Cara Menggunakan Wifi Master Keys Agar Koneksi Internet Semakin Mudah

By

'

Teknologi semakin canggih, WiFi berkembang dari kebutuhan kalangan tertentu menjadi akses bagi semua orang. Inovasi baru terkait penggunaan WiFi adalah hadirnya aplikasi bernama WiFi Master Keys. Cara menggunakan WiFi Master Keys terbilang mudah dan ukuran aplikasinya tidak besar, hanya 13 MB. Melalui aplikasi tersebut pengguna dapat berbagi koneksi dengan perangkat lain meski WiFi-nya diproteksi password. Berikut caranya:

1. Mengunduh dan Mengaktifkan Aplikasi

Carilah WiFi Master Keys di market aplikasi seperti Play Store. Hanya dengan ukuran kurang dari 20 MB, aplikasi besutan Linksure Network tersebut sudah bisa disimpan di perangkat. Setelah unduhan berhasil, bukalah aplikasinya dan tekan pada tulisan “Launch Now”. Pilih “Turn on” serta “Scan Hotspots” agar koneksi WiFi di perangkat menyala dan dapat mencari koneksi di sekitar pengguna.

2. Mencari Jaringan

Tunggu hingga proses mencari hotspot WiFi selesai. Cara menggunakan WiFi Master Keys berikutnya yakni memperhatikan daftar jaringan yang muncul. Pengguna bisa segera terhubung dengan jaringan yang sebelumnya pernah terkoneksi, atau bisa juga menghubungkannya dengan Free WiFi yang ada di dekat perangkat.

Apabila ingin mencari lebih banyak Free WiFi, klik pada tulisan “Get More” yang ada di atas daftar jaringan WiFi kemudian tekan “Ok”. Maka dengan sendirinya, aplikasi melakukan refreshing untuk menangkap Free WiFi lain.

3. Berbagi Hotspot

Tekan pada logo dengan bentuk tiga titik yang letaknya di sebelah kanan nama WiFi. Cara menggunakan WiFi Master Keys ini adalah poin penting yang membuat banyak orang mengunduh aplikasinya, yakni berbagi jaringan. Berikutnya akan muncul beberapa pilihan tindakan seperti Post, Security, Speed, dan lain-lain. Klik pada pilihan “Share”.

Ketikkan kata sandi hotspotnya dan beri tanda centang pada kotak yang ditandai merah beruliskan “I confirm..” lalu tekan “Share”. Dengan demikian jaringan tersebut sudah bisa digunakan oleh perangkat lain yang memiliki aplikasiny.

4. Terhubung Melalui Perangkat Lain

Unduh WiFi Master Keys di perangkat lain milik pribadi atau bisa juga milik teman, keluarga, dan sebagainya. Cara menggunakan WiFi Master Keys berikutnya adalah membuka aplikasi tersebut dan menemukan jaringan yang telah di-share dari perangkat sebelumnya. Temukan pilihan “Koneksi Gratis” lalu klik.

Tanda ini berarti pengguna bisa memakainya secara gratis, sebab pemakai WiFi sebelumnya sudah mengaktifkan jaringan tersebut. Tekan “Sambungkan” untuk menghubungkannya. Tunggu sejenak agar koneksinya tersambung.

5. Mengecek Kekuatan Sinyal

Periksalah kekuatan sinyal setelah berhasil menghubungkan dengan jaringan WiFi. Tekan di tombol berbentuk tiga titik pada bagian kanan nama WiFi. Berikutnya akan muncul beberapa opsi, pilih yang bertuliskan “Signal”.

Proses deteksi akan berlangsung dan pengguna dapat melihat  lambang yang menunjukkan keterangan lengkap dalam bentuk persen. Ada juga kategori yang menunjukkan kekuatannya mulai dari None (tidak ditemukan koneksi), Weak (koneksi lemah), Good (koneksi bagus), serta Powerful (koneksi sangat kuat).

6. Pemeriksaan Keamanan

Periksa keamanan WiFi yang digunakan. Langkah ini opsional, namun tetap disarankan untuk memastikan keamanan jaringan bahkan memblokir website yang mencurigakan. Caranya sederhana, tekan tombol tiga titik di kanan nama WiFi. Tekan lambang berbentuk S yang bertuliskan “Security”.

Pengguna akan ditampilkan diagram lingkaran serta keterangan. Semakin besar angkanya, berarti semakin aman. Misalnya angka 90% di bawahnya akan muncul tulisan “Safe” lalu klik. Dengan demikian pengguna bisa melihat keterangan lebih lengkap tentang keamanan jaringannya.

Demikianlah cara menggunakan WiFi master keys di perangkat elektronik. Melalui aplikasi ini, pengguna internet bisa saling berbagi koneksi WiFi meski tidak memberi kata sandinya. Apalagi jika sedang berada pada situasi tertentu dimana ada hal yang tidak terduga dan membutuhkan internet dengan segera. Pergunakan aplikasi ini bijak.