Cara Mengubah Video Menjadi Audio Terbaru 2021

By

Cara Mengubah Video Menjadi Audio — Tanpa adanya audio, video tidak akan terlalu menarik. Hal ini juga sangat berlaku khususnya untuk video musik. Contohnya dapat kalian lihat di YouTube.

Maka dari itu, timbul lah pertanyaan, apakah sebuah video bisa diubah menjadi audio? Pada artikel kali ini, Carapedi akan membahas cara mengubah video menjadi audio.

Caranya tidak sulit, cukup menggunakan smartphone. Penasaran? Langsung saja ikuti langkah-langkah yang diberikan.

Cara Mengubah Video Menjadi Audio

Untuk mengubah video menjadi audio, kita memerlukan aplikasi Video to Mp3 Converter. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Google Play Store ataupun App Store. Jika sudah terinstall, ikuti langkah selanjutnya:

1. Pilih Video Yang Ingin Diubah Menjadi Audio

cara mengubah video menjadi audio
Pilih Video ke Audio

Setelah aplikasi terinstall, buka lalu tekan tombol Video ke Audio.

Jika sudah, pilih video yang ingin diubah menjadi audio. Jika ingin mengubah banyak banyak video, tekan tombol bertanda centang di sebelah kanan atas.

2. Tentukan Nama File, Format, Bitrate, dan Pangkas Bagian Tertentu Jika Ingin.

cara mengubah video menjadi audio

Terdapat 2 format yang bisa dipilih, yaitu MP3 dan AAC. Sedangkan untuk bitrate, gunakan yang terbesar untuk mendapat hasil terbaik.

cara mengubah video menjadi audio

Tentukan dari durasi berapa dan hingga durasi berapa bagian yang ingin dijadikan audio. Cukup tekan tombol play untuk mengetes suara yang dihasilkan.

3. Edit Tag

cara mengubah video menjadi audio

Pada tag, berisi judul audio, artis, album, genre. Sedangkan untuk cover, hanya bisa diubah jika sudah membeli versi pro.

4. Pengaturan Lanjutan (Advanced)

WhatsApp Image 2021 07 07 at 11.28.07 4

Bagian ini sudah cukup rumit. Kalian dapat mengatur frekuensi audio, saluran (stereo/mono), volume (bisa diperbesar hingga 300%), dan dua fitur berbayar lainnya yaitu fade masuk dan memudar.

Fade masuk akan membuat volume dari audiomu naik perlahan-lahan ketika diputar. Sedangkan memudar akan membuat volume audio turun perlahan-lahan ketika lagu hampir selesai.

Kedua fitur tersebut akan membuat audiomu menjadi lebih lembut

5. Dapatkan Hasilnya

WhatsApp Image 2021 07 07 at 11.28.07 5

Setelah semuanya diatur, kalian hanya perlu menekan tombol Convert. Dan sekarang video telah berhasil diubah menjadi audio.

Itulah artikel tentang cara mengubah video menjadi audio. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.