Cara Menyimpan Instagram Stories Orang Lain Tanpa Aplikasi

By

'

Untuk menghilangkan bosan, sebagian orang membuka Instagram dan melihat stories milik teman-temannya yang terpampang. Ketika menemukan story yang menarik kadangkala timbul keinginan untuk menyimpannya di ponsel. Tentu ada cara menyimpan Instagram stories orang lain tanpa aplikasi yang dapat dicoba. Cara ini menggunakan situs yang dapat diakses melalui browser.

Penggunaan aplikasi untuk mengunduh Instastory bagi sebagian orang hanya memenuhi memori penyimpanan saja, terlebih yang memorinya sudah mulai penuh dengan tanda bar phone storage yang memerah. Memanfaatkan aplikasi atau tidak, keduanya memiliki cara masing-masing untuk mengunduh cerita orang lain ke galeri ponsel. Simak penjelasan berikut ini!

Manfaatkan Tangkapan Layar pada Ponsel

Instagram sampai saat ini belum memberikan fitur download pada Instastory. Hal tersebut mungkin karena ingin melindungi hak cipta dari pemilik story agar tidak digunakan orang lain secara sembarangan. Jika ingin menyimpan stories orang lain dengan maksud mengoleksinya karena gambar atau quotes yang diunggah berkesan, pengguna bisa memanfaatkan fitur screenshot.

Pada beberapa ponsel, tindakan screenshot bisa dilakukan dengan menempatkan tiga jari pada layar lalu menariknya secara bersamaan ke arah bawah. Maka dengan begitu, display layar tersebut akan diambil seluruh tampilannya. Bisa juga mengkonfigurasikan beberapa tombol seperti tombol power dan volume kurang yang ditekan sekaligus. Jangan lupa menempatkan layar pada gambar yang ingin ditangkap.

Meskipun mudah, sayangnya perintah ini akan mengambil seluruh gambar yang tertera pada layar seperti persentase baterai yang ada di bagian atas, jam, hingga tombol-tombol lain yang tidak termasuk dalam Instastory. Untuk mengakalinya, crop gambar tersebut melalui fitur edit bawaan ponsel sehingga menghasilkan Instagram Storynya saja. Cara ini juga hanya dapat mengambil gambar, bukan video.

Unduh Instastory Secara Daring melalui Berbagai Situs

Belum puas jika hanya dengan screenshot? Masih tersedia cara menyimpan Instagram stories orang lain tanpa aplikasi yang bisa dijajal. Menggunakan situs online, story bisa disimpan dengan cepat. Berikut ini dua website story downloader yang bisa dipakai:

1. Manfaatkan Situs Instagram Story Downloader

Situs pertama yang dapat dicoba yaitu Instagram Story Downloader dengan alamat storydownloader.net. Situs ini memiliki tampilan user friendly sehingga tidak sulit digunakan. Benar saja, setelah masuk ke situs dengan mengetikkan alamat tadi pada mesin pencari, situs akan menampilkan kolom untuk menulis username dari akun yang akan diunduh ceritanya.

Setelah nama akun ditulis tekan tombol “Get Stories” di bawahnya. Sistem akan memproses dan memunculkan story yang dipasang akun 24 jam kebelakang. Pengguna tinggal menekan “Download” yang terdapat di bawah masing-masing story untuk menyimpannya ke ponsel. Mudah bukan?

2. Dapatkan Bantuan dari Situs Story Saver

Rekomendasi satu ini juga bisa membantu pengguna mengunduh story milik orang lain agar tersimpan di ponsel. Melalui sistem yang sama seperti Story Downloader, Story Saver akan meminta nama akun Instagram lalu mengirimkan story dari akun tersebut. Cukup ketikkan storysaver.net pada browser dan unduh story yang ditampilkan setelah memasukkan nama akun. 

Simpan Aplikasi Story Saver for Instagram Agar Tidak Bolak Balik Membuka Website

Selain situs, Story Saver juga tersedia dalam versi aplikasi. Entah namanya yang sama atau memang dibangun oleh developer yang sama, aplikasi ini juga dinamakan Story Saver dan dapat diunduh secara gratis di Google Play. Pengguna cukup login dengan akun Instagram pribadi ketika aplikasi sudah terpasang di ponsel.

Berikutnya temukan story dari akun yang akan diunduh dengan cara menekan foto yang ditampilkan. Maka akan muncul story yang masih tersimpan selama 24 terakhir. Disini pengguna dapat memilih yang akan diunduh dan akhiri dengan menekan “Save” agar story tersebut tersedia di ponsel.

Melalui berbagai langkah mudah, cara menyimpan Instagram stories orang lain tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi dapat segera dipraktikkan. Jangan tunggu lama ketika menemukan story yang menarik karena story tersebut akan menghilang setelah 24 jam. Selamat mencoba!