Cara Merubah PDF Ke JPG Offline Bagi Pengguna MAC dan Windows

By

Saat ini, banyak orang yang seringkali membutuhkan bantuan untuk merubah jenis filenya, terutama pdf ke jpg. Terdapat begitu banyak cara merubah pdf ke jpg offline maupun online. Tergantung kebutuhan dari pihak itu sendiri. Beberapa diantaranya memilih offline sebab tidak ketergantungan akan sinyal internet, tentunya pula mempermudah segalanya.

Kendati demikian, online pun tidak kalah diminati banyak pihak sebab tidak memerlukan untuk menyiapkan ruang kembali untuk aplikasi converter. Apapun itu semua baik dan memiliki kelebihan maupun kekurangannya masing-masing. Kali ini rekomendasi yang akan diberikan dalam bentuk offline. Inilah beberapa rekomendasi cara untuk mengubah pdf ke jpg offline.

Solusi Merubah File Bagi Pengguna MAC

Terdapat suatu fakta yang menarik dan sulit untuk dibiarkan begitu saja dimana sistem MAC memiliki aplikasi bawaan yang mampu melakukan perubahan pada file. Otomatis pengguna tidak memerlukan untuk mencari aplikasi yang dapat menunjangnya terlebih dahulu. Berikut tahapan dalam cara merubah pdf ke jpg offline terhadap sistem MAC antara lain:

1. Pilih File PDF yang akan Diubah

Langkah pertama yang akan dilalui oleh pembaca yang menggunakan sistem operasi dari MAC ini yaitu memilih file terlebih dahulu yang akan melalui proses konversi. Berikutnya, pengguna cukup dengan klik kanan pada mouse yang saat ini digunakan, kemudian pilih ‘Open With’. Selanjutnya, pengguna akan dihadapkan dengan sejumlah pilihan, pilihlah kotak pilihan yang bertuliskan ‘Preview’.

2. Pilih Menu ‘File’ dan Klik ‘Export

Ketika file yang dibutuhkan telah terbuka dengan sempurna maka pembaca cukup untuk membuka pilihan menu yang bertuliskan ‘File’. Selanjutnya, akan ditemui list yang begitu banyak, cari sampai bawah dimana pengguna bisa melihat ‘Export’. Klik saja ‘Export’ dan pastikan untuk memilihnya sebab terdapat dua pilihan export yang berbeda.

3. Klik ‘Save’

Ketik pengguna telah mengikuti dengan benar petunjuk sebelumnya maka akan muncul tampilan sebuah kotak. Perhatikan format paling bawah terdahulu, terdapat kotak pilihan yang bertuliskan format maka cukup klik. Kemudian, akan muncul sederet pilihan yang bisa pengguna pilih. Sesuai dengan tujuan awal maka pengguna dapat memilih jpg dan atur kualitas sesuai kemauan dari pengguna dan klik ‘Save’.

Solusi Merubah File Bagi Pengguna Windows

Ketika pilihan sebelumnya berasal dari sistem operasi dari MAC, kali ini akan berasal windows. Panduan yang akan diberikan menggunakan Adobe Acrobat DC. Biasanya akan langsung ada secara langsung di dalam laptop pengguna, namun jika belum ada aplikasi tersebut dapat di download terlebih dahulu. Berikut beberapa panduan yang harus pembaca ikuti antara lain:

1. Buka File menggunakan Aplikasi dari Adobe Acrobat DC

Tahapan pertama pada proses perubahan file ini pastikan bahwa aplikasi Adobe Acrobat DC ini telah terpasang di dalam laptop pengguna. Jika belum, pengguna dapat menginstalnya terlebih dahulu. Langkah berikutnya, pembaca cukup membuka file yang akan dirubah. Kemudian pengguna pilih atau klik kanan, pilihlah kotak Adobe Acrobat DC dan kemudian klik.

2. Pilih Menu ‘File’ Kemudian Klik ‘Export

File yang diinginkan telah terbuka maka tahapan selanjutnya yaitu pengguna dapat mengarahkan kursor ke arah tab menu dan cari menu bertuliskan ‘File’. Pilih menu tersebut dan kemudian akan ditampilkan sederetan pilihan, pengguna cukup memilih ‘export’, tampak seperti telah selesai, namun nyatanya belum. Pengguna harus memilih ‘image’ dan pilih format jpg, sesuai dengan keinginan sebelumnya.

3. Klik ‘Export’ untuk Menyelesaikan Proses Perubahan

Muncul sebuah kotak yang berisikan sederet informasi yang ingin pembaca rubah. Kualitas dari foto dapat diubah dari menu settings, jika tidak membutuhkannya cukup klik ‘export’. Proses perubahan telah selesai maka pengguna dapat menyimpannya seperti biasa.

Itulah cara merubah pdf ke jpg offline yang ditujukan pada pengguna MAC dan Windows. Hal ini dikarenakan setiap jenisnya memiliki cara yang berbeda-beda. Utamanya MAC yang memiliki sistem yang berbeda dengan milik dari Windows itu sendiri.