6 Tips Cara Meningkatkan Performa Laptop Gaming

By

Photo by Hello Lightbulb on Unsplash

Cara Meningkatkan Performa Laptop Gaming — Memiliki laptop gaming adalah impian banyak gamers. Semua orang pasti menginginkannya, laptop dengan spesifikasi monster yang dapat menjalankan hampir semua game.

Meskipun ingin, belum tentu sanggup membeli, mengingat harga laptop yang tinggi. Contohnya ASUS ROG yang memiliki harga belasan hingga pulahan juta rupiah.

Jika tidak memiliki budget setinggi itu, orang-orang cenderung membeli laptop yang lebih murah. Tentunya dengan spesifikasi yang lebih rendah. Tidak perlu kecewa, karena laptop gaming dengan spesifikasi medium end saja sudah bagus untuk menjalankan game-game yang sedang terkenal saat ini. Apalagi jika kamu mengetahui tips cara meningkatkan performa laptop gaming.

Tips Cara Meningkatkan Performa Laptop Gaming

Ketika bermain game, mungkin kamu sering mendapati beberapa masalah. Misalnya gameplay terasa lambat, suara tidak keluar, dan lain sebagainya. Tidak perlu kesal apalagi sampai membanting laptop dan memarahi setiap orang yang ada di depan mata, kamu bisa meningkatkan performa laptop mu dengan mengikuti tips cara meningkatkan performa laptop gaming berikut ini:

1. Periksa Pengaturan Daya

cara meningkatkan performa laptop gaming
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Laptop Gaming berbeda dengan komputer yang mendapatkan sumber daya dari listrik secara langsung. Laptop menggunakan baterai. Oleh karena itu, kamu harus pandai memanajemennya. Beberapa laptop sudah memiliki fitur Switchable Graphic. Hal ini memungkinkan laptopmu mengubah pengaturan GPU menjadi lebih rendah agar baterai tidak cepat habis.

2. Bersihkan Registry Laptop Gaming

cara meningkatkan performa laptop gaming
Photo by XPS on Unsplash

Registry akan semakin menumpuk apabila laptop digunakan secara terus menerus. Registry yang menumpuk akan membuat laptop menjadi lambat.Oleh karena itu, penting untuk membersihkan registry agar performa laptop tidak lambat. Kamu bisa menggunakan software Ccleaner untuk membersihkannya.

3. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

markus spiske iar afB0QQw unsplash
Photo by Markus Spiske on Unsplash

Aplikasi latar belakang yang tidak dimatikan akan membuat kinerja CPU berkurang dan berimbas pada turunnya performa laptop gaming. Oleh karena itu, tutuplah aplikasi latar belakang sebelum mulai memainkan game.

4. Update Driver Laptop Gaming

christian wiediger TErYPw4o1KM unsplash
Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Umumnya beberapa brand GPU sering melakukan update driver untuk lebih meningkatkan performanya. Segera update driver mu ketika update baru muncul. Jika kamu menggunakan Intel HD Graphic, klik update untuk mendownload update terbaru.

5. Atur Pengaturan pada Game

pawel kadysz CuFYW1c97w8 unsplash
Photo by Pawel Kadysz on Unsplash

Mengininkan kualitas graphic terbaik itu boleh-boleh saja. Namun jika spesifikasi laptop gaming mu kurang mumpuni, lebih baik ubah pengaturan ke kualiatas yang lebih rendah. Selain itu, kamu tidak perlu menggunakan mode fullscreen. Cukup gunakan window mode.

6. Mengubah Performa Laptop Gaming

alexander grigoryev YSEp8dLK8K8 unsplash
Photo by Alexander Grigoryev on Unsplash

Texture Quality memungkinkan kamu untuk mempertajam pixel tampilan pada game. Jika kalian menggunakan Intel HD Graphic, kamu bisa mengaturnya dengan membuka Control panel kemudian pilih Performance. Dengan mengaturnya menjadi Lower texture quality, maka laptopmu akan menghasilkan performa yang lebih baik.

Itulah tips cara meningkatkan performa laptop gaming. Bagaimanapun juga, jika spesifikasi laptop mu tidak terlalu tinggi, kamu tidak bisa memaksakan bermain game dengan kualitas terlalu tinggi. Lebih baik menabung untuk membeli laptop yang lebih bagus. Semoga artikel ini bermanfaat.

Satu pemikiran pada “6 Tips Cara Meningkatkan Performa Laptop Gaming”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.