[Lengkap] Panduan Cara Membuat Rumus di Word

[Lengkap] Panduan Cara Membuat Rumus di Word

Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata. Namun meski demikian, Word juga memiliki fitur equation yang dapat digunakan untuk membuat berbagai rumus matematika, fisika, ekonomi dan sebagainya. Namun sayangnya sedikit orang yang mengetahui cara membuat rumus di Word dengan equation ini.

Biasanya orang yang mencari rumus Word ini adalah mereka yang sedang memiliki tugas akhir seperti skripsi ataupun membuat makalah penelitian. Karena biasanya dalam makalah atau skripsi harus memasukkan rumus perhitungan hasil dari penelitian.

Membuat rumus matematika pada Microsoft Word sebenarnya sangat mudah sekali. Kamu bisa menggunakan fitur equation saja untuk membuatnya.

Fungsi Rumus Pada Word

Meski Microsoft Word bukan merupakan perangkat pengolah angka, namun Word juga memiliki fitur equation yang bisa digunakan untuk mengintegrasikan rumus fisika, matematika ataupun ekonomi kedalamnya. Tentu ada banyak sekali fungsi dari penulisan rumus ini, yaitu:

  1. Untuk mempermudah pengerjaan rumus skripsi
  2. Mempermudah pengerjaan laporan penelitian
  3. Mempermudah pengintegrasian berbagai rumus
  4. Dan lain-lain

Bagaimana Membuat Rumus di Word?

Membuat rumus dengan menggunakan Microsoft Word tidaklah sulit. Kamu bisa membuat beragam jenis rumus yang kamu inginkan. Mulai dari rumus tambah, perkalian, bagi dan lain sebagainya.

Nah berikut ini tim carapedi.id sudah menuliskan panduan lengkap cara bikin rumus dengan menggunakan Microsoft Word.

A. Cara Membuat Rumus Pecahan di Word

Pecahan adalah sebuah bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Kedua angka ini di pisah dengan menggunakan per (/). Bentuk dari bilangan pecahan ini adalah a/b dengan a sebagai pembilang dan b sebagai penyebut.

Membuat rumus pecahan di Microsoft Word sangat mudah. Berikut ini adalah tahapan dan langkah-langkahnya:

cara membuat rumus di word
cara membuat rumus di word
cara membuat rumus di word

Selanjutnya tinggal kamu simpan dengan menekan tombol CTRL+S atau klik file, lalu klik save as.

B. Cara Membuat Rumus Pembagian di Word

Word juga memiliki rumus pembagian. Kamu juga bisa membuatnya dengan menggunakan equation dengan bentuk fraksi pembagian. Caranya seperti ini:

cara membuat rumus di word
cara membuat rumus di word
cara membuat rumus di word

C. Cara Membuat Rumus Sigma di Word

Sigma merupakan huruf ke 18 dalam dalam susunan alfabet. Dalam ilmu matematika dan fisika, sigma sering kali digunakan dalam rumus perhitungan angka tertentu.

Microsoft Word memiliki fitur khusus yang bisa kau gunakan untuk memasukkan sigma kedalam bentuk rumus Fisika ataupun Matematika yang akan kamu ketikan. Cara membuatnya seperti ini:

cara membuat rumus di word
cara membuat rumus di word
cara membuat rumus di word

D. Membuat Rumus Integral di Word

Dalam penulisan rumus matematika atau Fisika biasanya terdapat rumus integral. Microsoft memiliki fitur rumus integral yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan untuk memasukkan nya kedalam dokumen yang dibuat.

Cara bikin rumus integral di Microsoft Word juga sangat mudah. Berikut ini adalah tahapan dan langkah cara membuatnya:

cara membuat rumus di word
cara membuat rumus di word
cara membuat rumus di word

Kesimpulan

Dari uraian beberapa cara membuat rumus di Word diatas, ternyata membuatnya sangat mudah sekali. Kita bisa membuatnya hanya dengan menggunakan 1 fitur saja yaitu equation atau persamaan.

Dalam equation tersebut terdapat berbagai rumus. Jika kamu ingin membuat rumus yang lebih rumit, maka kamu bisa menggabungkan semua komponen rumus equation tersebut menjadi 1 rumus.

Cara tinggal kamu klik satu persatu bentuk rumus nya dan tempatkan sesuai dengan bentuk rumus nya. Dengan fitur equation ini kamu bisa membuat rumus Ekonomi, Fisika ataupun Matematika.

Bahkan kamu yang sedang menyusun skripsi sekalipun juga bisa memanfaatkan rumus ini untuk membuat laporan di bab IV dan bab V skripsi yang kamu buat.