Koneksi Lemot? Inilah 5 Benda Penyebab Koneksi WiFi Lambat

By

'

Inilah 5 Benda Penyebab Koneksi WiFi Lambat

Segala kebutuhan sekarang yang bisa dilakukan secara online mengharuskan selalu terhubung dengan akses internet. Untuk menjangkau-nya sendiri kamu bisa membeli kuota lalu mengaktifkan data seluler atau dengan melalui fitur WiFi.

Kepopuleran WiFi membuat banyak digunakan di berbagai tempat seperti kantor, sekolah, dan tempat umum lain. Hal ini tentu akan membuat banyak pengguna yang memakainya apalagi kalau gratis. Maka tidak heran konektivitas nya akan melambat seiring banyaknya pemakai.

Tapi tahukah kamu, selain banyaknya pemakai, koneksi WiFi juga bisa menjadi lambat karena keberadaan benda-benda di sekitar rumah? Tampaknya mustahil, tapi hal ini benar-benar terbukti dan memang sudah dilakukan pengamatan oleh para ahli.

Mau tahu apa saja benda yang menyebabkan koneksi WiFi-mu menjadi lambat? Yuk kita simak ulasannya.

1. Microwave

inilah-5-benda-penyebab-koneksi-wifi-lambat
Source : Unsplash

Benda dapur yang satu ini ternyata bisa mengganggu koneksi WiFi-mu lho! Beberapa kejadian terbukti di alami pada router lama. Ini di sebabkan karena microwave berjalan pada frekuensi 2,45 GHz. Dan sangat dekat dengan pita WiFi yang 2,4 GHz.

Hal tersebut dapat mengakibatkan frekuensi pada kedua barang menjadi tumpang tindih sehingga akan berpengaruh pada data koneksi WiFi di dekatnya.

2. Dinding Dari Bahan Tertentu

inilah-5-benda-penyebab-koneksi-wifi-lambat
Source : Pixabay

Seperti sepele, padahal keberadaannya sangat berpengaruh pada keberlangsungan operasi transfer data WiFi. Yap, Dinding yang terbuat dari bahan beton, marmer, plester akan mengganggu jaringan WiFi lho!

Di sarankan agar kamu letakkan router di tempat terbuka dan tidak menempel atau jauh dari dinding dengan bahan tersebut. Semakin luas ruangan, maka akan semakin bagus juga jaringannya.

Baca Juga : 6 Langkah Mudah Dengarkan Musik Spotify Tanpa Aplikasi

3. Cermin

inilah-5-benda-penyebab-koneksi-wifi-lambat
Source : Unsplash

Benda ketiga yang juga mempengaruhi koneksi WiFi adalah cermin. Selalu di pakai sebagai alat untuk memantulkan bayangan dari diri kita, ternyata cermin juga bisa memantulkan sinyal WiFi yang berada di dekatnya.

Di sebabkan oleh pantulan tersebutlah sinyal pada WiFi akan melambat dan terganggu. Sehingga ada baiknya jauhkan router dari cermin di rumahmu. Agar jaringannya kembali stabil.

4. Benda Berbahan Logam

inilah-5-benda-penyebab-koneksi-wifi-lambat
Source : Unsplash

Sifat dari WiFi yang memancarkan gelombang elektromagnetik, sangat berlawanan dengan logam yang merupakan konduktor dan bersifat menyerap listrik. Hal tersebut akan membuat gelombang router terhalang dan tidak menyebar dengan sempurna.

Maka jauhkanlah benda yang terbuat dari bahan logam dengan router WiFi di rumahmu untuk menjaga ke stabilannya. Dan terhindar dari kejadian koneksi lemot!

5. Mesin Cuci Dan Kulkas

inilah-5-benda-penyebab-koneksi-wifi-lambat
Source : Unsplash

Sama-sama benda elektronik, tapi sifatnya saling bertolak belakang. Pasalnya mesin cuci dan kulkas merupakan peralatan yang akan mengalirkan air melalui pipa. Sedangkan sifat air sendiri akan menyerap semua energi dari gelombang nirkabel seperti WiFi.

Hal tersebut akan membuat gelombang suara membias akibat pantulan air tadi dan membuat perangkat router menjadi lambat untuk terhubung. Tentu ini akan berpengaruh sekali pada terjadinya jaringan yang melambat.

Baca Juga : 5 Trik Beli Smartphone Bekas Agar Tidak Tertipu

Jadi itulah benda-benda penyebab terjadinya koneksi WiFi yang melambat, tak perlu pusing lagi untuk mengatasinya. Cukup jauhkan perangkat router dari benda-benda yang sudah di bahas sebelumnya agar sinyal-nya kembali stabil.

Sekian artikel dari admin Carapedi kali ini, Semoga Bermanfaat ya!