Ciri-Ciri Seller Penipu di Shopee, No. 4 Sering Terjadi

By

Ciri-Ciri Seller Penipu di Shopee — Belanja online sudah menjadi kebiasaan saat ini. Salah satu toko online terkenal di Indonesia adalah Shopee.

Shopee menawarkan barang dengan berbagai diskon dan voucher gratis ongkir. Namun, kamu perlu berhati-hati. Pasalnya, harga yang terlalu murah dapat menjadi salah satu ciri penipuan.

Penipu akan selalu ada, selama pembelinya tidak berhati-hati. Untuk meminimalisir kemuningkinan tertipu, kali ini Carapedi akan memberikan ciri-ciri seller penipu di Shopee.

Ciri-Ciri Seller Penipu di Shopee

Seller penipu biasanya akan diblokir oleh pihak Shopee jika ketahuan. Mungkin kamu pernah melihat sebuah barang di Shopee dengan harga murah, telah dibeli oleh banyak orang, namun banyak respon negatif.

Hal tersebut kurang bisa disebut penipuan. Karena kualitas barang bergantung kepada harga. Jika kamu membeli barang dengan harga terlalu murah dibanding harga biasa, jangan heran jika kualitas barang yang diterima jelek. Ciri-ciri seller penipu di Shopee:

1. Harga Terlalu Murah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga yang murah berbanding lurus dengan kualitas. Namun seller penipu biasanya menawarkan harga yang lebih tidak masuk akal lagi.

Misalnya seorang seller menjual TV yang seharusnya memiliki harga Rp5.000.000, dia jual dengan harga Rp500.000.

Dan yang lebih licik lagi, biasanya seller semacam ini menambahkan keterangan yang bersifat “Undian” pada deskripsi produknya. Sehingga pembeli yang terkecoh tidak akan bisa menuntut ganti rugi kepada seller tersebut.

2. Transaksi di Luar Aplikasi Shopee

Ini adalah ciri-ciri seller penipu di Shopee yang kedua. Biasanya para penipu meminta pembelinya berkomunikasi melalui WhatsApp atau media sosial lainnya. Kemudian menuntut pembeli untuk segera melakukan transfer ke rekening pribadi penjual.

Hal tersebut jelas akan membuat seller penipu sulit dilaporkan, karena Shopee sudah tidak bertanggung jawab atas hal tersebut. Oleh karena itu, jangan lakukan transaksi dengan penjual di luar aplikasi Shopee.

3. Barang Illegal

Seller penipu seperti ini biasanya menjual barang dengan harga sangat murah, tapi kualitasnya sesuai dengan aslinya. Berhati-hatilah, mungkin saja barang yang dijual berasal dari black market atau pasar illegal.

Tips Menghindari Penipuan di Shoppe

ciri-ciri seller penipu di shopee

Setelah mengetahui ciri-ciri seller penipu di Shopee, saya harap para pembaca dapat lebih berhati-hati dalam bertransaksi. Berikut ini Carapedi berikan tips menghindari penipuan di Shopee, agar pembeli menjadi semakin berhati-hati:

1. Lihat Ulasan dan Rating Toko

Ketika akan membeli suatu barang, lebih baik lihat ulasan terburuk lebih dahulu. Fakta menunjukan, kebanyakan pembeli memberikan ulasan kepada toko, sebelum mencoba produknya. Dan ketika terjadi kerusakan pada barang, hanya sedikit dari mereka yang mengubah ulasan. Entah karena kesal, atau malas mengubahnya lagi.

Oleh sebab itu, lebih baik lihat ulasan berbintang satu terlebih dahulu. Apalagi jika ulasannya menyertakan gambar dan video.

Agar semakin aman, saya sarankan untuk belanja di Shopee Mall. Karena kualitas produk di Shopee Mall sudah terjamin keasliannya.

2. Jangan Tergiur Dengan Harga yang Terlalu Murah

Yang satu ini pasti semua orang sudah tahu. Harga yang terlalu murah sangat beresiko. Bisa jadi kualitas barang yang diterima jelek, atau bahkan kamu tidak mendapatkan barang yang sudah dibeli.

3. Jangan Bertransaksi di Luar Aplikasi Shopee.

Jika penjual memintamu untuk melakukan transaksi via transfer ke rekening pribadi, jangan lakukan. Meskipun penjual beralasan bahwa barangnya akan segera habis atau dibeli orang lain, jangan sampai tertipu.

Ingat saja, penjual di Shopee itu ada banyak. Jadi, jika ada yang memaksamu melakukan transaksi di luar aplikasi Shopee, lebih baik abaikan dan berpindah ke toko lain.

4. Jangan Terpengaruh Dengan Hadiah Undian yang Mengatasnamakan Shopee

Modus terakhir yang paling sering terjadi. Jika kamu mendapat SMS atau telepon yang mengatasnamakan pihak Shopee, lebih baik abaikan saja.

Ada beberapa kasus dimana si penipu meminta kode OTP dari nomor handphone korban, kemudian penipu tersebut menggunakan akun Shopee korban untuk membeli barang. Sehingga si korban harus membayar tagihan, padahal dia tidak merasa membeli apapun.

Itulah artikel tentang ciri-ciri seller penipu di Shopee. Semoga bermanfaat dan berhati-hatilah dalam bertransaksi online.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.