik dalam skala yang kecil maupun dalam skala yang besar. Jika anda tidak memiliki asuransi maka segala resiko kerugian tersebut harus anda tanggung sendiri.

Sedangkan jika anda menggunakan asuransi maka semua pertanggungan kerugian tersebut dapat di tanggung oleh pihak asuransi. Namun sebelum anda mengklaim pastikan semua persyaratan dan prosedurnya sudah sesuai.

Menggunakan asuransi bisnis memang sangat nyaman untuk menjalankan usaha anda. Namun anda tentu harus rajin membayar premi asuransinya setiap bulan.

D. Manfaat asuransi bisnis sebagai jaminan pengiriman barang

Jika bisnis anda bergerak dalam export ataupun import maka peran asuransi akan sangat berpengaruh sekali. Dimana pengiriman barang tersebut sangat berisiko.

Berbagi resiko yang mungkin terjadi pada saat proses pengiriman barang adalah seperti kecelakaan, barang hilang ataupun yang lainnya. Hal ini tentu akan sangat merugikan bagi anda sebagai pemilik barang.

Namun jika anda memiliki asuransi maka kerugian ini tidak akan di tanggung oleh anda melainkan oleh pihak asuransi. Anda hanya perlu klaim saja kepada pihak perusahaan asuransi yang menaungi bisnis anda.

E. Asuransi meningkatkan kredibilitas bisnis

Sebuah perusahaan akan sangat dihormati oleh partner bisnis maupun klien jika perusahaan tersebut bisa bekerja dengan baik.. Nah dengan adanya bantuan dari pihak asuransi maka semua kendala bisnis anda bisa diatasi dengan mudah.

Seperti contoh kasus kecil, jika terjadi barang hilang tentu pihak klien tidak akan mau tahu. Dengan hal tersebut maka kerugian akibat kehilangan tersebut akan di ganti oleh perusahaan asuransi. Maka pihak klien akan semakin nyaman dan percaya berbisnis dengan anda.

F. Meningkatkan kepercayaan klien

Pentingnya asuransi dalam menjalankan bisnis dan usaha adalah karena asuransi dapat meningkatkan kepercayaan klien kepada pemilik usaha. Klien tidak akan was-was bertransaksi dengan anda karena mereka memiliki jaminan yang sudah pasti.

Sebagai contoh, jika anda menjual handphone atau laptop maka anda lengkapi dengan layanan asuransi. Maka pihak pembeli pasti akan lebih percaya terhadap anda ketimbang tempat lainnya. Karena membeli produk anda lebih terjamin dan bisnis terlihat lebih kredibel.

G. Manfaat asuransi dapat memberikan kepastian bisnis

Setiap bisnis tentu memiliki resiko kerugian baik dalam jumlah kecil maupun besar. Jika resiko kerugian nya kecil mungkin masih bisa anda atasi, bayangkan bagaimana jika kerugian tersebut dalam jumlah yang besar.

Jika anda tidak memiliki asuransi maka bisnis anda bisa berujung dengan kebangkrutan. Asuransi dapat memberikan kepastian dalam berbisnis, dimana pada saat anda merugi sekalipun pihak asuransi akan membantu anda sehingga bisnis anda dapat kembali berjalan dengan baik.

Nah itulah beberapa manfaat asuransi bisnis dalam menunjang ke-berlangsung dan kesuksesan sebuah kegiatan usaha.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.