Macam- Macam Tata Ruang Kantor Kekinian

By

Hidup dalam dunia kerja memang lah sangat perlu diperhatikan mulai dari cara berpakaian, menyambut klien dan menjadi utama untuk kenyamanan bersama adalah penataan ruang kantor yang baik dilihat dan membuat para karyawan kantor nyaman dalam pekerjaannya.

Pada beberapa ahli mendefinisikan bahwa penataan ruang kantor sangat diperlukan. Menurut Drs. The Liang Gie mengatakan bahwa “Tata ruang adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat serta pengaturan kerja yang memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawan”.

Adapun menurut George R. Terry tata ruang kantor merupakan penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan tentang penggunaan secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak.

Macam-macam tata ruang kantor di dunia ini sangatlah banyak tetapi terjangkau, karena banyak perusahaan yang tidak memanfaatkan dan memberikan perhatian khusus pada kantor-kantornya.

Padahal bisnis kecil ataupun besar atau kantor besar ataupun kecil sangatlah di rekomendasikan untuk selalu menata ruang-ruang kantornya demi kenyamanan karyawan-karyawan nya, bukan semata-mata hanya membutuhkan ide dan tenaga pekerja saja tetapi karyawan perlu juga aspek-aspek yang membuat mereka terus produktif, inovatif dan semangat terus menerus.

Sebelum menata ruangan perlu di perhatikan dalam perencanaan gedung fisik kantor adalah lokasi dan faktor lingkungan. Karena pada dasarnya lingkungan adalah salah satu aspek peninjau pada tata letak suatu kantor yang dimana bisa berperan sebagai perindah atau penghalang dalam hal ini lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan masyarakat, lingkungan tumbuhan dan lainnya. oleh karena itu faktor-faktor penunjang lain perlu di perhatikan pada penataan ini adalah:

  • Tenaga kerja yang memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan zaman
  • Udara bersih, nyaman dan sehat
  • Fasilitas angkutas yang muda dan murah
  • Perkembangan wilayah di masa depan
  • Pengembangan kantor-kantor di masa sekarang dan yang akan datang
  • Perencanaan cahaya atau penerangan yang baik
  • Perencanaan warna pada kantor
  • Perencanaan pada suara (psikis orang berbeda-beda, bisa jadi tidak semua orang tidak menyukai kebisingan, bisa juga semua orang tidak menyukai kesepian)
  • Fasilitas kesehatan yang memadai
  • Dapur untuk semua karyawan
  • Pemberitahuan dan penjagaan kecelakaan
  • Peletakan karyawan-karyawan sesuai dengan jabatan atau bidang pekerjaannya.

Langkah-Langkah dalam Penataan Ruang Kantor

  1. Membuat denah sesuai dengan kebutuhan kantor, terutama sesuai keadaan sekarang
  2. Menentukan jarak fasilitas-fasilitas dalam kantor dengan berpedoman pada teknik penataan meja, kursi, lemari dan lain-lain. Terutama juga pada peletakannya harus berkesinambungan ( contoh: letak garpu pastinya harus dekat dengan piring, sendok)
  3. Aplikasi kan langkah 1 dan 2 pada kantor. Setelah itu meminta pendapat pada karyawan atau anak-anak yang berkompetensi dalam bidang desain ruangan juga.

Berdasarkan konsep dan macam-macam tata ruang kantor ini, ternyata konsep desain kantor kekinian sangat menunjang para karyawan semangat bekerja dan menuangkan kreativitas-kreativitas yang lebih luar biasa lagi.

Apalagi pada perkembangan teknologi dan perubahan tren di lingkungan kerja sangatlah berkembang pesat. Jadi, para distribusi-distribusi perusahaan atau pebisnis kantor memulai dengan mengusung konsep desain kantor dengan tema kekinian ini.

Seperti yang dituturkan Senior Division Manager Datascrip Zaky Makarim, workstation merupakan merupakan titik utama aktivitas karyawan di kantor. Zaky mengungkapkan bahwa karyawan bisa lebih mudah berkonsentrasi saat bekerja dan memanfaatkan furniture-furniture yang ada dalam kantor sesuai dengan kebutuhannya.

Jangan sampai ungkapan “Ruang adalah meja, kursi dan computer” haruslah banyak akomodasi-akomodasi saran dan prasarana lain.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.