Cara Merubah Subtitle Inggris ke Indonesia di Youtube dengan Mudah

By

'

Aplikasi YouTube merupakan salah satu aplikasi yang paling digunakan dan populer di seluruh dunia. Mungkin tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa Youtube merupakan kumpulan video dari berbagai negara yang berisi beragam informasi. Ditambah memiliki cara merubah subtitle Inggris ke Indonesia di YouTube atau bahkan ke berbahasa lainnya secara mudah sesuai opsi pilihan.

Jadi. pengguna tidak perlu khawatir apabila terdapat video klip penyanyi kesukaan atau video lainnya dan memiliki bahasa yang berbeda. Sayangnya beberapa video mungkin tidak memiliki terjemahan otomatis atau pilihan bahasa Indonesia tidak tersedia. Jangan risau, simak penjelasan mengenai cara untuk mengubah subtitle dari Inggris ke Indonesia di YouTube sebagai berikut:

1. Mengalihkan ke Bahasa Indonesia dengan Opsi yang Ada

Cara termudah untuk memanfaatkan subtitle adalah dengan mengubah sesuai bahasa yang diinginkan. Tahap yang dilakukan cukup mudah karena pengguna hanya harus mengunjungi atau menonton salah satu video yang diinginkan. Kemudian klik tanda titik tiga di pojok kanan video, pilih subtitle, scroll hingga menemukan Bahasa Indonesia, selesai, dan pengguna dapat menikmatinya.

Hanya saja, cara ini dilakukan ketika video yang diklik memiliki opsi atau pilihan subtitle. Selain itu, beberapa video kadang tidak memiliki terjemahan dalam Bahasa Indonesia dan pengguna harus mencarinya dengan teliti. Sementara itu, pengguna tidak perlu bingung karena terdapat cara lain untuk memunculkan subtitle meskipun tidak memiliki bahasa yang diinginkan.

2. Menggunakan Laptop atau Komputer

Penggunaan laptop atau komputer untuk menonton YouTube memang tidak asing. Dengan begitu, terdapat langkah yang agak berbeda ketika akan mengatur subtitle yang dimulai dengan menuju video yang diinginkan. Kemudian pengguna dapat klik simbol roda bergigi, subtitle, apabila tidak ada bahasa yang diinginkan maka pilih terjemahkan otomatis, dan pilih bahasa yang diinginkan.

3. Memanfaatkan Chrome

Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan menggunakan laptop atau komputer karena Chrome dapat menyesuaikan mode desktop. Singkatnya cara ini ditujukkan untuk pengguna yang lebih nyaman menggunakan smartphone. Caranya sangat sederhana, pengguna dapat memasuki YouTube melalui Google lalu mengatur pada mode desktop dan langkah selanjutnya serupa ketika menggunakan komputer.

4. Menggunakan CC (Closed Captions)

Cara merubah subtitle Inggris ke Indonesia di Youtube selanjutnya yaitu menggunakan CC. Setiap video di YouTube biasanya juga memiliki beberapa lambang yang ada disekitar video seperti menunjukkan waktu, CC, dan sebagainya.  Mungkin sebagian pengguna masih asing dengan keberadaan simbol CC dan fungsi sebenarnya. Ternyata fitur ini untuk memberikan terjemahan secara langsung dibawah video dan dapat digunakan hanya dengan satu kali klik saja.

5. Mengunjungi Peraturan yang Ada di Video

Berhubungan dengan poin sebelumnya yang memanfaatkan CC atau klik simbol yang bertuliskan CC, akan tetapi berbeda dengan poin satu ini. Cara merubah subtitle Inggris ke Indonesia di YouTube kali ini digunakan apabila simbol CC tidak dapat diklik. Pengguna hanya harus mengunjungi simbol gir yang mirip seperti roda kemudian klik subtitle atau CC kemudian pilih bahasa.

Perlu diketahui oleh pengguna bahwa fitur CC ini merupakan terjemahan yang dilakukan otomatis oleh Google. Jadi, mungkin saja terjemahan ada kurang sesuai atau tata kalimatnya kurang baik karena hanya berdasarkan suara yang dikeluarkan video. Hal lain yang dapat terjadi ketika menggunakan fitur ini adalah mungkin subtitle yang muncul akan lebih lambat dibanding suara.

Setelah mengetahuinya, penonton dan pengguna aplikasi YouTube tentu telah mengetahui bagaimana cara merubah subtitle. Tidak hanya itu, cara merubah subtitle Inggris ke Indonesia di Youtube juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan opsi pilihan dalam video. Kini tidak perlu khawatir untuk menonton film tanpa dipahami karena dapat mengatur subtitle dengan mudah.