√12 Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

By

Cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak ini, penting banget dipahami oleh kamu yang asih sekolah, kuliah ataupun kerja. Karena kamu pasti akan membutuhkan flashdisk. Baik untuk tugas sekolah, tugas kampus, ataupun menyimpan data pekerjaan.

Karena flashdisk merupakan salah satu produk elektronik yang mudah sekali rusak. Apalagi jika digunakan terus menerus dan sering copot pasang. Biasanya akan membuat flashdisk eror dan tidak terbaca.

Walau cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca atau rusak ini mudah, tapi tetap saja menjaga itu lebih baik dari pada mengobati. Masih mending jika bisa diperbaiki bagaimana kalau tidak? Maka data penting kamu akan hilang.

Agar flashdisk kamu tetap awet dan tidak mudah rusak, maka rawatlah dengan baik. Mulai dari cara penggunaan yang baik hingga sering membersihkannya dengan alat khusus.

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Cepat Rusak

cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak

Dulu sebelum saya tahu cara merawatnya, saya sangat boros dengan flashdisk. Setiap kali beli, usia flashdisk saya paling lama hanya 3 bulan. Ini tentu sangat menjengkelkan, karena setiap 3 bulan sekali ganti flashdisk.

Namun setelah itu saya hingga sekarang belum ganti flashdisk lagi padahal sudah satu tahun. Hal ini terjadi, karena saya gunakan 8 tips berikut ini untuk merawat flashdisk dengan baik.

1. Selalu Ditutup

Debu dan kotoran adalah salah satu faktor yang bisa merusak Flashdisk. Sama seperti alat elektronik lainnya. Debu yang menempel pada Flashdisk akan merusak komponen Flashdisk.

Sehingga hal ini bisa mengurangi fungsi dan kinerja Flashdisk itu sendiri nantinya. Flashdisk yang terbuka buka hanya akan berisiko terkena debu dan kotoran, melainkan juga dapat menimbulkan korosi pada flat aluminium Flashdisk.

2. Biasakan Eject Setelah Digunakan

Walau terlihat sangat sederhana, eject komputer ini sangat penting lho. Karena ini termasuk prosedur yang dianjurkan oleh sistem komputer dan sistem pada Flashdisk itu sendiri.

Ketika Flashdisk dicabut tanpa melalui proses eject terlebih dahulu, maka akan mengganggu sistem mereka. Sehingga akan merusak sistem yang seharusnya terjadi. Komputer bisa baca Flashdisk karena ada driver yang menghubungkan keduanya.

Jika Flashdisk sering dicabut sembarangan, maka akan merusak sistem pada driver tersebut. Dampaknya, biasanya Flashdisk tidak dapat dibaca oleh komputer.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Virus

3. Jangan Pasang Flashdisk di Komputer Umum

Salah satu cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak yang penting diperhatikan adalah penggunaannya. Jangan sembarangan memasang flashdisk, terutama pada komputer-komputer umum, seperti warnet, komputer kampus dan lain sebagainya.

Karena komputer yang digunakan banyak orang biasanya sangat tidak terawat dan sering kali menjadi sarang virus. Jika flashdisk terkena virus maka bukan hanya data yang akan terancam, tapi juga bisa menyebabkan flashdisk cepat rusak.

4. Scan dengan Anti Virus Secara Berkala

Setelah selesai menggunakan flashdisk, disarankan untuk lakukan scanning agar virus yang masuk ke dalam flashdisk akan mati. Sehingga flashdisk akan terawat dengan baik dan tidak mudah rusak. Selai itu, data-data dalam v juga akan terlindungi dengan baik.

5. Jangan Simpan Dekat Alat Elektronik Lain

Setiap perangkat elektronik memiliki daya elektromagnetik. Hal ini dapat mengganggu sistem kinerja flashdisk. Alat elektronik seperti televisi, ponsel, radio, adalah contoh-contoh kecil alat elektronik yang harus dihindarkan dari flashdisk.

Baca Juga: Cara memperbaiki Flashdisk yang Filenya Corrupt

6. Jangan Simpan di Tempat Panas

Rasa-rasanya, setiap alat elektronik memang memiliki kelemahan tersendiri pada panas, tidak terkecuali flashdisk. Flashdisk juga harus dihindarkan dari panas berlebih apalagi jika sampai terkena sinar mata hari secara langsung.

Bukan hanya sinar matahari langsung, tempat atau ruangan yang panas juga harus dihindari. Seperti kabin mobil, bagasi motor ataupun tempat lainya yang mudah panas.

7. Jangan Sampai Terkena Air

Barang elektronik sangat sensitif dengan air, begitu juga dengan flashdisk. Flashdisk akan mudah rusak jika ia terkena air. Air mengandung H2O yang dapat masuk ke perangkat keras flashdisk dan merusak sistemnya.

Sehingga hal ini bisa membuat flashdisk tidak dapat bekerja dengan normal. Karena perangkat Hardware flashdisk akan mengalami kerusakan yang serius.

8. Hindari Benturan Secara Langsung

Bukan hanya ponsel, flashdisk juga sangat sensitif terhadap benturan. Apalagi jika dibenturkan dengan keras. Flashdisk tidak dibekali dengan sistem pereda benturan.

Benturan akan mengakibatkan kerusakan pada Hardware flashdisk. Setiap komponen flashdisk akan mengalami pergeseran hingga kerusakan yang serius dan membuatnya tidak bisa bekerja dengan normal.

9. Jangan Langsung Edit Dokumen di Flashdisk

Tahukah kamu, bahwa flashdisk ini memiliki kapasitas daya pakai. Jika kamu gunakan untuk mengedit dokumen secara langsung dari flashdisk, maka flashdisk akan cepat rusak.

Pada saat edit dokumen langsung, kamu akan melakukan banyak proses editing seperti tambah dan hapus. Sedangkan daya maksimal flashdisk hanya sampai 10.000 hingga 100.000 kali proses hapus dan simpan dokumen.

10. Jangan Menggoyang-goyangkan Flashdisk

Ini yang kebanyakan orang lakukan. Ketika mereka memasukkan flashdisk ataupun mencabutnya dari komputer, mereka sering kali menggoyang-goyangkannya.

Hal ini sangat tidak disarankan asma seklai. Karena bisa merusak Hardware menggoyang-goyangkannya dan juga USB komputer.

11. Bersihkan Secara Berkala

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, flashdisk juga sangat penting dan wajib dibersihkan. Agar debu dan kotoran pada yang menempel pada flashdisk dapat dihilangkan.

Namun jangan pakai air. Untuk membersihkan flashdisk bisa menggunakan tisu, sikat gigi lembut dan juga minyak kayu putih. Bersihkan hingga ke bagian colokannya agar tidak ada debu dna kotoran yang menempel.

12. Biasakan Backup Data Flashdisk

Salah satu cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak yang tidak kalah penting adalah selalu backup isi flashdisk. Cara ini adalah cara paling aman digunakan.

Karena walaupun flashdisk mengalami kerusakan, data yang kamu miliki akan tetap aman di tempa lain.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Daftar Merek Flashdisk yang Tidak Mudah Rusak

cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak

Berdasarkan pengalaman sendiri, rusaknya flashdisk itu bukan hanya karena faktor penggunaannya saja. Tapi kadang flashdisknya sendiri juga emagn kurang bagus kualitasnya.

Mungkin kamu juga pernah mengalaminya. Untuk mengatasi flashdisk agar tidak cepat rusak, gunakan merek flashdisk yang bagus. Adapun beberapa jenis merek flashdisk yang paling abndel menurut saya, yaitu:

1. Sandisk

Sandisk adalah salah satu flashdisk yang paling populer di masyarakat Indonesia. Tapi kualitasnya juga lebih oke, lebih kuat dan lebih tahan lama. Selain itu, kapasitas yang mereka tawarkan juga ada banyak. Kita bisa memilih sesuai dengan yang kita butuhkan.

Di samping kualitas yang mereka tawarkan, Sandisk juga memberikan rate prince yang lebih murah. Sedangkan bagian USB yang mereka berikan ada yang versi tradisional hingga tipe C.

2. Kingston

Kingston menjadi salah satu jenis merek flashdisk yang juga paling bandel menurut saya. Selain memiliki tipe USB yang bagus, Kingston juga dilengkapi dengan perangkat Hardware yang lebih kuat.

Selama 3 tahun flashdisk Kingston saya masih kuat dan awet. Padahal harganya masih terbilang murah.

3. Samsung

Bukan hanya ponsel dan alat elektronik lainnya saja yang bagus. Samsung juga memiliki flashdisk yang sangat bagus. Walau laptop Samsung kurang menarik, bagi saya flashdisk Samsung justru sebaliknya.

4. Toshiba

Toshiba memang terkenal dengan kualtias produk elektroniknya. Tidak terkecuali dengan flashdisk buatannya ini. Flashdisk banyak jadi pilihan karena selain memiliki banyak varian kapasitasnya, flashdisk Toshiba juga memiliki daya tahan guncangan yang lebih kuat.

Saat terjatuh berkali-kali pun flashdisk Toshiba ini masih kuat. Mereka mendesain flashdisk Toshiba ini dengan daya guncang yang stabil. Sehingga akanjauh lebih kuat.

5. HP

Flashdisk ini memiliki ukuran yang lebih berat dari pada flashdisk lain pada umumnya. Hal ini karena HP mendesain produk mereka dengan desain yang tidak biasa dan material Hardwarenya yang juga lebih bagus.

Flashdisk dibuat dengan menggunakan bahan aluminium sehingga terlihat lebih menarik dan lebih kuat juga.

6. V-Gen

Bicara soal flashdisk dan kartu memori, orang Indonesia pasti kenal dengan V-Gen. Ini adalah salah satu merek memori eksternal yang sering kali di pasang untuk ponsel. Bicara kualitasnya, V-gen juga sangat bagus.

Ke enam produk atau merek flashdisk ini sangat bagus digunakan. Saya tidak dibayar sama sekali untuk penyebutan merek-merek flashdisk ini, semua merek flashdisk ini sudah saya gunakan dan memang terbukti bagus kualitasnya.

Jika tidak ingin flashdisk kamu cepat rusak, maka gunakan salah satu dari ke enam merek flashdisk tadi. Tapi jika kamu sudah punya merek lain, maka gunakan saja 12 cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak seperti di atas.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.