Habiskan Waktu Bersama Keluarga, Inilah Cara Memindahkan Layar HP Ke TV yang Wajib Dicoba

By

Terdapat begitu banyak cara menghabiskan waktu bersama keluarga, salah satunya menonton film. Aktivitas ini tentunya dapat dilakukan di dalam bioskop, namun tentunya rasa kekeluargaan tidaklah terasa. Oleh karena itu, orang-orang memilih menonton film bersama keluarga di dalam rumah. Tidak semua TV rumah dapat memberikan pelayanan film, tetapi laptop juga kurang efektif untuk menonton bersama. Lalu, hanya satu solusinya yaitu HP. Bagaimana cara memindahkan layar HP ke TV?

Terdapat begitu banyak cara yang bisa ditawarkan untuk permasalahan ini. Tentunya akan diberikan opsi yang begitu banyak untuk cara memindahkan layar HP ke TV secara lengkap. Inilah sederet opsi pemindahan layar HP ke dalam TV yang direkomendasikan yaitu:

1. Melalui Aplikasi TV atau HP

Rekomendasi pertama untuk cara memindahkan layar HP ke TV ini menggunakan aplikasi dari HP atau TV. Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan kebutuhan dari pengguna. Pada umumnya cara ini menggunakan wireless display atau miracast yang terdapat di dalam HP atau TV dari pengguna. Namun, terdapat juga beberapa TV yang tidak memberikan fitur tersebut. Dengan demikian solusi yang bisa diberikan yaitu Dongle.

Setiap aplikasi di dalam TV maupun HP memiliki pengaturan yang berbeda beda. Kali ini akan diberikan contoh pengaturan aplikasi TV dan HP yaitu:

  1. Pengaturan Aplikasi TV

Pemindahan layar dari HP ke TV tidak serta-merta bisa dilakukan. Pengguna perlu melakukan konfigurasi atau pengaturan, baik dari TV maupun HP. Berikut tata cara memindahkan layar HP ke TV menggunakan Samsung Smart TV yaitu:

  1. Jangan lupa untuk terus memastikan TV dalam keadaan yang menyala
  2. Kemudian, pilihlah tombol ‘source’ pada remote yang tersedia
  3. Pada pilihan yang tersedia maka pilihlah ‘screen mirroring’
  4. Tunggu selama kurang lebih 2 menit untuk TV memindai perangkat yang tersedia
  5. Setelah 2 menit, segera aktifkan fitur ‘miracast
  6. Pengaturan Aplikasi TV

Jika TV telah berhasil dikonfigurasi, selanjutnya pengguna bisa melakukan konfigrasi pada ponsel pintar. Berikut tata cara pemindahan layar HP ke TV melalui Samsung yaitu:

  1. Cari lah menu ‘smart view
  2. Jika telah menemukannya cukup klik untuk mengaktifkannya

2. Melalui Chromecast

Jika mendengar kata Chrome maka yang akan teringat adalah hubungannya dengan Google. Tentunya Chromecast pun memiliki hubungan yang erat dengan Google. Seperti yang telah diketahui bahwa Chromecast merupakan alat seperti Dongle yang dihasilkan oleh Google.

Alat ini dapat digunakan untuk mengakses sejumlah tempat seperti streaming TV ataupun musik. Dalam proses pengaktifannya, Chromecast harus disambungkan melalui port HDMI TV dan kemudian mengaksesnya melalui WiFi di HP dan Chromecast siap untuk digunakan.

3. Melalui HDMI

Cara terakhir ini merupakan cara termudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja dari berbagai umur tentunya. Para pengguna hanya  memerlukan kabel HDMI yang telah dicolokkan di port HDMI yang tersedia kemudian menyambungkannya dengan HP. Namun, jika sambungan tidak cocok dengan ukuran HP maka pengguna harusmemiliki HDMI micro untuk menunjangnya. HDMI dapat ditemukan pada toko-toko yang menjual alat komputer. Langkah ini sebenarnya merupakan langkah yang paling direkomendasikan sebab pengguna hanya memerlukan kabel HDMI saja.

Apakah cara memindahkan layar HP ke TV yang direkomendasikan berhasil? Jika berhasil maka ini kabar bahagia sebab dapat membantu pengguna dalam menemukan solusi. Namun, jika tidak maka sangat disarankan untuk mencari ahlinya dalam hal tersebut. Hal yang ditakutkan adalah terdapatnya permasalahan pengaturan yang terjadi pada TV atau HP dari pengguna.