Jenis, Manfaat Dan Contoh Asuransi Jiwa

Jenis, Manfaat Dan Contoh Asuransi Jiwa

Dari sekian banyak produk asuransi, asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Asuransi ini sangat penting dan sangat membantu dalam melindungi dan memproteksi jiwa setiap individu yang menggunakannya.

Dengan menggunakan asuransi jiwa maka kita bisa dengan tenang menjalani segala aktivitas sehari-hari. Tanpa harus takut dengan segala resiko yang mungkin bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Asuransi jiwa memiliki peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Meski memang harus kita akui bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap asuransi masih sangat rendah sekali.

Kendati demikian, grafik nya terus naik dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukan bahwa ada kenaikan kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan asuransi.

Hal ini didukung kuat oleh data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memberikan data bahwa pertumbuhan perusahaan asuransi di Indonesia kian pesat. Menurut data terakhir yang diterima oleh OJK ada sekitar 80 perusahaan asuransi yang sudah terdaftar disana.

Pengertian Asuransi Jiwa

Dikutip dari halaman wikipedia, menyatakan bahwa ini merupakan sebuah produk asuransi yang bertujuan untuk memberikan proteksi dari kerugian finansial yang tak terduga yang disebabkan oleh kematian atau hidup seseorang yang terlalu lama.

Secara sederhana bisa diartiken bahwa asuransi jiwa adalah proteksi diri dari berbagai resiko yang bisa terjadi kapan saja yang bisa menimbulkan kerugian finansial.

Dengan menggunakan asuransi jiwa, maka kita tidak perlu lagi khawatir dengan apa yang akan terjadi terhadap diri kita. Karena kita sudah mempersiapkannya dengan baik lewat asuransi.

Untuk mendapatkan asuransi ini anda harus mendaftar ke salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan membawa berbagai persyaratan yang dibutuhkan.

Kemudian anda harus membayar premi atau iuran setiap bulannya. Setelah anda terdaftar, maka sejak saat itu juga apapun yang terjadi dengan anda maka akan ada yang melindungi anda dari berbagai resiko.

Apa Manfaat Asuransi Jiwa?

Adanya asuransi tentu akan memberikan manfaat lebih terhadap anggota penggunakannya. Jika anda belum mengetahuinya, berikut adalah manfaat asuransi jiwa:

A. Perlindungan Terhadap Penghasilan

Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi dengan anda besok, lusa dan seterusnya. Maka dari itu, untuk mengantisipasi akan adanya resiko berat yang menimpa anda dan meninggalkan keluarga yang anda nafkahi, maka anda harus menggunakan asuransi ini.

Dengan menggunakan asuransi jiwa ini maka keluarga yang anda tinggalkan ada yang menanggung meski anda tidak ada disisi mereka.

B. Perlindungan dari Resiko Meninggal Dunia

Setiap orang memiliki resiko kesehatan tersendiri. Namun, dengan menggunakan asuransi jiwa maka anda setidaknya bisa memproteksi diri dari berbagai penyakit yang sifatnya membahayakan nyawa anda.

Seperti penyakit jantung koroner, tuberklosis, diabetes, darah tinggi dan lain sebagainya. Jika anda mengidap salah satu penyakit tersebut, maka anda akan diobati oleh pihak asuransi hingga anda sembuh.

C. Mempersiapkan Hari Tua

Dengan menggunakan asuransi ini maka bukan hanya jiwa anda saja yang bisa tertolong. Melainkan masa tua anda juga bisa terselamatkan. Karena dengan premi yang anda bayarkan secara rutin setiap bulannya bisa anda ambil dimana jatuh tempo.

Jenis Jenis Asuransi Jiwa

Berdasarkan jenisnya asuransi ini memiliki beberapa jenis. Yang mana setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Asuransi-asuransi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing individu masyarakat. Beberapa jenis asuransi jiwa tersebut antara lain sebagai berikut:

A. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Term life Insurance merupakah salah satu jenis asuransi jiwa yang berfungsi untuk memberikan proteksi dalam jangka waktu tertentu saja. Pada umumnya, asuransi ini hanya memberikan perlindungan  selama 5, 10 hingga 20 tahun.

Dengan menggunakan asuransi ini maka anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti berikut ini:

Namun disisi lain kelemah dari asuransi ini adalah:

B. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Asuransi ini bisa memberikan proteksi seumur hidup, walau perusahaan asuransi membatasi hingga 100 tahun saja.

Asuransi jenis ini sangat disarankan sekali bagi anda yang memang tidak memiliki tanggungan sama sekali, serta menginginkan manfaat lebih dari sekedar asuransi.

Jika anda menginginkan jenis asuransi yang juga berfungsi sebagai tabungan untuk bekal di kala genting maka anda bisa memilih asuransi ini.

Beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika anda menggunakan asuransi ini diantaranya:

Namun dibalik itu kelemahannya adalah:

C. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Asuransi ini memiliki dua manfaat yaitu sebagai asuransi berjangka dan juga tabungan. Beberapa keuntungan yang akan didapat dari asuransi ini adalah:

Disisi lain kekurangannya adalah:

D. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi ini merupakan asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dan investasi. Asuransi jenis ini biasanya lebih sering ditawarkan oleh agen asuransi.

Jika anda ingin berinvestasi namun tidak mengerti cara berinvestasi dan ingin sekaligus mendapatkan manfaat perlindungan jiwa maka anda bisa menggunakan asuransi ini.

Keuntungan dari asuransi ini adalah:

Sedangkan kekurangannya antara lain:

Contoh-Contoh Asuransi Jiwa

Di Indonesia perusahaan asuransi ini lumayan banyak sekali. Dan beberapa daftar dan contoh perusahaan asuransi tersebut antara lain sebagai berikut: