Fungsi & Cara Membuat Activity Diagram di Visual Paradigm

Fungsi & Cara Membuat Activity Diagram di Visual Paradigm

Apabila kamu sudah paham tentang UML (Unified Modeling Language), maka diagram Activity ini merupakan salah satu bagiannya. Jika kamu mau tahu bagaimana cara membuat activity diagram, maka kali ini akan saya coba jelaskan dengan menggunakan visual paradigm.

Artikel ini di dedikasi kan buat kamu yang sedang belajar cara bikin diagram activity. Saya juga masih belajar loh ya, jadi mari kita bahas bareng-bareng saja materi nya.

Apa itu Activity Diagram?

Sebagai pembuka, mari kita awali dengan pembahasan mengenai pengertiannya terlebih dahulu. Tujuannya agar kita lebih mudah memahami lebih dalam mengenai materi yang akan kita bahas ini.

Berdasarkan pengertiannya, Activity diagram ini merupakan sebuah diagram yang menggambarkan sebuah aktivitas yang di lakukan oleh user ataupun program, siapa saja yang terlibat serta sequential flow pada aktivitas tersebut.

Fungsi Activity Diagram

Activity diagram tentu memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat yang akan di dapatkan. Beragam manfaat yang akan di dapatkan jika kita menggunakan activity diagram diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Cara bikin sequence diagram

Komponen Activity Diagram

Sebelum kamu kita pelajari cara membuat activity diagram, terlebih dahulu kita harus paham beberapa komponen di dalamnya. Karena untuk dapat membuatnya kita akan menggunakan beberapa komponen tersebut. Adapun beragam jenis komponen tersebut diantaranya:

Berikut ini adalah tabel dan ilustrasi komponen yang digunakan dalam pembuatan activity diagram.

cara membuat activity diagram

Cara Membuat Activity Diagram di Visual Paradigm

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat kamu gunakan untuk membuat activity diagram. Namun saya memilih untuk menggunakan visual paradigm karena lebih mudah dan saya punya aplikasinya hehe.

Cara buat activity dengan menggunakan visual paradigm sangat mudah sekali berikut ini adalah langkah-langkah cara membuatnya:

Sampai disini cara membuat activity diagram dengan menggunakan visual paradigm sudah selesai. Sekarang kamu bisa menggunakannya. Sangat mudah bukan? Silahkan kamu cobain sendiri.