6 Cara Menghapus Riwayat Lokasi Pada Google Paling Mudah

By

'

Cara Menghapus Riwayat Lokasi Pada Google –

Sudah menjadi hal umum bahwa setiap perangkat yang terhubung dengan layanan Google maka akan terkumpul juga semua aktivitas yang pernah dilakukan. Entah itu pada smartphone, laptop, komputer atau pun perangkat lainnya.

Google sendiri sudah menguasai hampir semua layanan yang kita butuhkan setiap hari. Dan salah satunya pada Google Maps. Sebuah fitur yang memungkinkan untuk kamu mengetahui nama tempat di seluruh Indonesia bahkan dunia beserta rute yang bisa di tempuh sebagai petunjuk nya.

Semakin banyak nama lokasi yang kamu cari, maka semakin banyak pula riwayat lokasi pencarian yang ter tampung. Hal ini biasanya akan sedikit mengganggu karena sering membuat aplikasi jadi lemot dan fungsinya jadi kurang maksimal.

Untuk itu, hanya ada satu cara untuk mengatasinya. Yakni, kamu perlu menghapus dari riwayat-riwayat pencarian tersebut agar bersih dan kinerja-nya kembali normal. Bagaimana caranya? Yuk kita ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Lokasi Di Google

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah harus mengakses akun Google yang di pakai. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari melalui Pengaturan smartphone, melalui aplikasi Gmail atau melalui aplikasi Google seperti admin Carapedi kali ini.

1. Buka aplikasi Google di HP, lalu klik logo/foto akun yang digunakan lalu pilih Kelola Akun Google Anda.

cara-menghapus-riwayat-lokasi-pada-google
Source : google.com

2. Setelah terbuka, klik Data & Personalisasi untuk masuk ke halamannya.

cara-menghapus-riwayat-lokasi-pada-google
Source : google.com

3. Pada pilihan Kontrol Aktivitas, Pilih opsi Histori Lokasi.

cara-menghapus-riwayat-lokasi-pada-google
Source : google.com

4. Setelah itu, apabila kamu ingin Google tidak menampung riwayat lokasi yang dikunjungi, non-aktifkan saja Histori Lokasi. Lalu klik Hapus otomatis (Nonaktif)

Source : google.com

5. Klik pada toolbox Hapus otomatis aktivitas yang sudah lebih dari dan pilih durasi waktu riwayat pencarian yang akan di buang, lalu klik Berikutnya.

cara-menghapus-riwayat-lokasi-pada-google
Source : google.com

6. Jika sudah yakin akan melakukan penghapusan, klik Konfirmasi.

cara-menghapus-riwayat-lokasi-pada-google
Source : google.com

7. Selesai. semua history pencarian akan terhapus dan tidak bisa di pulihkan lagi.

Demikianlah cara untuk menghapus riwayat atau history pencarian lokasi pada Google termasuk Google Maps sendiri. Cara ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin lebih mengamankan lokasi keberadaan dari para hacker atau oknum tak dikenal.

Baca Juga : 4 Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark Dengan Mudah