10 Daftar Waralaba & Franchise Terpopuler di Indonesia 2020

By

10 Daftar Waralaba & Franchise Terpopuler di Indonesia 2020- Memiliki sebuah bisnis adalah impian banyak orang, namun kendala modal sering kali menjadi hambatan nya.

Jika kamu saat ini juga sedang merasakan hal demikian, maka bisnis waralaba atau franchise adalah jawabannya. Bisnis franchise sekarang ini sedang populer di tengah masyarakat Indonesia.

Bisnis ini adalah jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal yang banyak namun bisa memberikan keuntungan yang tinggi. Hal ini karena produk yang dijual sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Menjalankan bisnis ini tidak perlu repot lagi memikirkan management dan segala hal yang berkaitan dengan pengaturan bisnis, karena sudah ada sistem yang mengaturnya dengan baik.

Kamu hanya perlu memilih jenis franchise yang tepat untuk kamu gunakan. Jika kamu memilih jenis franchise yang tepat, maka kamu bisa mendapatkan royalty yang lumayan.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum memulai usaha waralaba, atau franchise ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, diantaranya:

1. Sesuaikan dengan Skill

Sebelum memilih jenis bisnis waralaba yang akan kamu pilih, pastikan kamu memilih jenis bisnis waralaba yang memang sesuai dengan skill dan keahlian kamu.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa senang menjalani bisnis yang kamu geluti tersebut. Kalaupun kamu tidak ahli di bidangnya, minimal kamu menyukai jenis bisnis waralaba tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada beberapa daftar jenis bisnis waralaba yang bisa dipilih seperti kuliner, barbershop, minimarket, minuman dan lain-lain.

2. Pelajari Bisnis Waralaba yang Dipilih

Setiap jenis bisnis waralaba pasti memiliki trend pasar dan strategi market yang berbeda-beda. Maka dari itu ketika kamu akan memilih dan menjalankan bisnis waralaba tersebut kamu harus pelajari dengan baik bisnis waralaba tersebut.

Kenali dan pelajari seluk beluk bisnis franchise yang kamu pilih. Kenali strategi pemasaran, pembayaran serta kenali dengan baik brand nya.

3. Siapkan Modal yang Cukup

Modal adalah hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum mulai bisnis waralaba ini. Meski memang modal yang dipersiapkan tidak begitu besar namun kamu harus sudah memilikinya.

Cek dan lakukan survey harga di beberapa brand yang akan kamu pilih. Karena biasanya setiap brand memberikan tarif yang berbeda-beda.

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang kamu gunakan akan sangat menunjang sekali terhadap kesuksesan bisnis waralaba kamu. Jika lokasi yang kamu gunakan bagus dan strategis maka bisnis waralaba kamu akan sukses dengan mudah.

Sebaliknya, jika lokasi kamu kurang bagus, maka bisnis waralaba kamu akan sulit berkembang.

Daftar Waralaba atau Franchise

daftar waralaba

Di Indonesia ada banyak sekali daftar waralaba yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis dengan mudah. Nah untuk kamu yang berencana untuk menjalankan bisnis ini, berikut adalah 10 daftar bisnis franchise yang populer di Indonesia.

1. Waralaba McDonalds

Siapa yang tidak kenal dengan McDonalds. Perusahaan makanan siap saji dari Amerika ini begitu populer sekali di kalangan masyarakat Indonesia. Nah buat kamu yang berencana ingin membuka franchise makanan maka McDonalds adalah pilihan yang tepat.

McDonalds memiliki brand yang sudah populer. Kamu tidak akan kesulitan sama sekali ketika menjalankan bisnis ini.

2. Waralaba Indomaret

Indomaret merupakan salah satu jenis bisnis waralaba terbesar di Indonesia saat ini. Ada ribuan cabang di setiap kota seluruh Indonesia. Kamu yang menyukai dunia retail, cocok sekali memilih franchise Indomaret.

Indomaret memiliki bisnis waralaba yang sudah terintegrasi dengan baik. Sehingga kamu bisa mengembangkannya dengan baik.

3. Waralaba KFC

Pesaing McDonalds yaitu KFC juga memberikan peluang bagi siapa saja yang ingin berbisnis waralaba atau franchise. Kamu yang senang berbisnis food atau makanan cocok sekali memilih franchise KFC.

KFC juga sudah memiliki brand yang besar dan sudah di kenal banyak orang di seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

4. Waralaba JNE

Jasa expedisi yang satu ini juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin bermitra dengannya. Tentunya dengan keuntungan yang lumayan tinggi.

Buat kamu yang memang suka dengan bisnis expedisi seperti ini maka kamu akan cocok sekali menjalankan bisnis waralaba ini.

5. Waralaba Chatime

Chatime merupakan salah satu bisnis waralaba terbaik pada tahun 2018. Chatime bukan hanya sukses dalam negeri, bahkan menyebar ke beberapa negara lainnya.

Chatime merupakan bisnis waralaba berjenis minuman. Produknya cocok dan di sukai semua kalangan. Selain itu, harga franchise chatime juga sangat murah. Kamu tidak butuh modal yang besar untuk menjalankan bisnis waralaba ini.

6. Waralaba PizzaHut

Satu lagi bisnis waralaba yang cukup populer di bidang makanan ringan adalah PizzaHut. Siapa yang tidak kenal dengan brand makanan yang satu ini.

Produk PizzaHut sudah terkenal di luar negeri, sehingga ketika kamu pasarkan di Indonesia juga akan banyak sekali peminatnya.

7. Daftar Waralaba Laundry

Untuk kamu yang ingin berbisnis waralaba laundry kamu bisa menjalankan bisnis simply fresh laundry. Ini adalah salah satu perusahaan waralaba laundry terpopuler di Indonesia saat ini.

Margin keuntungan yang tinggi bisa kamu dapatkan dengan mudah. Apalagi jika lokasi di tempat kamu strategis.

8. Waralaba Apotek K-24

Kamu pasti pernah melihat apotek k-24 di kota kamu. Ini adalah salah satu perusahaan apotek waralaba terbesar di Indonesia yang menjual beragam jenis obat-obatan.

Kamu yang merupakan lulusan ahli kesehatan ataupun apoteker sangat cocok sekali menjalankan bisnis waralaba dari apotek k -24 ini.

9. Waralaba Alfamidi

Satu lagi perusahaan retail yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan bisnis franchise adalah alfamidi. Alfamidi adalah jenis perusahaan retail yang cukup terkenal di Indonesia.

Jika kamu memiliki lokasi yang strategis, maka akan sangat cocok sekali kamu manfaatkan untuk menjalankan bisnis waralaba alfamidi.

10. Waralaba Richeese Factory

Siapa sih yang tidak kenal dengan richeese factory. Buat para penikmat makanan serba keju pati kenal dengan richeese factory. Outletnya tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Jika kamu memang suka berbisnis makanan maka richeese bisa masuk kedalam list pilihan bisnis waralaba selain KFC dan McDonalds.

Nah itulah 10 daftar bisnis waralaba atau franchise yang paling populer di Indonesia tahun 2020. Dari uraian bisnis waralaba yang di atas, bisnis waralaba manakah yang akan kamu pilih?