Cara Menggunakan VPN untuk Mobile Legend dengan Mudah

By

Bermain game Mobile Legend yang seperti itu-itu saja terkadang membosankan. Apalagi jika harus bertemu “bocil” di dalam random match. Kalau sudah begini, bermain menggunakan VPN mungkin jadi pilihan yang tepat. Tapi adakah cara menggunakan VPN untuk Mobile Legend? Berikut adalah cara menggunakan VPN untuk bermain Mobile Legend agar bisa bermain di server mancanegara:

1. Download Aplikasi Lebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan terlebih dahulu mendownload VPN di ponsel. VPN dapat ditemui di segala app market, salah satunya adalah Google Play Store. Ada berbagai VPN yang bisa diandalkan di Google Play Store, seperti Hotspot Shield, Super VPN, VPN Monster, Turbo VPN, dan Express VPN.

Beberapa pengguna mungkin tidak memiliki app market Google Play Store di dalam ponsel. Ini biasanya tergantung pada ponsel apakah ponsel tersebut mendukung vendor Google atau tidak. Jika seperti itu, pengguna bisa mencarinya di browser dengan memanfaatkan search engine Google atau melalui app market yang disediakan ponsel pengguna seperti Xiaomi Market atau Apple Store.

2. Lakukan Instal Aplikasi dengan Benar

Setelah di download Instal aplikasi ke dalam ponsel. Jika pengguna menggunakan market Google Play Store biasanya aplikasi akan dengan otomatis menjalankan proses installing setelah download. Jika pengguna mendownload aplikasi melalui website resminya, biasanya pengguna harus menginstalnya secara manual aplikasi yang terdownload.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum penginstalan adalah pastikan paket aplikasi yang terdownload berasal dari website terpercaya. Beberapa website tidak terpecaya mungkin menyediakan aplikasi palsu, malware, atau virus berbahaya. Selain itu pengguna juga harus memastikan bahwa perangkat ponsel yang dimiliki pengguna memiliki cukup ruang untuk aplikasi.

3. Setujui Semua Akses yang Diminta

Jika telah terinstal biasanya icon aplikasi VPN akan muncul di beranda atau layar utama ponsel pengguna. Pada hal ini pengguna sudah bisa mengakses aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi mungkin mengharuskan pengguna mengisi atau menyetujui beberapa prosedur di awal penggunaan aplikasi. Tetapi pengguna tidak perlu khawatir karena hal ini hanya terjadi sekali saja.

Pada beberapa aplikasi VPN sudah menyajikan tombol konektivitas di menu utama. Tombol ini bertujuan memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi. Tombol juga akan membantu pengguna jika tidak bisa menentukan server mana yang bisa dipilih. Jika pengguna menginginkan pengaturan secara manual, maka bisa mengakses bilah server yang tersedia.

4. Terkoneksi dan Diskoneksi

Beberapa aplikasi biasanya menyediakan fitur notifikasi setelah jaringan terkoneksi. Pada menu notifikasi biasanya pengguna bisa melihat penggunaan data yang terpakai dan kelancaran traffic data. Fitur ini berguna untuk mengawasi penggunaan data karena beberapa aplikasi justru lebih boros dalam penggunaannya. Hal ini terjadi karena aplikasi lebih memprioritaskan pada kecepatan.

Perlu diperhatikan bahwa kecepatan permainan tidak hanya bergantung pada ketepatan server yang dipilih. Terkadang kuat tidaknya sinyal jaringan dan spesifikasi ponsel bisa mempengaruhi pengalaman bermain. Maka dari itu pastikanlah jaringan dan spesifikasi dalam keadaan baik. Jika pengguna telah selesai mengakses VPN, pengguna bisa mematikan konektivitas melalui bilah notifikasi atau langsung dari aplikasi.

5. Perhatikan Beberapa Hal Penting

cara menggunakan VPN untuk Mobile Legend berikutnya adalah memperhatikan beberapa hal penting. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih VPN untuk bermain ML adalah pastikan VPN yang terpasang tidak memberatkan game. Maka dari itu, pilihlah VPN yang ringan sehingga tidak memberatkan RAM ponsel.

Selain itu sistem keamanan VPN juga perlu diperhatikan. Penggunaan VPN itu analoginya seperti pengguna jalan yang menghindari jalan utama karena tidak mau terkena tilang. Konsekuensinya adalah jalanan yang diambil akan minim pengamanan dan rawan kriminalitas. Maka dari itu protokol keamanan VPN tidak bisa disepelekan. Pilihlah VPN dengan keamanan yang sudah terverifikasi.

Demikianlah cara menggunakan VPN untuk Mobile Legend. Semoga dengan cara-cara tersebut dapat menambah wawasan dan pengalaman bermain mobile legend. Perlu diingat, kemenangan bukan hanya terletak pada dukungan jaringan. Kemampuan adalah faktor utama penentu kemenangan. Perbanyak berlatih dan bertemu komunitas dapat meningkatkan kemampuan. Tetap semangat dan teruslah berjuang.