Cara Uninstall Aplikasi Laptop Untuk Windows 10 dan Windows 8

By

'

Saat menggunakan laptop, terkadang ada aplikasi tertentu yang semakin jarang dipakai dan akhirnya tidak diperlukan lagi. Saat keberadaan aplikasi dinilai membebani penyimpanan dan tidak lagi penting, uninstal bisa menjadi pilihan. Cara uninstall aplikasi laptop dapat berlainan tergantung jenis Windows.

Rutin menghapus aplikasi memiliki dampak baik untuk laptop karena mengurangi bebannya. Berikut beberapa cara uninstal untuk Windows 10 dan juga Windows 8. Keduanya tipe yang banyak dipakai pengguna laptop saat ini.

Cara Uninstall Aplikasi pada Windows 10

Windows 10 termasuk sistem versi terbaru. Cukup banyak laptop masa kini yang menggunakannya. Pengguna yang laptopnya memakai sistem Windows 10 dapat melakukan tiga metode utama untuk uninstall aplikasi laptop. Inilah langkah yang dapat dicoba sendiri.

1. Klik Menu Start

Pilihlah menu Start. Cara uninstall aplikasi laptop dengan metode ini termasuk yang paling sederhana. Setelah Start, bukalah list aplikasi lalu carilah mana yang perlu dihapus. Arahkan mouse menuju logo aplikasi. Lanjutkan dengan tekan “Uninstall” sesudah klik kanan. Tunggu sampai beberapa menit hingga sistem selesai menghapus, tergantung dengan ukuran dari aplikasinya.

2. Pilih Settings

Gerakkan mouse ke pilihan Start. Berikutnya klik kanan lalu pilihlah “Apps & Features”. Di sini akan ditampilkan halaman baru dimana pengguna dapat melihat apa saja daftar program serta aplikasi tersimpan. Selanjutnya tinggal menyortir dan memilah program ataupun aplikasi yang hendak dibuang. Langkah berikutnya klik kanan kemudian tekan “Uninstall” untuk menghilangkannya dari daftar aplikasi.

3. Klik Control Panel

Carilah “Programs & Features” dalam kotak pencari di daerah kiri bawah, setelah itu halaman baru akan segera terbuka. Maka, dari sana akan terlihat list program beserta aplikasi yang sudah tersimpan dalam laptop. Lakukan uninstall untuk program yang hendak disingkirkan dari laptop. Sama seperti sebelumnya, klik kanan kemudian lanjutkan dengan memilih “Uninstall”.

Laptop Masih Menggunakan Windows 8? Ini Cara Uninstall Aplikasinya!

Berikutnya terdapat cara uninstal aplikasi laptop melalui Windows 8 yang cukup populer digunakan oleh pemakai laptop di zaman sekarang. Metodenya cukup serupa dengan yang berlaku dalam Windows 10, namun terdapat sedikit perbedaan minor. Simak langkahnya seperti ini.

1. Masuk ke Menu Start

Cari menu “Windows Key”, bisa juga dilakukan langsung melalui pilihan Start. Carilah tile (disebut juga ubin) aplikasi yang perlu dihapus dari laptop. Gerakkan mouse menuju tile tersebut, sesudah itu ketuk “Uninstall” setelah klik kanan. Apabila belum bisa menemukan aplikasinya, pengguna bisa mencari menu bernama “Drop-Down” agar bisa melihat judul seluruh aplikasi dalam laptopnya. Geser mouse menuju aplikasi yang dicari, kemudian tekan “Uninstall”.

2. Pilih dan Masuk ke PC Settings

Bukalah menu Start. Cari opsi “PC Settings” pada tampilan utama. Cara uninstall aplikasi laptop dari metode ini cukup sederhana. Begitu halaman pengaturannya sudah terbuka, tekan “Search” dan juga “App Sizes”. Melalui perintah ini, sistem otomatis akan memuat list aplikasi yang telah diinstal di laptop. Carilah aplikasi yang tidak lagi dibutuhkan, terutama yang ukurannya cukup besar sehingga memakan ruang memori. Hapus melalui “Uninstall”.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Unduh aplikasi tambahan bernama CCleaner. Aplikasinya dikembangkan oleh Pinform Ltd dan cukup terkenal di kalangan pengguna laptop karena berfungsi menghapus aplikasi secara praktis. CCleaner memiliki fitur yang lengkap.

Bukan hanya Cleaner tetapi juga Registry, Options, serta Tools. Pada Tools terdapat opsi “Uninstall”. Pada layanan inilah pengguna dapat menghapus aplikasi. Langkahnya yaitu mengunduh aplikasi kemudian tekan Tools, lalu Uninstall. Carilah mana aplikasi yang perlu di uninstall. Klik kanan serta Uninstall untuk memberi perintah penghapusan.

Demikian cara uninstall aplikasi laptop bersistem Windows 10 serta Windows 8. Terlihat bahwa metode untuk uninstall cukup beragam sehingga tidak menyulitkan penggunanya. Pengguna laptop dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan berkala. Aplikasi yang tidak diperlukan lagi bisa dihapus agar kinerja laptopnya berjalan lebih ringan, minim gangguan (bug) dan mengalami peningkatan performa.