Cara Mengubah DNS di Android dengan Mudah

By

Cara mengubah DNS di Android merupakan salah satu cara untuk mempercepat kestabilan koneksi kita. Dengan menggunakan DNS Private, kita bisa berselancar tanpa terjadi blocking country. Terutama di indonesia, banyak sekali situs yang telah diblokir oleh Kominfo.

Sebelum ke pembahasan, apa itu DNS? DNS singkatan dari Domain Name System, bisa dikatakan hal yang terpenting dalam internet. DNS dapat mengaitkan suatu IP tertentu ke dalam domain, seperti domain ini, carapedi.id bisa terhubung ke internet hanya dengan nama itu. Padahal sebenarnya domain ini menghubungkan ke IP yang mana inti dari website tersebut.

Adanya DNS, kita bisa mengunjungi situs-situs yang ingin dikunjungi tanpa harus mengingat IP yang mungkin sulit untuk diingat.

Cara Mengubah DNS di Android

Cara mengubah dns di android berikut ini dapat digunakan di semua HP android. Jadi tak perlu khawatir untuk takut kalau HP kalian tidak support.

Di bawah sini saya perlihatkan cara mengubah HP android menggunakan HP Oppo. Untuk HP yang lainnya juga langkah-langkahnya sama. Jadi kalian cukup ikuti berikut ini.

  • Pertama, buka menu Pengaturan > Koneksi & Berbagi > DNS Pribadi > DNS Pribadi Khusus
  • Untuk DNS Host, kalian bisa gunakan DNS Google, DNS Adguard atau DNS Cloudflare. Tapi saran saya gunakanlah DNS Cloudflare. Karena semua website apa pun akan bisa dikunjungi tanpa harus takut terkena blok country.
  • Berikut DNS Cloudflare
  • Masukkan salah satu DNS Cloudflare ke bagian DNS Hostnya
  • Kemudian pilih OK atau Simpan

Selesai, sekarang DNS HP Android kalian telah terubah menjadi DNS Cloudflare. Dengan begini, koneksi kamu bisa sedikit lebih terproteksi. Dan juga, jika menggunakan DNS Cloudflare, koneksi internet kamu bisa lebih cepat dan stabil dari biasanya. Baik itu sedang browsing, game, download, streaming, dan sebagainya.

Cara Mengubah DNS menggunakan Aplikasi

Ada pun cara lain selain mengubah DNS Private di pengaturan HP. Yaitu dengan menggunakan Aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bisa kalian cari di Playstore.

Aplikasi yang bisa mengubah DNS Pribadi kita adalah aplikasi Intra untuk mengguna Android. Aplikasi ini terpercaya, jadi kalian tidak perlu takut akan hal-hal yang lain. Aplikasi ini gratis, jadi semua orang bisa mengunduh dan memakainya dengan bebas.

Cara menggunakan aplikasi Intra sangat mudah. Setelah kalian mengunduh aplikasi tersebut di Playstore, kalian tinggal membuka aplikasi tersebut dan klik tombol On pada aplikasinya. Dan selesai, DNS kalian telah diubah. Jika ada notifikasi tambahan, kalian cukup pilih Ok.

Akhir Kata

Nah, begitulah cara mengubah DNS di android dengan mudah. Sebenarnya ada banyak sekali penyedia DNS Public yang gratis, namun saya hanya menyarankan menggunakan DNS Google atau DNS Cloudflare yang mana penyedia tersebut sudah dikenal secara resmi.

Demikian informasi di atas, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.