Data Tidak Muncul Meskipun Sudah Di Aktifkan? Inilah 5 Tips Atasi Data Seluler Tidak Muncul Di HP

By

'

Inilah 5 Tips Atasi Data Seluler Tidak Muncul Di HP-

Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana data seluler yang sudah di aktifkan, tapi kok ga muncul ya? Tampilan ikon sinyal di HP masih tetap sama seperti kita tidak meng-aktifkan data. Atau bahkan ikon sinyal pun ikut menghilang.

Sungguh bikin kesal ya, apalagi kamu dalam keadaan mendesak dan membutuhkan akses internet. Banyak yang beranggapan bahwa perangkat HP rusak, tapi nyatanya ada hal-hal lain yang menyebabkan kejadian ini terjadi lho!

Nah supaya tidak penasaran, kali ini Carapedi akan memberikan beberapa penyebab dan tips untuk mengatasi masalah data seluler yang tidak muncul meskipun sudah di aktifkan ini. Tak usah berlama-lama, Yuk kita simak!

1. Tidak Ada Sinyal

inilah-5-tips-atasi-data-seluler-tidak-muncul-di-hp
Source : Unsplash.com

Penyebab pertama yang menjadikan terjadinya data seluler tidak muncul adalah faktor sinyal yang buruk. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu ada di daerah yang memang menghasilkan sinyal jelek. Seperti gunung, hutan, atau beberapa tempat-tempat tertentu.

Jadi jangan heran jika kamu berada di tempat tersebut, data seluler nya tiba-tiba menghilang. Usahakan untuk pergi ke tempat yang lebih memiliki koneksi bagus seperti kawasan yang dekat dengan kota supaya sinyal nya muncul lagi.

2. Daftarkan Kartu SIM

inilah-5-tips-atasi-data-seluler-tidak-muncul-di-hp
Source : Unsplash.com

Tidak hanya karena sinyal buruk, permasalahan kartu SIM pun menjadi faktor utamanya. Sudah menjadi hal wajib, bahwa setiap pembelian atau pemakaian kartu perdana, harus mendaftarkan nya terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.

Maka, jika kamu belum mendaftarkan nya, segeralah untuk mengirim biodata yang di sarankan setiap provider ke nomor tujuan. Agar nomor tersebut terdaftar dan bisa mulai digunakan. Umumnya, cara registrasi ini akan di permudah dengan rangkaian langkah yang sudah di berikan pada penjelasan bungkus kartu SIM.

3. Perubahan APN

inilah-5-tips-atasi-data-seluler-tidak-muncul-di-hp
Source : Unsplash.com

APN atau Access Point Name adalah sebuah protokol yang akan membuat smartphone-mu tervalidasi untuk akses jaringan penyedia layanan internet. Umumnya, APN ini sudah di atur secara otomatis oleh operator. Namun apabila kamu pernah mengotak-atik nya, bisa saja menimbulkan masalah.

Dan salah satunya adalah data seluler tidak muncul meskipun sudah aktif. Di sarankan agar kembalikan pengaturan APN ke mode otomatis, layaknya sebelum kamu belum mengubahnya waktu itu. Agar bisa kembali bekerja dengan normal.

4. Permasalahan Pada Sistem Operasi

inilah-5-tips-atasi-data-seluler-tidak-muncul-di-hp
Source : Unsplash.com

Setiap smartphone memang memiliki sistem operasi berbeda-beda, bahkan kemampuan juga tidak selalu sama. Jika perangkat HP mu memang memiliki kinerja yang kurang, biasanya selalu terjadi error atau hang. Dan salah satu dampaknya data seluler pun tidak muncul.

Jadi, cobalah untuk aktifkan ulang atau restart supaya sistem kembali segar dan bekerja normal. Atau kamu juga bisa lakukan Factory reset supaya mengembalikannya ke awal pemakaian atau sering di sebut setelan pabrik.

5. Periksa Adanya Kerusakan Hardware

inilah-5-tips-atasi-data-seluler-tidak-muncul-di-hp
Source : Unsplash.com

Tips yang terakhir, cobalah untuk periksa komponen hardware smartphone-mu. Karena bisa saja permasalahan data seluler ini, di akibatkan oleh rusaknya komponen hardware yang utamanya pada bagian kartu SIM. Sehingga akan bermasalah juga pada keberlangsungan pemakai.

Untuk mengatasinya, kunjungi Service Center yang satu merk dengan smartphone mu untuk dilakukan perbaikan. Jangan coba-coba untuk memperbaiki sendiri, jika memang belum memahaminya. Jangan sampai membuat kesalahan karena ulah sendiri.

Baca Juga : 7 Langkah Lepas Tempered Glass Yang Aman Di Jamin 100% Work

Itulah beberapa tips untuk mengatasi data seluler yang tidak muncul meskipun sudah di aktifkan. Kenali penyebabnya terlebih dahulu agar mengetahui juga cara untuk mengatasinya.

Sekian dari admin, semoga bermanfaat ya!