Cara Menghapus Malware dari PC Windows 10

Cara Menghapus Malware dari PC Windows 10

Hampir seluruh komputer/laptop dengan sistem operasi windows 10 memiliki Windows Defender yang telah terinstall dan berjalan di latar belakang. Kegunaan aplikasi ini adalah untuk membuat sebagian besar malware tak bisa menginfeksi pada PC. Namun tidak besar kemungkinan bahwa malware dapat juga menginfeksi pada PC dengan beberapa kondisi tertentu. Seperti melakukan pembaruan windows denan pembaruan yang tidak sempurna, atau sistem perlindungan yang tidak memadai. Meski begitu, kamu bisa mencoba untuk membersihkan atau menghapus malware dari PC Windows 10 secara manual.

Diperlukan Software Antivirus untuk Menghapus Malware

Untuk membersihkan PC, kamu perlu menginstall antivirus dan menjalankan programnya agar dapat melakukan pemindaian malware/virus. Walau bagi kebanyakan orang, dengan menggunakan Windows Defender aktif dan melakukan pemindaiain offline sudah cukup untuk mengurus ancaman malware. Namun ada juga malware yang cukup meresahkan hingga perlu melakukan pembersihan dengan mode tinggi. Tapi bagi pengguna biasa, dengan mengaktifkan Windows Defender secara default itu sudah lebih dari cukup.

Cara Memindai PC dengan Windows Defender

Dengan melakukan pemindaian menggunakan Windows Defender, sebagian besar ia akan menetralisir ancamannya sebelum terjadi masalah. Dan walaupun ada ancaman, ia akan otomatis memberikan laporan ancaman tersebut pada aplikasi keamanan Windows.

Dari Protection page & virus, kamu bisa melihat statistik dari scan yang dilakukan, termasuk ancaman yang ditemukan. Apabila ada ancaman yang telah terjadi pada PC, kamu bisa memilih Protection History untuk melihat ancaman apa yang terjadi.

Memilih Jenis Pemindaian

Pada bagian Scan Options, kamu akan diberi pilihan seperti Quick Scan, Full Scan, Custom Scan, Windows Defender Offline Scan. Dari sana kamu bisa mengecek detail masing-masing pilihan dalam pemindaian virus.

Cara Menghapus Malware dari PC Windows 10

Untuk melakukan scan dan penghapusan malware, silahkan pilih Windows Defender offline scan untuk memindai dan memerlukan waktu sekitar 15 menit dan akan memerintahkan kamu untuk me-restart PC. Dan ada juga fitur Full Scan atau scan penuh untuk memeriksa keseluruhan file yang ada pada di drive. Namun proses ini akan memerlukan waktu yang sangat lama, dan apabila drive anda berukuran yang cukup besar, akan semakin lama juga proses scannya. Tetapi cara ini lebih ampuh dalam memberantas ancaman malware yang ada pada PC.

Nah, mungkin begitu beberapa cara menghapus malware dari PC Windows 10. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Smadav untuk menghapus beberapa virus selain menggunakan Windows Defender.