Langkah Cara Optimasi SEO On Page & Off Page di Blog

Langkah Cara Optimasi SEO On Page & Off Page di Blog

Sebagai seorang blogger, anda tentu harus memahami dengan baik cara melakukan optimasi SEO blog. Karena hanya dengan SEO anda bisa meningkatkan traffic blog secara gratis dalam jumlah yang tidak terhingga.

Meski ilmu SEO itu bersifat dinamis dan sering berubah-ubah, namun hal tersebut harus kita pelajari dengan baik guna membuat website kita bisa bersaing dengan baik di SERP (Search Result Page).

SEO memang bukan ilmu yang pasti, tidak ada satupun ilmu yang dapat membedah cara Search Engine memunculkan hasil pencarian dengan akurat. Semua ilmu SEO hanyalah sebuah teori yang butuh percobaan.

Namun selama ini, saya mempelajari teknik-teknik SEO sedikit demi sedikit, alhamdulillah bisa mendatangkan traffik yang cukup banyak dari search engine secara gratis.

Jenis-Jenis SEO

Berdasarkan jenisnya SEO itu hanya ada 2 macam, yaitu:

Manfaat SEO

Bicara masalah manfaat ilmu SEO, tentu ada banyak sekali manfaatnya. Banyaknya orang yang mempelajari ilmu SEO menjadi salah satu alasan begitu banyaknya orang yang ingin mendapatkan manfaat dari SEO.

A. Manfaat SEO On Page

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa SEO on page adalah teknik optimasi website yang dilakukan dari dalam website itu sendiri. Tentu ada banyak manfaat dari melakukan optimasi on page seo ini, diantaranya:

B. Manfaat SEO Off Page

Optimasi SEO off page adalah salah satu cara optimasi SEO blog yang dilakukan dari luar blog itu sendiri. Ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika anda melakukan SEO off page, diantaranya adalah:

C. Manfaat SEO Secara Umum

Secara umum, manfaat SEO juga ada banyak sekali, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara Optimasi SEO Website Atau Blog

Pada dasarnya, teori tentang optimasi SEO sebuah website itu ada banyak. Akan tetapi, secara garis besar itu hanya ada 2 saja yaitu SEO on page dan SEO off page. Keduanya memiliki keterkaitan yang saling berhubungan.

Namun pertanyaan yang paling membingungkan anda saat ini adalah, bagaimana cara melakukan optimasi SEO kedua hal tersebut?.

Berikut ini saya uraikan beberapa cara optimasi antara keduanya berdasarkan hasil riset saya selama ngeblog.

Teknik ini mungkin hanya sebagian kecil dari teknik yang digunakan para master. Namun jika anda konsisten menjalankannya maka anda bisa mendapatkan trafik yang cukup lumayan.

A. Optimasi SEO On Page

Teknik SEO on page ini meliputi teknik optimasi dari dalam website. Ada banyak sekali teknik optimasi SEO on page yang harus anda lakukan diantaranya sebagai berikut:

1. Gunakan Permalink Langsung ke Artikel

Tahukah anda bahwa mesin pencari itu sangat suka sekai dengan permalink yang sederhana loh. Nah permalink sederhana itu adalah permalink yang anda buat langsung menuju ke kata kunci target atau ke artikel yang anda buat.

Contohnya, jika anda memiliki kata kunci target "cara optimasi SEO blog" maka buat permalinknya seperti ini:

www.bloganda.com/cara-optimasi-seo-blog/

Biasanya settingan permalink default mayoritas CMS blog adalah membuat permalink seperti ini:

www.bloganda.com/2019/11/judul-artikel

Maka dari itu anda harus merubahnya menjadi lebih sederhana. Cara merubah permalink sangat mudah sekali. Begini cara merubahnya:

2. Buat Judul Artikel yang SEO Friendly

Judul artikel menjadi salah satu tekik SEO on page yang harus anda perhatikan dengan baik. Karena judul yang anda gunakan akan tampil di bagian paling depan SERP (Search Result Page).

Maka dari itu anda harus membuat judul yang menarik dan sesuai dengan target keyword. Cara membuatnya bisa anda lakukan dengan langkah berikut ini:

3. Masukkan Keyword Pada Heading & Subheading

Salah satu teknik SEO on page yang harus anda perhatikan dan jangan anda lewatkan adalah heading. Manfaatkan heading sebaik mungkin agar bisa menunjukkan navigasi artikel yang lebih bagus.

Untuk optimasi SEO blog yang lebih bagus maka gunakan beberapa cara sebagai berikut:

Heading ini dapat mempermudah pembaca memahami isi dari artikel yang anda buat. Dengan demikian maka pembaca akan dengan mudah mendapatkan informasi yang dicarinya. Jika pembaca saja suka, apalagi mesin pencari.

4. Tambahkan Gambar

Jika anda menggunakan plugin yoast SEO ataupun menggunakan plugin SEO lainnya, maka anda pasti akan di rekomendasikan untuk menambahkan gambar pada artikel yang anda buat.

Maka dari itu, ketika anda membuat sebuah artikel tambahkanlah gambar yang relevan dengan artikel yang anda buat. Gambar yang relevan selain bagus untuk SEO juga sangat bagus untuk para pembaca, karena membuat artikel jadi tidak membosankan.

5. Optimasi Gambar dengan Baik

Agar gambar anda SEO friendly maka optimasi gambar dengan baik. Karena mesin telusur seperti Google tidak bisa membaca gambar, dia hanya bisa membaca teks. Maka dari itu optimasi dengan baik.

Tambahkan ALT TExt dan meta deskripsi gambar baik, jangan lupa masukkan juga kata kunci pada gambar yang ada buat.

6. Masukkan Keyword Pada Paragraf Pertama

Meletakkan keyword pada paragraf pertama artikel adalah sesuatu hal yang harus anda lakukan. Bukan tanpa alasan, dengan meletakkan keyword pada paragraf awal akan membuat artikel nampak lebih jelas.

Meski demikian memang tidak semua keyword bisa di masukkan kedalam artikel yang anda buat. Jika seperti ini maka jangan anda paksakan untuk memasukkan nya.

7. Masukkan Outbond Link

Outbond link merupakan salah satu tekik optimasi SEO blog yang harus anda perhatikan dengan baik. Outbond dapat membuat artikel yang anda buat lebih berbobot dan lebih bernilai.

Akan tetapi, tidak semua outbond lini ini bagus digunakan loh. Untuk menciptakan artikel yang berkualitas, maka outbond link yang harus anda pasang haruslah menuju website yang memiliki kredibilitas bagus.

8. Buat Internal Link

Bukan hanya outbond link, anda juga harus memasukkan internal link kedalam artikel yang anda buat. Internal link dapat berguna untuk membuat navigasi web anda agar lebih mudah di pahami dengan baik oleh mesin telusur.

9. Gunakan Keyword Turunan

Keyword turunan adalah sebuah keyword yang berkaitan dengan kata kunci bidikan atau kata kunci yang sedang anda tulis. Cari kata kunci turunan sesuai dengan kata kunci bidikan pilih dan optimasi dengan baik.

Jadikan kata kunci turunan ini sebagai heading ataupun subheading pada artikel yang anda buat.

10. Tingkatkan Kecepatan Web

Jika anda perhatikan webmaster Google pada bulan November 2019 sekarang ini, maka anda akan melihat fitur uji kecepatan website sudah masuk kedalam webmaster. Ini menunjukkan bahwa kecepatan website menjadi salah satu indikator penentuan ranking Google.

Maka dari itu, buatlah blog anda mejadi lebih cepat ketiak di akses. Kecepatan maksimal sebuah blog yang bagus adalah 3 detik, semakin cepat loading blog anda maka semakin bagus pula blog anda di mata search engine.

Ada banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mempercepat loading blog yang anda miliki, diantaranya:

11. Buat Artikel Minimal 900 Kata

Tahukah anda bahwa jumlah kata dalam artikel menjadi salah satu indikator penilaian SEO masa kini. Namun Bukan hanya panjang dan banyak kata saja pada artikelnya, namun artikel tersebut relevan dengan keyword bidikan nya.

Jumlah kata dalam artikel menjadi salah satu teknik optimasi seo blog yang perlu diperhatikan dengan baik. Semakin panjang artikelnya maka semakin bagus pula kualitas konten nya.

Search Engine akan memprioritaskan setiap artikel yang membahas sebuah masalah secara lengkap dan detail.

12. Pastikan Konten Anda Solutif

Tahukah anda bahwa konten terbaik adalah konten yang bisa memberikan solusi yang tepat untuk keyword yang di ketikan orang di internet. Pastikan pembahasan nya secara detail dan lengkap.

13. Gunakan Template yang Responsif

Template yang responsif menjadi salah satu indikator SEO on page. Untuk membuat halaman web anda bagus di mata search engine maka pilih dan gunakan tema yang responsif.

14. Gunakan SSL

Jangan salah, penggunaan SSL pada sebuah web dapat meningkatkan kualitas website itu sendiri. Bukan itu saja, dengan menggunakan SSL maka web anda akan diprioritaskan untuk ke halaman utama hasil pencarian. Hal ini dikarenakan:

B. Optimasi SEO Off Page

Salah satu optimasi SEO blog yang juga tidak kalah penting dan harus anda lakukan agar web anda bisa masuk page one di SERP (Search Result Page) adalah dengan melakukan optimasi SEO off page.

Ada banyak sekali teknik optimasi SEO off page yang dapat anda gunakan. Berikut ini adalah langkah langkah SEO off page yang harus anda lakukan untuk membuat web anda masuk page one.

1. Lakukan Link Building

Bicara masalah optimasi SEO off page maka tidak akan lepas dari link building. Link building menjadi salah satu faktor terpenting dalam optimasi SEO off page.

Google menggunakan algoritma yang mengacu pada page rank, yang menilai kualitas dan kuantitas backlink yang masuk pada halaman web tersebut.

Beberapa orang menganggap bahwa page rank sudah tidak di gunakan lagi, namun fakta nya berkata sebaliknya. Page rank ternyata masih menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan ranking sebuah blog.

Namun ketika anda melakukan link building anda harus memperhatikan beberapa kategori dari liknk yang anda gunakan tersebut.

2. Gunakan Email Marketing

Email marketing menjadi salah satu teknik SEO off page yang paling bagus digunakan. Sampai saat ini teknik email marketing ini dapat meningkatkan Traffic lebih sangat banyak sekali karena langsung berhubungan dengan subjek.

3. Branding Web Dengan Baik

Untuk meningkatkan Traffic web anda degan baik, maka branding web anda dengan baik. Jika web anda di branding dengan baik maka orang-orang akan tahu dengan web anda.

Dengan menggunakan teknik branding yang tepat maka Traffic web anda bisa akan meningkat dengan tajam. Ada banyak cara branding web yang dapat anda gunakan diantaranya adalah:

4. Gunakan Google Bisnisku

Google bisnis merupakan salah satu layanan terbaik dari Google untuk para pelaku bisnis. Jika anda memanfaatkan Google bisnis dengan tepat maka halaman web anda bisa masuk page one dengan lebih mudah.

5. Review Web

Review web dapat meningkatkan authority blog yang anda miliki. Jika anda menggunakan layanan dari moz maka anda akan menemukan bahwa review ini menjadi salah satu indikator penting dalam menentukan domain authority situs web.

Dengan menggunakan teknik review blog, maka dapat meningkatkan branding web anda. Cara melakukan review blog ini sangat mudah, berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan.

6. Share ke Media Sosial

Cara terakhir yang dapat anda gunakan untuk optimasi SEO off page blog adalah dengan cara share ke media sosial. Share ke media sosial ini juga menjadi salah satu indikator search engine dalam menentukan ranking. Semakin banyak share nya maka semakin mungkin untuk masuk page one.

Nah itulah beberapa teknik optimasi SEO blog yang harus anda lakukan jika adna ingin blog anda masuk ke halaman 1 di SERP ( Search Engine Result Page). Silahkan coba dan praktek-kan teknik-teknik tersebut.