Inilah Cara Merubah Format Video Menjadi Karaoke Terbukti Berhasil!

By

'

Karaoke merupakan hiburan tersendiri bagi semua orang, sayangnya, biaya untuk karaoke tidak murah. Hal ini lah menyebabkan pengguna memilih untuk karaoke dirumah, namun video untuk karaoke biasanya memiliki suara dari milik penyanyinya. Tenang saja, terdapat beberapa cara merubah format video menjadi karaoke. Perubahan video ini dapat dilakukan melalui android sehingga pembaca tidak membutuhkan PC dalam proses pengubahan ini. Inilah cara yang bisa dilakukan:

Menggunakan Aplikasi Audio Extractor

Tahapan Pertama cara merubah format video menjadi karaoke ini bisa dilakukan pada aplikasi Audio Extractor. Tujuan penggunaan aplikasi ini untuk memisahkan audio yang ada di dalam video. Hal ini dilakukan sesuai dengan tujuan utama untuk merubahnya menjadi video karaoke. Berikut tahapan yang harus dilalui adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Aplikasi Audio Extractor Telah Terinstal

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam tahapan ini, tentunya terlebih dahulu untuk download aplikasi yang bernama Audio Extractor. Aplikasi ini dapat ditemukan pengguna di dalam Google Play Store. Setelah berhasil terunduh, barulah aplikasi ini diinstall untuk dapat digunakan.

2. Cari Video yang Akan Dipisahkan dan Pilih ‘Launch Video Selector

Aplikasi yang sudah terinstal ini, langsung izinkan semua akses yang ada. Langkah berikutnya pengguna cukup untuk memilih kotak pilihan yang bertuliskan ‘Launch Video Selector’. Berikutnya, pengguna akan diarahkan ke dalam pemilihan video, pilihlah video yang akan masuk dalam tahapan edit. Pengguna cukup melakukan klik ‘Start Extraction’ pada video yang sudah dipilih sebelumnya.

3. Simpanlah Video Tersebut

Video yang berada dalam proses ekstraksi ini akan memakan beberapa waktu. Biasanya, proses tersebut tidak akan memakan waktu yang lama, jika video tersebut tidak termasuk kedalam golongan video dengan kapasitas yang berat. Video yang diekstraksi tersebut akan diproses dengan format nama awalnya .m4a. Pastikan bahwa video tersebut telah tersimpan dengan rapi.

Hilangkan Audio Menggunakan Aplikasi Vocal Remover For Karaoke

Pada tahapan kedua dari cara merubah format video menjadi karaoke ini yaitu menggunakan aplikasi Vocal Remover For Karaoke. Aplikasi ini memiliki tujuan menghilangkan suara vokal yang ada sehingga dapat menghasilkan audio yang berbentuk karaoke. Berikut tahapan yang yang pengguna lakukan antara lain:

1. Download Aplikasi Vocal Remover For Karaoke

Langkah pertama yang harus pengguna lalui yaitu mendownload aplikasi yang Vocal Remover For Karaoke. Pengguna dapat menemukan aplikasi tersebut di dalam Google Play Store. Pastikan bahwa developer dari pemilik aplikasi tersebut bernama Kasidej K. Perhatikan juga bahwa akses dari aplikasi telah diizinkan semua secara keseluruhan.

2. Klik ‘Remove Vocal

Langkah berikutnya pengguna harus memilih fitur yang bertuliskan ‘Library’. Pilihlah video yang sebelumnya telah melalui ekstraksi video terlebih dahulu. Jangan sampai salah dalam memilih video sebab nama yang dimiliki sama seperti saat sebelum diekstraksi. Video yang sudah pilih tersebut akan masuk ke dalam tampilan aplikasi.

Pengguna cukup klik ‘Switch’. Letak dari kotak pilihan ‘Switch’ ini berada pada sebelah dari tulisan ‘Remove Vocal’. Jangan lupa untuk mengatur slide bagian bawah layar. Tujuan agar dapat menyesuaikan kekuatan efek vocal removernya.

3. Klik ‘Ok’

Semua tahapan telah terjalankan dengan benar maka pembaca cukup untuk klik ‘Save’. Jangang lupa untuk membuat yang sesuai dengan keinginanmu. Langkah terakhir, pilihlah ‘Ok’, dan tunggu lah sampai proses penyimpanan selesai. Pastikan bahwa video telah tersimpan.

Memasukkan Audio dengan Aplikasi Video Sound Editor

Tahapan ketiga dan juga tahapan terakhir dari cara merubah format video menjadi karaoke yaitu menggunakan aplikasi Video Sound Editor. Tujuannya adalah agar pengguna memasukkan suara vocal yang diedit sebelumnya. Berikut tahapan yang harus pengguna lakukan yaitu:

1. Download Aplikasi Video Sound Editor

Tentunya tahapan pertama yang harus dilalui pengguna adalah download aplikasi yang bernama Video Sound Editor. Aplikasi besutan dari AndroTechMania ini dapat penguin temukan dalam Google Play Store. Pastinya, tidak akan mengeluarkan biaya sedikit pun juga. Jangan lupa untuk memberikan akses keseluruhan pada aplikasi.

2. Pilih ‘Add Audio

Langkah berikutnya adalah pengguna cukup memilih kotak pilihan ‘Add Audio to video’. Pilihlah video yang sebelum telah di ekstraksi pada tahapan pertama. Berikutnya ‘Add Audio’, pilihlah audio yang sebelumnya telah diedit menjadi audio karaoke, setelahnya klik ‘Add’.

3. Klik Ikon Centang

Semua telah terselesaikan dengan makan pengguna dapat memilih untuk klik ikon centang yang tersedia di dalam tampilan tersebut. Tunggulah proses ini hingga selesai, perlu diinformasikan akan memakan waktu yang cukup lama. Pastikan semua telah tersimpan dengan rapi.

Itulah beberapa cara merubah format video menjadi karaoke yang direkomendasikan. Kelihatannya seakan sulit dan begitu panjang tapi faktanya tahapan tersebut tidak sesulit yang dibayangkan. Pengguna bisa melakukan beberapa cara diatas untuk bisa karaoke bersama keluarga.