Cara Nonton Youtube Sambil Membuka Aplikasi Lain di Xiaomi Dengan Praktis

By

'

Menonton YouTube merupakan salah satu aktivitas kegemaran masyarakat saat ini. Dengan berbekal hp dan koneksi internet, YouTube sudah dapat diakses dengan mudah. Saat sedang asyik menonton, ada kalanya pengguna ingin melakukan aktivitas lainnya. Cara nonton YouTube sambil membuka aplikasi lain di Xiaomi ternyata dapat dilakukan dengan mudah dan memungkinkan pengguna untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus. Inilah caranya:

Menggunakan Minimize

Pada metode bernama Picture in Picture (disebut juga minimize) langkahnya cukup mudah. Namun syaratnya adalah menonton YouTube menggunakan browser Google yang berupa Chrome. Tidak hanya bisa dicoba di YouTube, melainkan juga situs streaming lain seperti halnya Viu dan Netflix sehingga dapat menonton film sambil beraktivitas memakai aplikasi lain. Langkah ini bisa digunakan untuk berbagai hp Android, bukan hanya Xiaomi.

1. Membuka Google Chrome

Bukalah browser melalui Google Chrome. Cara nonton YouTube sambil membuka aplikasi lain di Xiaomi dari sini cukup sederhana. Ketikkan halaman wwww.youtube.com di meskin pencarian, kemudian carilah video yang ingin diputar. Klik kanan bawah untuk membuatnya menjadi layar berukuran penuh untuk menonton dengan lebih maksimal.

2. Home

Tekanlah tombol Home begitu video sudah diputar dalam layar penuh untuk kembali pada menu utama. Otomatis, video akan di-minimize dan bisa tetap terputar di layar dan pengguna dapat menjalankan aplikasi yang lain. Mulai dari WA, Instagram, melihat foto di galeri, dan lain sebagainya. Apabila sudah selesai menggunakan aplikasi dan ingin melihat lagi videonya dalam layar penuh, sentuh pada layar video dan kemudian tekan “Full Screen”.

3. YouTube Sebagai Latar Belakang

Pengguna juga dapat memutar video sebagai latar belakang. Caranya hampir sama dengan minimize, pertama akses video sesuai keinginan. Berikutnya pilih pada ikon lambang titik di atas bagian pojok. Beri tanda centang di Situs Desktop. Sesudah itu tekanlah tombol “Home” lalu di notification bar pilih “Play YouTube”. Dengan perintah ini, videonya bisa diputar sebagai background. Pengguna bisa membaca WA dengan video tetap menyala di baliknya.

Menggunakan Split Screen

Opsi kedua ini dapat dilakukan pada hp tipe Android, termasuk Xiaomi yang fiturnya terbilang lengkap. Melalui Split Screen, pengguna dapat membagi layar hp-nya untuk menjalankan dua aktivitas sekaligus. Caranya cukup berbeda dengan yang di minimize, seperti ini:

1. Membuka Website YouTube

Bukalah website YouTube dengan menuliskan alamatnya di kolom pencari. Cara nonton YouTube sambil membuka aplikasi lain di Xiaomi berikutnya adalah memutar video yang hendak ditonton. Kemudian tekan “Menu” yang terdapat di sebelah kiri bawah. Tampilan layar akan menampilkan beberapa pilihan, salah satunya Split Screen atau disebut Layar Split. Tekan pada tulisan tersebut.

2. Menjadikan Setengah Layar

Arahkan (Drag) YouTube menuju ke atas sehingga akan berubah menjadi setengah layar saja. Sesudah YouTube ditampilkan separuh, pengguna bisa mencoba mengakses aplikasi lain. Biarkan YouTube tetap berada di tempatnya, dan layar sebelahnya untuk tempat aplikasi lain misalnya Telegram, GMail, m-banking, dan masih banyak lagi. Meski ukurannya menjadi lebih kecil dari biasanya, namun dengan trik ini pengguna bisa memaksimalkan aktivitasnya sambil tetap terhubung dengan video yan ditonton.

Demikian ulasan seputar cara nonton YouTube sambil membuka aplikasi lain di Xiaomi. Pengguna dapat melakukan dua opsi, yaitu menggunakan minimize ataupun Split Screen. Keduanya cukup praktis dan bisa dicoba pada berbagai hp Android. Kini tidak perlu lagi merasa kesal karena masih ingin menonton video namun juga ingin membuka aplikasi lain.