Cara Menghilangkan Noise Video di Android

By

'

Suara noise saat kamu sedang membuat video sangatlah menjengkelkan. Apalagi jika kamu sedang membuat video untuk ditayangkan di youtube sebagai konten atau pun untuk tugas sekolah/kampus. Tetapi, kini sudah ada aplikasi cara menghilangkan noise video hanya dengan bermodalkan HP android saja.

Walaupun noise dan kebisingan tidak bisa dihindari, tapi kita juga bisa menghilangkan suara noise/kebisingannya dengan alat tertentu apabila tidak ingin melakukan proses editing. Kamu bisa menggunakan alat Microphone external yang bisa dihubungkan ke HP anda.

Tetapi jika kamu tidak memiliki alatnya dan tetap ingin menghilangkan noise, tentu bisa kamu coba menggunakan aplikasi android bernama Lexis Audio Editor. Dengan aplikasi ini kamu bisa menghilangkan noise video dengan mudah karena saat proses editing, kamu bisa sambil membuka videonya secara langsung.

Singkat penjelasannya, kamu bisa melakukan penghilangan noise dari video tanpa harus memisahkan audio dan videonya. Meskipun apabila video yang kamu miliki cukup besar, tapi aplikasi ini dapat mengambil audionya saja dengan waktu yang cukup singkat.

Dengan aplikasi Lexis Audio Editor, kamu mampu menghilangkan suara noise seperti angin, suara nafas, atau suara orang lain berbicara. Mungkin bagi yang pertama kali memakai aplikasi ini akan sedikit bingung, jadi kita akan membahasnya di sini agar kamu mengerti cara pakainya.

Cara menghilangkan Noise Menggunakan Lexis Audio Editor

  • Pertama, kamu install aplikasi Lexis Audio Editor di Playstore lalu buka aplikasinya.
  • Kemudian masukkan video pada aplikasi tersebut dimana kamu ingin menghilangkan noise pada video.
Bukan File Yang Ingin Dihilangkan Noisenya
  • Berikutnya, kamu geser audio pada bagian yang noise dengan tekan play dan stop seperti pada gambar.
Stop Video
  • Lalu pilih icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas dan pilih menu Effect> dan kemudian pilih Noise reduction
Pilih Noise Reduction
  • Akan muncul layout dan tekan Apply saja untuk menggunakan setting default karena itu sudah lebih dari cukup.
  • Setelah berhasil menghilangkan noise, selanjutnya kamu perlu meningkatkan suara karena hasil Noise reduction tadi membuat suaranya menjadi kecil. Caranya dengan menggunakan fitur Equalizer/Amplifier dan kemudian tingkatkan Pre amplifier menjadi lebih tinggi.
Tingkatkan dB Audio

Nah, begitulah cara menghilangkan noise menggunakan aplikasi Lexis Audio Editor. Setelah audio tadi bersih dari kebisingan serta volume audionya ditingkatkan, maka sudah cukup kamu bisa menyimpan audionya dengan format .m4a dan .wav.

Cara ini hanya diperuntukan bagi kamu pengguna android, apabila kamu pengguna Komputer, sebaiknya gunakan aplikasi yang ada pada Komputer agar lebih baik.