Inilah 5 Cara Memasang Iklan di Tiktok Dengan Mudah

By

'

Cara Memasang Iklan di Tiktok – Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang paling terkenal saat ini. Dengan adanya event download Tiktok yang berhadiah uang, semakin banyak orang yang mendownload aplikasi ini.

Tiktok dibuat oleh perusahaan asal China, ByteDance. Tiktok sendiri merupakan platform berbagi video dengan durasi pendek. Rata-rata konten di aplikasi Tiktok berupa dance, dan berbagai konten menarik lainnya.

Bukan hanya itu, kita juga dapat memasang iklan di aplikasi Tiktok untuk mempromosikan bisnis atau produk. Dengan jumlah pengguna yang semakin meningkat, tentu memasang iklan di Tiktok akan berdampak positif bagi bisnismu.

Keuntungan Memasang Iklan di Tiktok

olivier bergeron 5JSZzMilCVo unsplash
Photo by Olivier Bergeron on Unsplash

Saat pertama kali Tiktok dirilis secara beta, sudah banyak brand-brand terkenal seperti Nike, Fenty, Apple Music, Beauty, dan Grubhub yang memasang iklan di Tiktok. Memasang iklan di Tiktok akan sangat menguntungkan, karena banyaknya pengguna aktif di aplikasi ini.

Rata-rata pengguna Tiktok adalah Gen-Z atau biasa disebut Generasi-Z. Generasi-Z cenderung tidak gaptek, dan mudah tertarik dengan barang-barang unik. Hal ini akan berdampak baik bagi bisnismu.

Jenis Iklan di Tiktok

Terdapat beberapa jenis iklan di Tiktok, tapi baru tersedia di beberapa negara. Berikut adalah jenis-jenis iklan di Tiktok:

  • Pre-roll Ads: Iklan yang muncul ketika pengguna membuka aplikasi.
  • In-feed Ads: Iklan yang muncul ketika pengguna melakukan scroll di feed.
  • Branded Effects: Filter khusus yang digunakan untuk membuat konden video, namun menampilkan brand khusus.
  • Promoted Hashtag Challenge: Iklan yang mendorong pengguna untuk menggunakan hashtag khusus.

Cara Memasang Iklan di Tiktok

1. Buat Akun Iklan Tiktok

Capture5
Halaman Register Tiktok For Business

Jika kamu belum memiliki akun Tiktok for Business, buat terlebih dahulu melalui situs resminya. Atau bisa juga melalui link ini. Kamu dapat membuat akun menggunakan email maupun nomor telepon.

2. Buat Tiktok Ad Campaign

  • Pada menu utama Tiktok Ads, klik Campaign di bagian atas halaman.
  • Klik tombol buat.
  • Selanjutnya, pilih tujuan kampanye (iklan) atau tujuanmu membuat iklan.
  • Terdapat 3 pilihan yang disediakan, yaitu konversi, lalu lintas, dan pemasangan aplikasi.
  • Untuk menentukan anggaran, pilih menu anggaran harian atau total anggaran, di bawah pengaturan.

Perlu diingat, kamu harus menyiapkan anggaran harian minimal $500.

3.Atur Placement, Detail, dan Target Iklan yang Dipasang di Tiktok

Dengan Tiktok Ads, kamu dapat menjalankan iklan di platform lain yang bekerja sama dengan Tiktok. Misalnya Vigo, News Republic, Buzz Video, dan platform lainnya.

Iklanmu akan ditempatkan secara otomatis oleh Tiktok, sehingga kamu tidak perlu pusing memikirkan target platform. Hal ini juga membuat Tiktok Ads cocok untuk pemula.

Kamu diharuskan mengisi data-data secara mendetail. Pastikan kata kunci yang digunakan sesuai dengan produk atau bisnismu.

4.Kontrol Anggaran, Durasi, dan Tujuan Iklan

Meskipun efektif, membuat iklan di Tiktok terbilang cukup mahal. Kamu harus memiliki anggaran $500/hari. Jika biaya sudah bukan menjadi masalah, kamu hanya tinggal membagi iklanmu ke dalam beberapa grup. Misalnya setiap iklan harus memiliki anggaran $50/hari.

Tentukan durasi iklan yang ingin ditampilkan. Misalnya secara harian atau mingguan. Tujuan iklan juga sangat penting untuk menentukan banyaknya orang yang melihat iklanmu. Kamu juga dapat menggunakan fitur Smart Optimization untuk memaksimalkan iklanmu.

5. Buat Desain Iklan Menggunakan Tiktok

Tidak semua konten di Tiktok dapat terkenal dalam waktu lama. Oleh karena itu, kamu ingin membuat iklan video di Tiktok, gunakan cara yang lebih kreatif.

Kamu dapat membuat template video atau gambar yang sudah disesuaikan dengan brand produkmu. Jika templatemu menarik, banyak orang akan menggunakannya. Jadi, brand mu akan terus tersebar meskipun sudah tidak memasang iklan di Tiktok.

Itulah 5 cara memasang iklan di Tiktok. Jika kamu tertarik untuk memasang iklan di Tiktok, cobalah untuk menggunakan cara-cara di atas tadi. Temukan tips dan trik lainnya di Carapedi.id Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.